Berita Wisata

Tumpukan sampah usai hujan, puluhan petugas bersihkan pantai Padang

Padang, Padangkita.com – Hujan deras yang melanda Kota Padang pada Senin (23/1/2023) dan Selasa (24/1/2023) kembali menutupi kawasan Pantai Padang dengan tumpukan sampah.

Melihat kondisi tersebut, Pemkot Padang melalui Dinas Pariwisata segera mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah di kawasan Pantai Padang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Padang Rina Melati mengungkapkan puluhan petugas telah dikerahkan untuk membantu membersihkan sampah di sejumlah titik di Pantai Padang dan Muaro Lasak.

“Hari ini sekitar 15 petugas keluar untuk mengantarkan sampah ke Muaro Lasak, 15 orang lagi ke Pantai Padang dan 17 orang ke Pantai Cimpago dan Purus. Untuk hari ini secara manual tapi menggunakan tiga unit impact,” jelasnya kepada Padangkita.com, Selasa (24/1/2023).

Ia menambahkan, setidaknya untuk 10 hari ke depan, Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum akan fokus membersihkan kawasan Pantai Padang, namun bisa diperpanjang tergantung kondisi selanjutnya. .

“Sebenarnya setiap hari ada petugas yang membersihkan pantai Padang setiap pagi dan setiap sore, namun untuk 10 hari ke depan, DLH dan PU akan membantu mereka mengerahkan armada dan alat berat,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, permasalahan sampah ini masih terjadi setelah Kota Padang diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama.

“Limbah ini juga diduga berasal dari hulu sungai, karena tersapu ombak laut, sehingga semakin menumpuk di bibir pantai.” dia menjelaskan.

Ia menambahkan, Pemko Padang terus berupaya agar destinasi wisata Pantai Padang bersih dari sampah.

“Pantai Padang merupakan salah satu destinasi utama di Kota Padang. Namun setiap kali musim hujan tiba, selalu saja ada masalah sampah,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pantai Padang bebas sampah, lanjutnya, diperlukan komitmen semua pihak.

Baca juga : Melalui Nabung Sarok, Semen Padang mendukung aksi nelayan Pantai Purus untuk membersihkan lautan sampah

“Kami berharap masyarakat dapat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di perairan terbuka.” dia menyimpulkan. [hdp]

*) BACA informasi terpilih lainnya dari Padangkita di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button