Tempat Wisata

Villa Bambapuang, Villa unik dengan panorama alam eksotis di Enrekang

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada pemandangan alam yang eksotis.

harga tiket: Dari Rp 25.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bamba Puang, Kec. Anggeraja, Cab.Enrekang, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan saat ini sedang naik daun berkat banyaknya tempat wisata yang ditawarkan daerah ini. Panorama alam yang masih asri tak kalah membanggakan dengan potensi wisata yang ditawarkan Enrekang. Salah satu objek wisata yang paling terkenal adalah Villa Bambapuang.

Di masa pandemi Covid-19 dan pengetatan pembatasan pergerakan masyarakat secara masif di tahun 2019, tempat wisata ini justru sempat ambruk. Bahkan beberapa fasilitas situs tidak terawat sama sekali. Namun saat ini destinasi wisata villa di Enrekang bisa dibilang jauh lebih baik.

Pengelola telah menambahkan fasilitas pada vila untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Berada di posisi yang sangat strategis dan dikelilingi pemandangan alam pegunungan yang eksotis di sekitarnya membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi villa ini.

Daya tarik yang dimiliki Villa Bambapuang

Daya Tarik Villa Bambapuang EnrekangSumber gambar: Google Maps Isman Hadi

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik dari mansion yang dimiliki Pemkab Enrekang ini.

1. Dikelilingi oleh setting alam yang eksotis

Bicara soal daya tarik, villa di Bambapuang ini punya keistimewaan terkait lokasinya yang dikelilingi pemandangan alam yang eksotis dan masih asri. Vila ini dikelilingi oleh pegunungan Buttu Kabobong dan Gunung Nona.

Pengunjung juga bisa merasakan keindahan alam berupa deretan pegunungan begitu memasuki tempat parkir. Selain deretan pegunungan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan penduduk dan lapangan hijau.

2. Akomodasi yang nyaman

Daya tarik utama dari Villa Bambapuang tentunya akomodasinya yang nyaman dengan fasilitas yang memadai. Orang-orang di sekitar vila mengenal tempat ini sebagai rumah peristirahatan karena menawarkan 12 kamar untuk orang beristirahat saat bepergian.

Ada 3 lantai bangunan yang dilengkapi dengan 4 cottage eksklusif. Beberapa ruang akomodasi dilengkapi dengan AC atau AC. Sedangkan kamar lainnya tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin.

Hal ini dikarenakan suasana di daerah pegunungan yang siang dan malam sudah dingin. Setiap kamar memiliki teras atau balkon untuk bersantai.

Interior kamar berperabotan lengkap. Sedangkan kamar mandinya sudah menggunakan shower dengan wastafel.

3. Tempat pertemuan atau seminar

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung Villa Bambapuang adalah mengadakan seminar atau pertemuan di aula outdoor.

Villa ini dilengkapi dengan outdoor hall yang sangat luas sehingga sangat cocok untuk acara keluarga, rapat kerja, humas, seminar atau acara besar lainnya.

Biaya sewa ruang outdoor hall juga tidak terlalu mahal. Ditambah lagi dengan lokasi villa yang dekat dengan tempat wisata membuat banyak pihak memilih untuk mengadakan acara di lokasi ini.

4. Tempat membeli oleh-oleh khas Enrekang

Daya tarik villa yang terletak di kawasan Bambapuang ini adalah tempat yang tepat untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Enrekang. Pengunjung dapat membeli berbagai produk makanan ringan yang disediakan di vila atau membelinya dari banyak kios di sekitar vila.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Villa Bambapuang EnrekangSumber gambar: Google Maps Nursalim Baso

Villa Bambapuang terletak di Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Villa ini dibangun di area yang berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Enrekang seperti Taman Medatte.

Untuk menuju lokasi villa cukup mudah mengingat villa ini berada di pinggir jalan poros provinsi atau trans Enrekang Makale. Villa ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 hingga 6 jam dari ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar.

Saat wisatawan berkunjung ke Mendatte Park dan ingin bermalam di dekat tempat wisata, wisatawan bisa memilih villa yang satu ini sebagai pilihan. Dengan demikian, waktu tempuh dari vila menuju tempat wisata Mendatte Park hanya sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Biaya menginap di Villa Bambapuang

Tidak ada biaya masuk tetap bagi pengunjung Villa Bambapuang. Sehingga setiap pengunjung yang hanya datang ke area sekitar villa untuk berswafoto tidak dipungut biaya sepeser pun.

Namun jika pengunjung ingin menginap, biaya menginap di kamar vila per malam mulai dari Rp 250.000. Sedangkan biaya menginap di cottage sekitar Rp 400.000. Jika ingin menyewa hall di dalam villa, harga sewanya berkisar Rp 700.000 per hari.

Aktivitas menarik di Villa Bambapuang

Aktivitas Villa Bambapuang EnrekangSumber Gambar: Google Maps Ariel N

Villa mungkin lebih dikenal sebagai tempat yang menawarkan akomodasi para pengunjungnya berupa penginapan. Namun, Villa Bambapuang menawarkan berbagai kegiatan bagi pengunjung untuk dilakukan selain sebagai akomodasi.

1. Berburu spot foto

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung Villa Bambapuang adalah mencari spot foto di sekitar vila. Banyak spot foto dengan background gugusan Gunung Buttu Kabobong dan Gunung Nona yang hijau di sekitar villa.

Selain itu, hamparan perkebunan warga setempat bisa membuat kesan indah di foto. Pemandangan hamparan hijau yang memesona di sekitar vila kerap menjadikan spot ini sebagai spot foto prewedding.

2. Menginap dan liburan pada waktu yang sama

Villa yang memiliki 12 kamar tamu dan beberapa cottage ini biasa dipilih wisatawan untuk akomodasi sekaligus untuk liburan santai dengan pemandangan pegunungan.

3. Menikmati porsi kuliner khas

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Villa Bambapuang adalah menikmati berbagai kuliner khas di kafe dan restoran yang disediakan pengelola villa. Tak hanya sajian kuliner Enrekang yang lezat, kafe di dalam vila juga didesain dengan konsep alam terbuka.

Pulu Mandoti dan Nasu Cemba menawarkan beberapa menu masakan khas Kabupaten Enrekang yang disajikan di kafe dan restoran vila.

Selain menyajikan makanan, minuman lezat menjadi menu yang bisa dinikmati pengunjung kafe dan restoran vila. Salah satu minuman andalan Enrekang adalah kopi Kalosi Arabica. Kopi Arabika Kalosi bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Fasilitas yang tersedia di area villa

Fasilitas di Villa Bambapuang EnrekangKredit foto: Google Maps Guru Ngaji Blogger

Fasilitas yang tersedia di Villa Bambapuang sangat lengkap dan dapat menunjang kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Wisatawan dapat menemukan pilihan akomodasi bagi siapa saja yang ingin menginap di vila.

Ada juga beberapa spot foto keren yang disiapkan pengelola. Aula besar juga tersedia di tempat-tempat wisata yang biasanya disewakan untuk berbagai kegiatan seperti seminar, musholla, dan toilet.

Tempat parkirnya juga cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua hingga roda empat. Restoran termasuk kios yang menjual makanan khas lokal juga terdapat di sekitar vila.

Villa Bambapuang merupakan fasilitas wisata yang dimiliki dan dikelola langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang. Sebagai objek wisata, vila ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button