Tempat Wisata

Tugu Kresek: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman tapi belum yakin mau ke mana? Jika iya, coba kunjungi salah satu objek wisata tersebut, yaitu Monumen Kresek. Tugu ini terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, sekitar 12 kilometer sebelah timur Kota Madiun. Tempat wisata yang menjadi saksi Peristiwa Madiun ini memiliki nilai sejarah yang sangat menarik. Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di Madiun namun tidak sempat mengunjungi Monumen Kresek, sangat disayangkan.

Obyek wisata yang terdiri dari monumen dan lega Diresmikan pada tanggal 10 Juni 1991 oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Soelarso. Di dekat tugu peringatan ini terdapat prasasti bertuliskan nama-nama prajurit TNI dan Pamong Desa yang gugur melawan PKI di desa Kresek dan dibantai oleh PKI. Menurut warga setempat, lokasi atau areal tugu Kresek dulunya merupakan rumah warga yang digunakan PKI sebagai tempat pembantaian. Warga dikurung di dalam rumah kemudian dibakar bersama dengan rumah tersebut.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di objek wisata Monumen Kresek

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Semua fasilitas tersebut menjamin kenyamanan pengunjung saat berkunjung ke Monumen Kresek. Tidak jauh dari objek wisata ini terdapat tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat parkir kendaraan anda. tempat istirahat Di sekitar Tugu Kresek juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai atau beristirahat di sana. Ada juga taman yang ditumbuhi berbagai tanaman langka lho, jangan asal petik nanti.

Tak jauh di luar kawasan juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin menunaikan tugasnya setelah mengunjungi tugu Kresek. Selain itu, Anda juga akan menemukan restoran, lapangan, dan berbagai toko yang berada sangat dekat dengan tugu Kresek. Tempat wisata sejarah ini juga cocok untuk kamu yang ingin berfoto bersama teman atau keluarga. Percuma jika Anda tidak mengabadikan berbagai momen bersama mereka selama berada di sini.

Foto kekinian hunting foto di objek wisata Kresek-Monument

Jika anda ingin berfoto di objek wisata Tugu Kresek bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui Pekerjaan dengan mana Anda dapat membuat foto keren. Anda bisa berfoto dengan latar tugu dan relief Kresek atau jika diperbolehkan berfoto di sekitar taman tempat tanaman langka ini berada. Disarankan untuk berhati-hati jika diperbolehkan mengambil foto di taman, dengan cara ini hasil foto dijamin akan terlihat lebih keren dan tentunya up-to-date!

Anda juga bisa mengambil foto beberapa pengunjung yang pernah ke sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: Monumen Arek Lancor Memperingati Perjuangan Pahlawan di Madura

Akses jalan menuju objek wisata Tugu Kresek

Tentunya jika anda ingin mengunjungi objek wisata Monumen Kresek, anda perlu mengetahui lokasi dan akses jalannya. Jangan sampai tersesat karena ini akan membuang waktu dan tentunya bahan bakar kendaraan Anda. Lokasi Monumen Kresek ini wajib anda ketahui secara pasti karena sebenarnya akses jalan menuju lokasi objek wisata ini cukup mudah. Saat di Madiun, melalui Jl. Raya Dungus, jalur atau rute tercepat untuk menuju ke situs memorial Kresek. Gunakan peta ini nanti sebagai panduan:

Atau bisa juga melalui Jl Raya Kresek dan Soekarno – Hatta sebagai jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat untuk menuju lokasi objek wisata. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa menyehatkan tubuh kan?

Biaya masuk ke fasilitas wisata Tugu Kresek

  • Biaya masuk: Rp 2.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka wisata tugu kresek

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke objek wisata Tugu Kresek

Jika Anda sudah menyiapkan semua rencana untuk mengunjungi objek wisata ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak membuang sampah di area objek wisata ini untuk menghormati petugas yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Jangan lupa juga untuk membawa kamera atau ponsel dengan baterai terisi penuh jika Anda sedang bersenang-senang mengambil gambar selama berada di sini.

Anda juga dapat membawa perbekalan atau peralatan yang mungkin berguna nantinya, dan tidak merusak Monumen Kresek atau melakukan tindakan merugikan lainnya. Namun yang terpenting, jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan di perjalanan nanti.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Monumen Kresek, saksi bisu kekejaman yang dilakukan oleh PKI dan Persitiwa Madiun. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri foto monumen Kresek

Potret tugu Kresek di Madiun
Akses masuk ke monumen
Pohon-pohon tua di kompleks monumen
Informasi tentang dinding peringatan
Deskripsi keganasan PKI
Informasi daftar korban PKI

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button