Tempat Wisata

Umbul Ponggok – Harga Tiket, Lokasi Rute dan Spot Terbaru 2023

Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata di Klaten – Jawa Tengah yang kekinian. Banyak foto yang beredar di media sosial yang memperlihatkan keindahan Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok sendiri merupakan kolam alami dengan air yang sangat jernih. Keindahan pemandangan bawah laut dan warna-warni ikan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Asal Mula Umbul Ponggok

asal usul panji PNGGOKFoto:

Umbul Ponggok terdiri dari dua kata yaitu Umbul dan Ponggok. Umbul artinya Mata Air/Tuk. Sedangkan Ponggok diambil dari nama desa tempat umbul ini berada. Ditafsir secara langsung, Umbul Ponggok berarti mata air yang ada di desa Ponggok.

Selain pemandangan yang menakjubkan, Umbul Ponggok juga menawarkan wisata snorkeling. Bagi Anda yang tidak sempat snorkeling di taman laut yang indah, kini bisa dilakukan di Klaten.

Tidak perlu takut terbawa ombak, karena spot snorkeling kali ini bukan laut. Ini adalah mata air alami yang segar dan sangat jernih dengan nama Umbul Ponggok.

Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, berukuran 50 x 25 meter dan memiliki kedalaman rata-rata 1,5-2,6 meter. Berbeda dengan kolam renang yang lantai dasarnya ubin, lantai Umbul Ponggok masih sangat alami.

Berupa hamparan pasir yang luas, bebatuan dan ribuan ikan berwarna-warni, suasananya benar-benar berada di bawah air. Meski penuh ikan, air di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya terus mengalir.

Umbul Ponggok tidak hanya menjadi tempat snorkeling, tetapi juga banyak digunakan sebagai tempat latihan menyelam. Untuk penyelam pemula sebelum benar-benar menyelam di laut.

Wisatawan yang tidak bisa berenang atau tidak ingin snorkeling bisa naik perahu dayung dan mengitari umbul. Ada juga kolam pendek untuk anak-anak yang bisa digunakan sebagai tempat mandi atau sekedar bermain air.

Lokasi wisata air di Umbul Ponggok

posisi panjiFoto:

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Koneksi ke jalan utama sangat baik untuk semua jenis kendaraan.

Keberadaan wisata ini strategis dan mudah dijangkau dari arah manapun. Jika Anda masih ragu dengan rutenya, Anda dapat mengakses peta di bawah ini.



Harga tiket Umbul Ponggok

Harga tiket masuk Umbul PonggokFoto:

Untuk masuk ke Umbul Ponggok, wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp. 5.000 per orang (hari libur) dan Rp 3.000/orang (hari kerja), serta parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Selain itu, ada juga beberapa perlengkapan yang disewakan, yaitu:

  • Kaki katak : Rp 5.000
  • Snorkeling : Rp 10.000
  • Pelampung: Rp 5.000
  • Ban: Rp 5.000
  • Kacamata renang : Rp 10.000

Catatan: Harga sewa dapat berubah sewaktu-waktu.

Rute menuju Umbul Ponggok

Alamat dan Rute Lokasi Umbul PonggokFoto:

Dari Timur (Solo)

Bagi kita dari Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Magetan atau Ngawi, jalur terdekat adalah jalan raya Solo – Yogyakarta. Setelah melewati Delanggu, berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten di kiri jalan.

Terminal ini terletak di persimpangan lampu lalu lintas Bangjo (lampu merah/lampu lalu lintas) menuju ke desa Ponggok. Dari sini, belok kanan dan ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil. Letaknya di pertigaan kiri jalan. Belok kanan di pertigaan, ikuti jalan dan Anda akan melihat Umbul Ponggok.

Dari Barat (Prambanan, Yogyakarta, Sleman, Purworejo, Kebumen)

Bagi Anda yang berasal dari Jogja: Rutenya melalui jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di perempatan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, lurus saja (lewat kota dan jalan searah) sampai di GOR Gelsena Klaten.

