Berita Wisata

Turis hanyut di pantai Trikora ditemukan tewas, pemerintah melarang berenang

TEMPO.CO, Batam Wisatawan Pantai Trikora 4 Malang Meeting Kabupaten Bintan yang hanyut diterjang ombak ditemukan tewas. Penjaga Pantai memberlakukan aturan larangan berenang di pantai.

Dibawa oleh ombak

Turis bernama Kiyoko, 17 tahun, merupakan warga Tanjungpinang. Rencananya menghabiskan liburan akhir tahun berakhir bencana di Pantai Trikora. Dia tersapu ombak dan ditemukan 700 meter dari lokasi kejadian.

Kiyoko tersapu ombak pada Senin, 26 Desember 2022. Ditemukan pada Selasa, 27 Desember 2022. Ahmad Effendi Purban, 27 Desember 2022.

Lanjut Ahmad, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib, Provinsi Kepulauan Riau. “Kami juga segera menghentikan operasi pencarian,” katanya.

Lihat: Liburan Tahun Baru Singapura via Batam, Begini Caranya

Gubernur Kepulauan Riau melarang berenang

Pasca kejadian itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad langsung melarang berenang, menyelam, dan snorkeling di perairan pesisir Kepulauan Riau. Ansar juga meminta pantai untuk menerapkan aturan tersebut. “Pengelola pantai tidak segan-segan memperingatkan warga sekitar,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Tanjungpinang Slamet Riyadi juga mengingatkan wisatawan untuk berhati-hati berlibur ke pantai. Memang menurut informasi dari BMKG, akan ada potensi gelombang tinggi mencapai dua meter pada akhir tahun di Kepulauan Riau. “Bagi masyarakat yang berkunjung ke wisata pantai harus berhati-hati terhadap keselamatan karena cuaca buruk,” kata Slamet. Tempo, Kamis, 22 Desember 2022.

Slamet juga meminta pengelola destinasi wisata untuk menjaga keselamatan wisatawan dengan menyediakan perlengkapan keselamatan, seperti life jacket, life jacket, dan lifeguard. “Selain itu, pantai juga perlu menetapkan batasan bagi wisatawan untuk mandi,” katanya.

Sejauh ini, BMKG memprediksi cuaca di Kepulauan Riau berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Kondisi ini sudah terjadi di Gunung Kijang, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, hingga Nongsa, Kota Batam dan diperkirakan akan menyebar ke daerah lain juga.

YOGI EKA SAHPUTRA

Baca: Pesan Sandiaga Uno untuk Pemudik yang Akan Berlibur: Waspada Kondisi Cuaca Ekstrim

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button