Berita Wisata

Untuk mendukung pelestarian alam di Pulau Widi, PT GMM menyumbangkan 1.001 bibit mangrove

Ternate (ANTARA) – PT Gelora Mandiri Pembangunan (PT GMM) menyerahkan 1.001 bibit mangrove kepada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (4/1).

Aksi ini dilakukan sebagai tanggapan atas himbauan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan untuk melestarikan kawasan Pulau Widi, sekaligus mensukseskan program pemerintah Halmahera Selatan, “Mangrove For Widi”.

Bantuan bibit mangrove ini diterima oleh Syamsudin Abas ST.MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan, di kantornya yang terletak di Jln. Desa Raya Labuha-Babang Marabose, Kecamatan Bacan.

Baca juga: Unkhair Gandeng Harita Nickel Rehabilitasi Mangrove di Halsel, Maluku Utara

Perwakilan perusahaan PT Gelora Mandiri Builds, Bapak Sehoon Lim, saat menyerahkan bantuan bibit, menyampaikan harapannya untuk suksesnya upaya pelestarian alam di kawasan Pulau Widi.

“Saya pribadi melihat bahwa kepulauan Halmahera secara keseluruhan merupakan wilayah yang sangat indah dan memiliki banyak potensi. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan terjadi keseimbangan dan keharmonisan antara manusia dan alam.”, ungkapnya.

Bibit mangrove yang disumbangkan oleh PT Gelora Mandiri Pembangunan diharapkan dapat ditanam di Pulau Widi sebagai bagian dari upaya penghijauan. Pohon mangrove memiliki peran penting dalam mendukung ekosistem pesisir. Mangrove memiliki fungsi sebagai penyeimbang kualitas lingkungan dan penetralisir polutan.


Penyerahan bibit mangrove oleh perwakilan Gelora Mandiri Pembangunan (GMM) Mr. Sehoon Lim kepada Syamsudin Abas ST.MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara itu, seperti dikutip dari website Kabupaten Halmahera Selatan, di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, tiga atol dan dua gugusan pulau yang diketahui masyarakat nelayan, seperti Pulau Daga Gane (menghadap ke arah tenggara Kabupaten Gane) dan Daga Weda (menghadap Kecamatan Gane). Timur Tengah). Kepulauan Widi adalah surga bagi para pemancing karena potensi memancingnya yang besar.

Baca juga: Tamu Negara G20 Tanam Mangrove, Jokowi Berdampingan dengan Perdana Menteri India dan Joe Biden

Kepulauan Widi bisa dibilang sebagai pulau terindah di provinsi Maluku Utara dan sering dijadikan destinasi wisata. Kepulauan Widi memiliki banyak tempat wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para pecinta diving dan snorkeling.

PT Gelora Mandiri Pembangunan merupakan bagian dari TSE Group yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Papua yang berkomitmen menerapkan tata kelola kelapa sawit berkelanjutan dan terus berinovasi dengan mengutamakan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Baca Juga: Masyarakat Lingkungan dan PLN Maluku Bersihkan Mangrove Poka Ambon

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button