Tempat Wisata

Undian Telaga : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

\Kota Kuningan Jawa Barat yang terkenal dengan industrinya ternyata juga punya daya tarik wisata yang menarik. Salah satu objek wisata danau yang wajib dikunjungi adalah Danau Remis. Wisata alam yang satu ini masih menjaga pesona alamnya dan jauh dari polusi buruk perkotaan.

Pemandangan pepohonan pinus hijau lebat menghiasi danau indah ini. Hal itulah yang membuat pengunjung datang kembali ke sini. Telaga Remis memiliki luas 13 hektar, sedangkan luas telaga atau telaga hanya sekitar 3,25 hektar.

Fasilitas di Telaga Draw

Fasilitas pendukung yang disediakan untuk memanjakan pengunjung antara lain wahana air seperti perahu kayuh dan perahu motor yang dapat digunakan mengelilingi danau ini. Selain itu terdapat shelter, penjaga, gubuk kerja, sarana air bersih, tempat berlindungTempat sampah, bangku, musala, dan toilet.

Tidak ada yang hilang taman dan resor bagi pengunjung yang ingin bersantai dan bermalam sambil menikmati keindahan pemandangan alam danau ini. Sebagai pengunjung anda tidak boleh melewatkan wisata kuliner khas Telaga Remis. Di sekitar danau ini banyak terdapat rumah makan yang menawarkan menu dengan ikan sebagai hidangan utamanya.

Keindahan Danau Remis

Nama Telaga Remis berasal dari bahasa Sunda. Telaga yang berarti “danau” dan kerang merupakan salah satu jenis kerang kuning yang biasa hidup di sekitar danau. Suasana indah yang ditawarkan danau ini menjadikannya tempat yang sangat baik untuk beristirahat dan melepas penat

Danau cantik ini merupakan perpaduan unik antara air danau yang bersih dan jernih, pesona alam hutan, dan udara yang sejuk. Air danau ini berwarna hijau dan jernih seperti kaca. Bahkan, tepat di dalam danau kita bisa melihat banyak sekali ikan dan ganggang hijau.

Pepohonan pinus yang berdiri kokoh, rimbun dan rindang di tepian danau menambah keindahan danau ini. Selain itu, angin yang berhembus sejuk dan sejuk sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Ada juga jembatan dimana kita bisa melihat seluruh bagian danau yang indah ini.

Danau ini juga dilengkapi dengan sepeda air dan perahu motor yang dapat digunakan mengelilingi danau. Pengunjung yang senang jalan-jalan tidak perlu khawatir karena pengelola akan menyediakannya Nalar khusus untuk mengelilingi danau ini. Satu lagi bagi yang suka memancing, danau cantik ini memiliki beragam jenis ikan untuk ditangkap dan dibawa pulang. Seperti ikan nila dan ikan mas, ikan yang mendominasi danau ini.

Selain Telaga Remis, setidaknya ada 8 telaga lain di kawasan ini yang tak kalah menarik. Diantaranya Telaga Deleg, Telaga Leutik, Telaga Leat, Telaga Tespong, Telaga Buruy, Telaga Nilem, Air Mancur Jalatunda, dan Situ Ayu Salintang.

Danau Remis adalah rumah bagi beragam flora dan fauna. Terdapat sekitar 160 jenis tumbuhan di sini, antara lain Malaka, Kosambi, dan Sonokeling. Salah satu tanaman langka yang ada di telaga indah ini adalah Pisang Hyang yang menjadi daya tarik wisatawan.

Berburu foto di Danau Remis

Spot foto paling menarik ada di bebatuan besar di dekat kawasan danau indah ini. Selain itu, momen bermain-main di air danau yang jernih dan kehijauan juga sangat cocok untuk direkam kamera. Dengan pemandangan alamnya yang indah dan danaunya yang indah, Danau Remis sering dijadikan sebagai tempat berfoto sebelum pernikahan.

Biaya masuk ke Danau Remis

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 10.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Danau Remis

  • Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00

Akses Lokasi ke Danau Remis

Telaga Remis terletak di kaki Gunung Ciremai di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Jarak telaga ini dari pusat kota Kuningan sekitar 37 kilometer. Jarak Telaga Remis ke pusat kota Cirebon kini sekitar 12 kilometer.

Jalur Cirebon menuju Telaga Remis melewati Kota Sumber. Dari Kota Sumber hingga Kabupaten Pesawahan. Kemudian berkendara dari Jalan Kabupaten Pesawahan menuju lokasi Telaga Remis. Jalannya cukup menanjak dan berkelok-kelok. Namun jangan khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan pinus yang sejuk dan rindang.

Karena letak Telaga Remis yang berada di ujung tertinggi Kabupaten Pesawahan, belum tersedia angkutan umum untuk mencapai gerbang tempat wisata tersebut. Solusi terbaik adalah menggunakan ojek karena jalannya sempit namun licin dan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua.

Tips berwisata ke Danau Remis

  • Tempat wisata Telaga Remis memang menjadi tempat wisata populer di kota Kuningan. Namun jika Anda masih ragu dengan lokasinya, Anda bisa mengecek langsung ke warga sekitar yang dengan senang hati akan menunjukkan jalannya.
  • Tidak ada akomodasi di sekitar danau indah ini. Jadi jika ingin bermalam harus kembali ke pusat kota Kuningan atau Cirebon.
  • Hati-hati dengan banyaknya loket tiket di pintu masuk. Sebaiknya membeli tiket langsung di loket yang telah disediakan.
  • Jaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan garis.

Jika Anda sedang dalam proses perencanaan atau merencanakan perjalanan ke Kota Kuningan, jangan lewatkan perjalanan ini menggambar danau. Perpaduan antara air danau yang jernih dan bersih, pemandangan hutan pinus yang lebat serta keindahan udaranya bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tentunya akan menjadi pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bila Anda berkunjung ke danau cantik ini.

Galeri Foto Danau Remis

Danau Gambar di Kuningan
Potret jembatan di atas danau

Nikmati keindahan Danau Remis
Keindahan Danau Remis

Perburuan Foto Estetika

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button