Berita Wisata

Ulang tahun ke 13, kota Kraksaan berubah menjadi kota rekreasi keluarga

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – 5 Januari 2023 merupakan hari jadi kota Kraksaan, ibu kota Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang ke-13. Saat ini, kota Kraksaan sedang disulap menjadi kota rekreasi keluarga.

Disematkan sebagai kota rekreasi keluarga bukan tanpa alasan. Setidaknya ada dua tempat di kota Kraksaan yang menjadi pilihan warga setempat untuk bersantai bersama keluarga.

Dua lokasi Kota Kraksaan ini cukup luas hanya seluas 37 km2. Bahkan kemudian, itu masih terputus dari daerah pedesaan.

Berikut dua tempat di kota Kraksaan yang menjadi tempat rekreasi keluarga:

1. Alun-alun Kraksaan

Alun-alun Kraksaan merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk kota Kraksaan. Pagi, siang, sore, alun-alun ramai dikunjungi orang.

Bukan hanya masyarakat Kraksaan sendiri. Pengendara yang melewati Jalan Raya Panglima Sudirman, tepat di sebelah selatan alun-alun, kerap berhenti dan bersantai di Alun-alun Kraksaan.

Kraksaan-2.jpgPada malam hari, Lapangan Kraksaan dihias dengan gemerlap lampu hias. Warga merasa betah. (Foto: Rhomadona/TIMES Indonesia)

Bukan tanpa alasan Lapangan Kraksaan menjadi tujuan utama untuk bersantai bersama keluarga, sahabat, sahabat atau kekasih.

Ini karena perubahan fisik persegi adalah 360 derajat. Perubahan itu dilakukan dengan merevitalisasi undakan di semua sisi alun-alun.

Perubahan ini perlahan mulai terasa sejak Kraksaan ditetapkan sebagai ibu kota Kabupaten Probolinggo pada tahun 2010 lalu.

Itu bisa dilihat dan ditelusuri dari sisi selatan alun-alun. Dahulu, wilayah selatan hanyalah sebuah lapangan dengan pepohonan yang rindang. Namun kini kawasan ini telah menjadi bagian yang “indah” dari Lapangan Kraksaan.

Kawasan tersebut tidak hanya ditanami bunga. Setiap pohon di area tersebut diselimuti lampu hias berwarna putih. Malam begitu cerah dan begitu indah.

Sedangkan di wilayah dalam timur dan barat, luasnya hampir sama dengan wilayah selatan. Hanya saja belum ada lampu hias seperti daerah selatan.

Dan, yang paling disukai penghuni adalah area indoor. Dimana tanaman berbunga warna warni tumbuh subur dan tertata rapi.

Tumbuhan berbunga tidak hanya terdapat di pinggir-pinggir area alun-alun dalam. Di jalur tengah yang menghubungkan ujung tiang dengan kawasan selatan juga dipenuhi tanaman hias. Tempat ini sering dijadikan spot foto oleh warga.

Lalu, di dua sudut sisi selatan terdapat fasilitas bermain anak. Di sinilah banyak orang tua berkumpul menyaksikan anaknya bermain ayunan, berhemat atau lainnya.

Kalau di selatan banyak orang tua dengan anaknya. Berbeda dengan sisi utara. Tepatnya di kanan dan kiri pendopo persegi.

Di kedua sudut kawasan terdapat fasilitas olahraga ringan. Lebih banyak orang muda dan orang dewasa berada di daerah tersebut.

Lalu bagaimana dengan zona tengah? Ya, rerumputan hijau menyejukkan mata. Rumput yang tumbuh bukanlah rumput liar.

Rumput tanam adalah jenis rumput yang biasa digunakan di lapangan sepak bola berstandar nasional. Hanya saja potongannya tidak sependek rumput di lapangan sepak bola.

Rerumputan di Lapangan Kraksaan memang sengaja ditinggikan agar nyaman bagi anak-anak untuk berlarian di atasnya.

Di beberapa titik hamparan rerumputan telah dipasang saluran pembuangan gulma. Jadi, meski di musim kemarau, rerumputan tetap hijau.

Kondisi Alun-alun Kraksaan memungkinkan penghuni untuk bersantai dengan nyaman.

2. Taman SL

SL Park terletak di desa Sumberlele, di kota Kraksaan. Sebelumnya, SL Park dikonsepkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

Namun setelah fasilitas Taman SL terus ditambah, kawasan tersebut disulap menjadi tempat rekreasi keluarga.

SL Park dibagi menjadi dua area di sisi selatan dan utara, dan dibagi oleh Jalan Dokter Saleh.

Kraksaan-3.jpgUmbrella Park adalah konsep baru di SL Park. Lokasinya berada di area sisi barat laut. (Foto: Pemdes Sumberlele untuk TIMES Indonesia)

Di kawasan selatan, SL Park lebih berkonsep taman bunga. Susunan tanaman berbunga itu indah. Ada juga tempat “gembok cinta” di sisi timur. Tempat itu biasa digunakan para muda-mudi untuk menuliskan kata-kata mutiara untuk pujaan hati.

Meski kawasan selatan memiliki konsep taman bunga, namun di kawasan ini terdapat lapangan voli. Namun, domainnya masih berbasis darat.

Sedangkan di kawasan utara lebih pada konsep kawasan olahraga. Ada lapangan basket, peralatan olahraga ringan.

Meski semakin banyak fasilitas olahraga, taman bunga di kawasan itu tetap ada. Ini memastikan bahwa kondisi oksigen tetap terjaga.

Yang terbaru dari SL Park yaitu adanya taman payung di area utara sisi barat. Sebelumnya, lokasi ini hanya menjadi salah satu akses menuju taman SL dan sering dijadikan tempat parkir roda dua.

Inilah dua taman hiburan keluarga yang ada di kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Keberadaan kedua spot ini masih terjaga dan dipertahankan, hingga peringatan 13 tahun kota Kraksaan tahun 2023 mendatang.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button