Berita Wisata

Virus! Ribuan ikan terdampar di pantai Palabuhanratu setelah ombak tinggi

SUKABUMI, selebritis.id – Ribuan ikan bertebaran di sepanjang Pantai Lumba-lumba, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (28/10/2022) malam. Video ikan yang terdampar menjadi viral di aplikasi perpesanan dan media sosial.

Dalam video berdurasi 39 detik itu, terdengar suara pria yang berulang kali menyebut fenomena pengiring di Citepus. Sementara itu, dalam rekaman visual, penduduk setempat berkumpul untuk mengambil ikan-ikan kecil yang terjebak dalam keadaan masih hidup dengan memasukkannya ke dalam ember.

Ketua RT setempat Ukan Sunarya membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya, terdamparnya ribuan ikan yang ditangkap warga dalam video tersebut terjadi setelah gelombang tinggi membawa ribuan ikan ke daratan.

“Memang benar kejadiannya sekitar sunset di Pantai Dolphin. Orang-orang sibuk membawa ember, ada tamu (pengunjung) yang juga mengambil ikan-ikan kecil, namanya ikan serepet”, kata Ukan, Sabtu (29/10/ 2022).

Lebih lanjut Ukan mengatakan, fenomena ikan terdampar di daratan ini baru pertama kali terjadi di kawasan Palabuhanratu. Sebagian besar ikan yang terdampar adalah dari jenis tembang dan ikan yang oleh penduduk setempat sering disebut ikan serepet.

Kabarnya, selain Pantai Lumba-lumba, pada malam yang sama, kemunculan ribuan ikan ternyata juga terjadi di pantai Ruang Hijau Citepus (RTH). Tak ayal fenomena ini juga menjadi sumber penghidupan bagi sebagian masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

“Tadi jam 9 (sore), memang benar tadi tadi saya kepanasan. Saat itulah ombak besar sampai di depan tiang pantai (jogging track), barulah ikan-ikan bertebaran,” kata Ujang ( 47), warga sekitar.

Ujang mengaku berhasil memanen sekitar 5 kilogram ikan yang bertebaran. Menurut dia, kemunculan ikan-ikan yang tersapu ombak kemudian terdampar di pantai memakan waktu sekitar 20 menit.

“Tukang parkir, pedagang di sini sudah berbondong-bondong. Belum tahu penyebabnya, yang jelas saat ombak besar menerjang pantai,” kata Ujang.

Penerbit: Hadits Abdillah

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button