Berita Wisata

Ujian PPK CAT diadakan di dua kabupaten – Cakaplah

MERANTI (CAPAKLAH) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menyelenggarakan Computer Aided Testing (CAT) bagi calon Komisi Pemilihan Umum Kecamatan (PPK) di dua kecamatan, Merbau dan Tebingtinggi. Hal ini memudahkan calon PPK menuju lokasi ujian.

Hal itu disampaikan KPU Kepulauan Meranti Parmas dan Komisioner Bidang SDM Hanafi saat diwawancarai CAKAPLAH.com, Selasa (29/11/2022). Hanafi mengatakan, sesuai jadwal tahapan, pendaftaran PPK akan berakhir hari ini (Selasa, red) pukul 23.59 WIB.

Ia mengatakan, hingga Selasa sore, sebanyak 372 orang telah membuat akun di SIAKBA. Namun sebanyak 220 orang mengunggah dan menyerahkan berkas, dengan rincian 164 laki-laki dan 56 perempuan.

Lanjutan CAKAPLAH, bagi calon yang baru membuat akun SIAKBA, warnanya merah. Pelamar yang telah mengirimkan catatan tetapi belum diverifikasi, akunnya berwarna biru. Selama ini, akun yang filenya telah diverifikasi dan diterima berwarna hijau.

Setidaknya, kata Hanafi, untuk verifikasi calon PPK, pihaknya menyiapkan 5 operator dengan 2 pengurus.

“Jika ada berkas yang perlu diperbaiki, informasinya akan langsung dikirimkan ke email PPK mendatang. Mereka masih bisa melengkapi berkas hingga pukul 23.59 WIB,” ujar Hanafi.

Hanafi mengatakan jumlah calon PPK melebihi jumlah minimal yang dipersyaratkan. Karena kebutuhan PPK untuk setiap kecamatan minimal 15 orang. Dengan perkiraan, PPP 5 orang dikalikan tiga. “Kita pakai pengganti, lima orang PPK, lima pengganti,” kata Hanafi lagi.

Hasil pendataan, tambah Hanafi, akan diumumkan pada 2 hingga 4 Desember 2022. Bagi yang lolos administrasi, calon PPK akan melanjutkan ke tahap seleksi yang dimulai pada 5 hingga 7 Desember.

“Untuk proses seleksinya menggunakan metode CAT. Kami melakukan CAT di dua lokasi yaitu SMK Tebingtinggi dan SMK Merbau. Untuk Merbau kami khususkan calon PPK dari kecamatan Merbau dan Tasikputri Puyu”, ungkapnya.

“Pulau Merbau dan 6 kecamatan lainnya fokus di Selatpanjang. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PLN terkait rencana CAT 6 Desember,” tambah Hanafi.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan menghubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button