Tempat Wisata

Tugu Khatulistiwa Lingga : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Tugu Khatulistiwa Lingga : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

objek wisata Monumen Khatulistiwa. Monumen ini ikonik dan terletak di Kepulauan Riau. Kok tugunya ada di kepulauan riau dan tidak ada di kalimantan? Jangan salah, ternyata tugu ini bukan hanya menjadi ikon Kalimantan, tapi juga Kepulauan Riau.

Nah, kamu mulai tertarik dan penasaran untuk berkunjung bukan? Cobalah bersantai sejenak dengan sesekali mengunjungi tempat seperti ini. Selain untuk mengajak Anda berlibur, juga berfungsi untuk menambah pengetahuan karena pastinya ada cerita dibalik dibangunnya monumen tersebut.

Apa kisah sebenarnya di balik pendiriannya? Monumen Khatulistiwa Itu? Mungkin bisa sedikit dijelaskan bahwa Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang dilintasi titik 0° menjadi dasar pembangunan monumen tersebut. Tidak semua wilayah akan dilintasi saat ini. Oleh karena itu, dengan dibangunnya monumen tersebut, maka dapat dikatakan kawasan ini merupakan kawasan istimewa.

Di Indonesia sendiri, hanya sedikit wilayah yang dilintasi garis khatulistiwa. Garis khatulistiwa ini dikenal sebagai garis yang membelah atau memisahkan belahan bumi utara dengan belahan bumi selatan. Yang mungkin lebih dikenal masyarakat selama ini adalah Tugu Khatulistiwa yang ada di kawasan Kalimantan.

Dengan dibuatnya tugu ini, diharapkan pemerintah lebih mengapresiasi keberadaan jalur tersebut sebagai sesuatu yang perlu mendapat perhatian. Karena lokasinya, monumen ini terletak di Desa Mentuda yaitu Tanjung Teludas. Lokasi kawasan ini berbatasan dengan Pulau Sumatera di sebelah timur dan Pulau Bintan dan Batam di sebelah selatan.

Pesona Tugu Khatulistiwa

Anda tidak perlu khawatir dengan apa yang ditawarkan oleh wisata monumen ini. Anda disuguhkan pemandangan laut lepas yang begitu biru dan luas. Selain laut, Anda juga bisa menikmati puluhan pulau kecil yang terhampar di sana. Selain pemandangan alam, Anda juga akan melihat beberapa alat memancing yang belum Anda ketahui sebelumnya.

Baca Juga : Wisata Lokasi Pembangunan Kamar 44 dan Review Sejarah Kerajaan Lingga

Bagi Anda pecinta matahari terbenam di sore hari, waktu yang tepat jika datang ke monumen ini saat hari menjelang petang. Siapa sangka tempat ini menjadi salah satu tempat pengukuran dan penentuan jadwal puasa Ramadhan? Artinya masyarakat bisa menikmati hilal setiap tahunnya saat Kementerian Agama melakukan pengukuran.

Selain itu, tempat ini ternyata juga menjadi tempat berkumpulnya para pecinta perahu layar untuk kegiatan Sail Khatulistiwa. Pastinya kalian penasaran dan ingin segera datang ke tempat ini bukan?

Fasilitas di Tugu Khatulistiwa

Anda yang ingin bermalam di objek wisata ini tidak perlu khawatir tidak mempunyai tempat untuk menginap. Terdapat banyak akomodasi yang tersedia bagi pengunjung, termasuk hotel.

Berburu foto di Tugu Khatulistiwa

Berburu foto di Tugu Khatulistiwa

Jangan lewatkan untuk mengabadikan setiap momen kedatangan Anda Monumen Khatulistiwa. Wisata Tugu di Lingga ini bisa Anda promosikan agar lebih dikenal masyarakat luas.

Akses Menuju Tugu Khatulistiwa

Bagi Anda yang datang dari Batam bisa melalui Pelabuhan Telaga Punggur lalu menuju Sungai Tenam. Perjalanan menuju monumen memakan waktu sekitar dua setengah jam. Namun kamu harus membayar biaya sebesar Rp 185.000 lho. Ini untuk perjalanan sekali seumur hidup Anda.

Namun jika Anda berangkat dari Tanjung Pinang, Anda bisa menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Tarif yang tertera juga sesuai dengan yang disebutkan di atas.

Tips Menuju Tugu Khatulistiwa

Jika Anda ingin berkunjung Monumen KhatulistiwaUntuk memastikan semuanya berjalan lancar dan aman selama berlibur dan sesuai rencana Anda saat ini, Anda mungkin perlu memperhatikan beberapa hal:

  • Perhatikan cuaca saat mengambil keputusan liburan Anda
  • Persiapkan segala sesuatunya dimulai dari peralatan kecil seperti charger atau bisa juga menggunakan powerbank. Jangan sampai kamera atau ponsel kamu mati saat momen foto tiba karena kehabisan daya.
  • Persiapkan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan, apakah pagi atau sore hari.
  • Jangan lupa membawa kamera jika Anda suka berfoto, karena pemandangan yang menanti Anda sangat menarik.

Jangan biarkan hujan yang turun saat Anda tiba di tempat itu merusak liburan Anda. Daripada berfoto dan menikmati pemandangan, kami hanya menunggu hujan reda.

Peta lokasi Tugu Khatulistiwa

Jam buka dan tarif masuk Tugu Khatulistiwa

Jam buka tour ini adalah setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Tidak ada acuan yang jelas mengenai HTM untuk tiket masuknya.

Ini semua tentang tempat wisata di sini Monumen Khatulistiwa. Semoga dapat bermanfaat bagi anda sebagai bahan referensi berlibur ke Kepulauan Riau.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button