Setelah sampai di GOR, silahkan belok kiri ke arah Jatinom/Polanharjo. Sampai ketemu di perempatan dekat Markas Koramil sebelah kiri jalan. Ikuti jalan tersebut dan Anda akan melihat Umbul Ponggok.

Dari Utara (Boyolali, Salatiga, Semarang)

Bagi Anda yang berasal dari Boyolali, langsung menuju Klaten via Jatinom. Setelah sampai di Pasar Jatinom, menuju ke arah Terminal Penggung.

Sebelum sampai di terminal, Anda akan melihat Markas Koramil di sisi kanan jalan dekat pertigaan. Sesampainya di Koramil, belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Anda bisa melihat Umbul Ponggok.

Salah satu hal yang wajib dilakukan di Umbul Ponggok adalah pemotretan di bawah air. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera bawah air, tidak perlu khawatir. Ada jasa sewa kamera underwater di Umbul Ponggok. Dengan harga Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam.

Baca juga: Taman Wisata Air Jolotundo Klaten.

Tempat terbaik di Umbul Ponggok

Spot foto terbaik di Umbul PonggokFoto:

Jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok Klaten, wisatawan disarankan untuk datang pada hari Senin hingga Jumat pukul 07:00 hingga 09:00 WIB atau pukul 14:00 hingga 16:00 WIB. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, disarankan untuk tampil pada WIB di akhir pekan dari Sabtu hingga Minggu antara pukul 07:00 hingga 09:00.

Jika Anda memotret di pagi atau sore hari, Anda akan mendapatkan gambar yang lebih baik. Karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih datang dari samping, tidak langsung dari atas. Selain itu, jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak pada siang hari, sehingga spot foto yang bagus tidak bisa didapatkan secara bebas.

Kunjungi Juga -> Tur Instagram Gondang Winangoen.

Perabot

fasilitas panjiFoto:

Tambahkan diri Anda ke dalam daftar wisata Klaten terpopuler yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik di hari kerja maupun akhir pekan. Dukungan infrastruktur di Wisata Umbul Ponggok sangat memadai dan cukup lengkap.

Dibawah ini adalah fasilitas Umbul Ponggok diantaranya :

  • Tempat parkir yang luas
  • Pusat Informasi Turis
  • kamar mandi
  • Toilet
  • Sarana air bersih
  • ruang sholat
  • food court
  • Akomodasi
  • Aneka stan souvenir
  • Banyak spot foto

Nikmati serunya menghabiskan waktu menjelajahi Umbul Ponggok yang asri dan alami di akhir pekan. Ajak keluarga, sahabat, dan orang tersayang untuk menjelajahi wisata anti mainstream ini bersama-sama untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Menyelam, menendang punggung, makan, dan mengambil foto tentunya menjadi kegiatan favorit untuk berlatih di sini. Rasakan momen liburan seru di Umbul Ponggok Jawa Tengah yang begitu mempesona.

Ulasan Sebelumnya -> Kolam Renang Galuh yang Menyegarkan.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi Umbul PonggokFoto:

Berikut beberapa tips berkunjung sebagai referensi tambahan untuk kunjungan Anda ke Umbul Klaten terpopuler ini.

  • Musim panas dengan hari yang cerah adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Umbul Ponggok Klaten.
  • Jangan lupa membawa baju ganti setelah menyelam dan fotografi bawah air.
  • Jika Anda bukan perenang yang baik, jangan khawatir karena ada pemandu yang akan memandu Anda.
  • Anda bisa mengatur sendiri kamera yang mendukung foto bawah air, misalnya dengan membeli kamera/cover handphone.
  • Setiap pengunjung wajib mematuhi peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan untuk kebaikan masyarakat umum.
  • Jika ingin merasakan suasana Umbul Ponggok yang lebih santai maka keluarlah pada hari libur/akhir pekan.

Nah itulah wisata paling fenomenal di Klaten dengan sejumlah objek wisata yang banyak menarik minat wisatawan kesini. Cantumkan nama Umbul Ponggok dalam rencana liburan Anda selanjutnya bersama orang-orang tersayang.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button