Berita Wisata

Viral di kawasan CPUGGp Ada objek wisata Karang Kontol

RBG.ID, SUKABUMI Viral di jejaring sosial Facebook (Medsos), ada nama objek wisata di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) yang nyeleneh dan mengundang beragam komentar netizen.

Bagaimana tidak, tempat wisata di kawasan CPUGGp ini bernama Karang Kontol. Viralnya nama barang itu diposting anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana dengan nama akun Facebook Arjuna Pertiga.

Baca Juga: Revalidasi CPUGGp Sukabumi Selesai, Ini Penilaian Tim Asesor!

Dalam postingannya, Arjuna Ketiga menjelaskan ada nama objek wisata yang sedang viral saat ini. “Objek wisata yang lagi VIRAL, di Geopark Ciletuh ada KARANG KONTROL, di Ciamis ada PASIR HEUNCEUT, apalagi yang ada?” tulis Andri.

Selain itu, Andri mengunggah dua foto pemandangan terumbu karang, di salah satu sudut memperlihatkan terumbu karang berbentuk alat kelamin laki-laki, beserta tulisan Karang Kontol Geopark Ciletuh. Sementara satu lagi memperlihatkan pemandangan alam tempat rekreasi baru Pasir Nowut di kawasan Kabupaten Ciamis.

Andri Hidayana mengatakan, keberadaan dan sebutan terumbu karang ini dalam konteks komunitas Geopark Ciletuh atau Palangpang, Kabupaten Ciemas, memang merupakan nama yang sudah mendarah daging sejak lama.

Padahal, menurut Andri, penyebutan nama objek wisata itu bukan berumur dua puluh tahun, tapi kemungkinan sudah ratusan tahun.

“Tidak ada yang tahu persis kapan, di mana atau bagaimana proses asal mula terbentuknya karang tersebut, namun faktanya itu merupakan bentukan alam asli yang tidak dirancang olehnya mungkin saja terbentuk akibat batuan yang tergerak oleh air laut, sebenarnya ini sudah terjadi sejak lama, jadi orang disana menyebut terumbu karang, ini bukan hal yang tabu atau hal baru,” ujarnya, Senin (1/9/2022).

Lanjut Andri, lokasi kecoa tersebut berada di pantai Cikepuh, sekitar 30 menit dari pantai Palangpang, Desa Ciwaru.

“Tidak hanya terumbu karang saja yang ada, termasuk pulau kunti, batu batik, batu punggung naga, mungkin saat ini namanya sedikit meleset, tapi sebenarnya bukan rekaan, sebenarnya penyebutan itu bukan nama yang dibuat-buat, dia menjelaskan.

Andri menjelaskan, nama karang kontol merupakan nama yang diberikan masyarakat setempat dengan menyesuaikan bentuk karang menyerupai alat kelamin laki-laki.

“Ada mitos dan informasi yang berkembang, mungkin seminggu atau sebulan sekali, banyak pengunjung yang melakukan semacam ritual di sana,” ujarnya.

“Konon kalau laki-laki pergi kesana atau seperti masalah mistik, dia bilang dia akan menjadi laki-laki yang sakti dalam urusan ranjang, begitu sebaliknya kalau perempuan pergi kesana, konon dia akan mendapatkan laki-laki yang dia inginkan. .” dia menjelaskan.

Selalu kata Andri, bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin ke kawasan Karang Kontol tentunya harus didampingi oleh seorang penjaga, dan untuk menuju ke tempat tersebut harus menggunakan transportasi yang disediakan oleh para penggiat wisata atau para pemuda. di atas perahu.

“Di sana juga ada penjaga yang bisa menemani perjalanan ke tempat itu menggunakan transportasi perahu yang jaraknya sekitar 30 menit dari pantai terdekat,” katanya. .

“Di lokasi karang kontol arus lautnya tidak dalam dan tidak berbahaya, namun akan membuat pengunjung merasa nyaman, sehingga bisa dikunjungi kapan saja,” lanjutnya.

Baca Juga: Tim Asesor UGG Lakukan Validasi Ulang CPUGGp, Menurut Stakeholder Pariwisata Sukabumi!

Andri melanjutkan, pengunjung yang datang ke tempat ini tidak akan kecewa. Pasalnya, di sekitar kawasan terumbu karang juga terdapat beberapa objek wisata yang layak dan sering dikunjungi, yakni Pulau Kunti, Pulau Mandra dan lain-lain.

“Di sana juga ada tempat yang cocok untuk diving, melihat keindahan alam bawah laut atau snorkeling tempatnya. Selain itu menawarkan sejuta pesona, sejuta keindahan yang berkaitan dengan masalah keindahan alam tentunya,” ujarnya. (Kr2).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button