Berita Wisata

Tuntutan CSR perusahaan bergema di West Coast

PANYABUNGAN (Waspada): Ada semacam “percobaan” yang muncul, besarnya tanggung jawab sosial perusahaan di pantai barat. Tuntutan hukum meningkat.

kartu as 2 39HA Yasyir Ridho Loebis, SH, ST, MSP, mantan Wakil Presiden DPRD Sumut. Waspada.id/doc

“Apa kontribusi perusahaan untuk masyarakat pesisir barat? Apa yang sudah mereka lakukan untuk masyarakat sekitar, setelah bertahun-tahun meraup untung dari tanah di pesisir barat,” ujar HA Yasyir Ridho Loebis, SH, ST, MSP.

Pernyataan ‘kejar’ itu disampaikan mantan Wakil Presiden DPRD Sumut itu menanggapi alert.id dan beritasore.co.id melalui sambungan telepon, Rabu (14/12) malam.

Tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) merupakan konsep sosial yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Perusahaan juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat, karyawan, pemegang saham, masyarakat dan lingkungan dalam semua aspek kegiatan perusahaan.

“Nah, pertanyaannya adalah apa dampak sosial yang mereka miliki? Apa yang telah mereka berikan kepada masyarakat melalui dana CSR mereka dan haruskah mereka diberikan kepada masyarakat…?” katanya.

Padahal, lanjut Yasyir Ridho, seharusnya perusahaan mengutamakan masyarakat di lingkungan tempat usahanya berada sebagai tempat menyalurkan CSR-nya, sehingga keberadaan usaha tersebut memberikan manfaat bagi warga setempat.

“Pertanyaannya, apakah CSR disalurkan? Di mana CSR disalurkan? Mengapa masyarakat pesisir barat tidak merasakan manfaat CSR, atau lebih buruk lagi, mereka tidak merasakan manfaat dari begitu banyak bisnis untuk pengembangan masyarakat, baik secara fisik maupun sumber daya manusia, ”kata Partai Golkar Politikus.

aceh 1 102

Putra pantai barat ini mengaku miris melihat kondisi masyarakat saat ini, terutama jalanan yang terbengkalai.

“Coba tanya, apakah masyarakat butuh untuk jalan ini???? Kalau tidak butuh ya mubazir. Lebih baik jalan yang tidak dibutuhkan masyarakat disulap menjadi sawah atau kebun masyarakat, ” dia berkata.

Yasyir Ridho Loebis mengatakan bahwa masyarakat sangat membutuhkan jalan ini!!! “Mengapa tidak menjadikannya prioritas?

“Untuk pemekaran Pantai Barat, setuju sekali. Tujuan pemekaran harus dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta memperkecil jarak atau mendekatkan pemerintah untuk melayani rakyatnya. Lalu apa lagi?” ujar Yasyir Ridho Loebis. (irh)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button