Berita Wisata

UMPR-Disbudpar Kalteng bersinergi kembangkan potensi wisata budaya – ANTARA News Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar Kalteng) Provinsi Kalimantan Tengah menjajaki kerja sama untuk mengembangkan potensi wisata provinsi ini.

“Kami melakukan kunjungan ke Disbudpar Kalteng. Kunjungan ini merupakan bagian dari penjajakan persiapan Nota Kesepahaman (MoU) untuk pengembangan potensi budaya dan pariwisata Kalteng,” ujar Wakil Rektor III Guntur Satrio Pratomo. di Palangka Raya pada hari Selasa.

Selain persiapan MoU, pertemuan kedua instansi membahas rencana program kerja sama antara Disbudpar Kalteng dan UMPR, khususnya terkait program kerelawanan mahasiswa.

Program ini merupakan kerjasama guru, siswa dan masyarakat. Pertemuan ini secara khusus membahas bidang kebudayaan, pariwisata, program magang, dukungan SDM untuk promosi, publikasi potensi budaya dan pariwisata.

“Tentunya ini sebagai bagian dari mendukung program Kalteng Lebih BERKAH yang merupakan akronim dari ‘Layak, Indah, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis,’” kata Guntur.

Baca Juga: Pemprov Kalteng Sahkan Jumlah Iuran RUU Prioritas Program Legislasi Nasional

Dalam pertemuan yang diterima langsung oleh Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari beserta jajarannya, Wakil Rektor III UMPR didampingi Kabag Kemahasiswaan Karyanti, Bagian Kerjasama Rachdinda Arta, bagian Humas dan Protokoler Trisutrisno dan beberapa perwakilan mahasiswa dari berbagai aliran.

Adiah Chandra Sari mengatakan, di tahun 2023 ini Kalteng patut berbangga karena dua event Kalteng masuk dalam kalender pariwisata nasional, yakni Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Bakurung.

Adiah menyampaikan rasa syukurnya bahwa dari ribuan festival yang telah diserahkan seluruh provinsi Indonesia kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan setelah melalui beberapa tahapan kurasi dan presentasi daring, dua kegiatan utama Kalteng tersebut dapat terlaksana. masuk 110 event bergengsi dan berkualitas yang telah diakui secara nasional dalam Kharisma Event Nusantara (KEN)).

Ia berharap ke depannya, tidak hanya dua event yang masuk dalam KEN 2023, namun lebih banyak lagi kabupaten dan kota yang dapat menawarkan kegiatan di daerahnya.

Untuk itu, kata dia, dengan kedatangan rombongan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya diharapkan kerja sama tersebut semakin menasionalisasikan berbagai potensi budaya dan pariwisata di Kalteng.

“Seperti yang kita tahu banyak kegiatan budaya, prosesi adat, tradisi, legenda dan fenomena alam yang bisa dijadikan event berkualitas, tinggal bagaimana kita menyajikannya,” kata Adiah.

Baca Juga: Pemprov Kalteng Bantu Peningkatan UMKM Melalui Sertifikasi Halal

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button