Tempat Wisata

Waduk Darma: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Luas waduk sekitar 425 hektar dan menawarkan pemandangan indah bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini. Udaranya yang masih sejuk mampu menarik perhatian setiap wisatawan.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pada zaman dahulu ketika para wali hidup, Waduk Darma merupakan bendungan yang cukup besar yang dibangun oleh mbah Satori (mbah dalem Cageur). Untuk mengairi waduk, air bersumber dari mata air Cihanyir yang terletak persis di tengah Waduk Darma, dan dari hulu Sungai Cisanggarung.

Tempat wisata di Bendungan Damma sangat luas, sehingga cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Anda bisa piknik di sekitar Bendungan Darma, cocok jika mengajak keluarga atau teman.

Fasilitas yang ada di Waduk Darma

Wisatawan juga dapat bermalam di kawasan tersebut, karena terdapat pilihan akomodasi bagi pengunjung dengan harga yang cukup terjangkau. Fasilitas di sini sangat mendukung.

Beberapa fasilitas tambahan juga telah disediakan untuk pengunjung. Jika lapar, Anda cukup membeli bahan makanan yang dijual oleh pedagang di sekitar waduk. Fasilitas lain di Bendungan Darma adalah tempat berkemah, taman bermain anak, kolam renang anak, kereta layang-layang, lapangan sepak bola, masjid, pamggung serbaguna dan lain-lain.

Keindahan Waduk Darma

Suasana pegunungan dengan udara segar dan keindahan alam yang mempesona memanjakan setiap orang dan tidak mudah dilupakan oleh setiap pengunjung. Inilah Kuningan, sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berada di kaki Gunung Ciremai dan pesonanya menjadi daya tarik tersendiri.

Kuningan memiliki banyak tempat wisata yang menarik, diantaranya adalah Waduk Darma yang berada di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Saat ini, itu adalah daerah dengan tempat wisata yang mempesona. Waduk ini semakin indah jika dikelilingi pemandangan alam pegunungan yang asri dan menyejukkan mata. Hampir setiap hari, terutama pada hari libur nasional.

Banyak pengunjung dari berbagai daerah menghabiskan waktunya di Bendungan Darma. Selain menikmati keindahan yang ditawarkan alam, ternyata di balik pesona waduk terdapat kisah mistis yang mampu membuat orang penasaran.

Namun ada cerita mistis di balik indahnya waduk tersebut. Penduduk setempat percaya bahwa Waduk Darma dihuni oleh setan belut putih raksasa. Di masa lalu, setan belut putih ini muncul, sehingga terkadang orang tidak sengaja melihat makhluk ajaib ini. Konon setan ini tidak segan-segan menghancurkan apa yang ada di waduk

Misalnya kebocoran di Waduk Darma, kata orang bijak di lapangan disebabkan oleh belut putih.
Tapi itu akan terjadi jika ada orang yang melakukan perbuatan buruk yang dilakukan di sekitar waduk. Ini adalah peringatan bagi pengunjung. Di tengah waduk terdapat bagian yang unik dan tidak pernah keruh, meski air di sekitarnya keruh.

Ini adalah misteri yang belum pernah terpecahkan sebelumnya. Pada zaman dahulu, ketika waduk masih berupa ranca atau danau kecil, sering terdengar cerita tentang siluman belut putih dan perbuatannya yang mengerikan.

Berburu foto di sekitar kawasan Waduk Darma

Bagi Anda yang senang mengambil foto landscape, tidak ada salahnya mengunjungi Waduk Darma. Disini anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan anda juga bisa berfoto dengan lensa kamera anda. Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan fotografi Anda.

Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis spot yang cocok sebagai latar foto Anda. Saat senja, keindahan waduk semakin mempesona para pengunjungnya. Jika Anda penggemar foto selfie, tak ada salahnya berfoto dengan latar belakang waduk.

Tiket masuk Bendungan Darma

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional Waduk Darma

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Lokasi Akses Bendungan Darma

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jalan menuju Waduk Darma sudah diperbaiki sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju Waduk Darma.

Tips Berlibur di Waduk Darma

  • Yang terbaik adalah mengikuti aturan di waduk, jangan mengucapkan kata-kata makian, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan melakukan hal-hal yang menyimpang. Dikatakan bahwa jika seseorang melakukan sesuatu yang aneh atau menyimpang, mereka akan diberi imbalan atas apa yang telah mereka lakukan.
  • Buang sampah sebagai gantinya, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan kekayaan alam Indonesia?
  • Jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan anda karena tentunya anda tidak ingin melewatkan momen saat berada di Waduk Darma bukan?

Oleh karena itu, ulasan singkat tentang reservoir yang indah ini. Jika sedang berada di Kuningan, tidak ada salahnya untuk mampir Waduk Dharma indah dan memiliki sejarah mistis. Sangat cocok sebagai buku referensi liburan bersama keluarga. Liburan yang menyenangkan.

Galeri foto waduk Darma

Selamat datang di Waduk Darma
Waduk Darma di Kuningan
Potret Waduk Darma
Berburu foto di pinggir Waduk Darma
Gambar perahu di pinggir waduk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button