Berita Wisata

UPR Luncurkan Green Campus – KaltengOnline.com

kaltengonline.com – Dalam rangka Dies Natalis ke-59, Universitas Palangka Raya juga meluncurkan kampus hijau berkelanjutan di UPR, Senin (21/11). Deklarasi tersebut ditandai dengan penanaman pohon yang melibatkan seluruh civitas akademika dan sejumlah instansi.

Kegiatan penanaman tersebut dihadiri oleh Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Kepala Balai Pengawasan Pemanfaatan Hutan Produksi dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan, serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah.

Penghijauan dilakukan dengan menanam jenis pohon endemik lokal seperti jelutung, pulai, waru, tabe buya, tanjung, meranti, ulin dan jenis lainnya di lahan seluas ±1 hektar yang dirancang dan dikelola menjadi “hutan alam UPR” . (THA)” dengan karakteristik unik, keanekaragaman hayati flora lokal yang memiliki nilai estetika dan merupakan tempat pembelajaran, penelitian dan wisata alam yang indah.

Model HAT akan terus dikembangkan di area kampus UPR yang telah ditentukan sesuai dengan rencana strategis UPR.

“Reboisasi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara berkelanjutan untuk membantu mengatasi berbagai jenis kerusakan lingkungan baik lokal, nasional maupun global yang terjadi saat ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Bisnis Umum dan Keuangan, Dr.

Kegiatan penghijauan kampus berkelanjutan ini juga merupakan program mikro UPR dalam mendukung program makro Hutan dan Penggunaan Lahan Lain Indonesia (FOLU) NET SINK 2030 untuk pengendalian perubahan iklim, yang berbasis pengelolaan hutan lestari, tata kelola lingkungan dan tata kelola karbon.(SMA/ko)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button