Tempat Wisata

Waduk Jatiluhur: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Saat anda berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Pasalnya, tempat ini merupakan tempat yang populer bagi wisatawan dan simbol Kabupaten Purwakarta yang sangat terkenal. Adalah Waduk Jatiluhur, sejuta wisata dalam satu Waduk.

Kata Jatiluhur terdengar asing bagi masyarakat umum, khususnya di provinsi Jawa Barat. Nama Jatiluhur sendiri berasal dari salah satu kecamatan di provinsi Jawa Barat yaitu Jati Luhur. Mengapa Waduk Jati Luhur menjadi destinasi wajib? sangat kamu mengunjungi?

Asal tahu saja, Waduk Jati Luhur merupakan bendungan dengan panorama danau yang luar biasa. Selain itu, bendungan ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan ini dibangun oleh kontraktor Perancis dengan potensi ketersediaan air sebesar 12,9 miliar m3/tahun dan merupakan bendungan serbaguna pertama di Indonesia.

Sangat menarik, bukan? Tidak hanya sebagai bendungan terbesar, tetapi juga sebagai fasilitas penyimpanan serbaguna pertama di Indonesia.

Waduk Jatiluhur dapat menarik perhatian wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara. Tempat wisata yang terletak di muara Sungai Citarum ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Fasilitas Waduk Jati Luhur

Bendungan ini terletak sekitar 9 km dari pusat kota Purwakarta. Daerah ini memiliki banyak fasilitas rekreasi yang wajar seperti hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, biliar, tempat perkemahan, kolam renang dengan seluncuran air, ruang pertemuan, taman bermain, fasilitas rekreasi dan olahraga air seperti dayung, selancar angin, dan jelajah. ski air, berperahu dan banyak lagi.

Keindahan Waduk Jati Luhur

Dengan sejuta fasilitas yang ditawarkan, keindahan Waduk Jatiluhur tidak bisa dihindari. Bukan hanya menawarkan keindahan, tapi kita juga merasakan manfaat yang berjuta kali lipat, contohnya di air Telaga Jati yang masih sangat luhur. Daya tarik utama adalah peternakan ikan dengan keramba jaring apung.

Siang hari atau di keheningan malam kita bisa memancing dengan tenang sambil menikmati ikan bakar hasil tangkapan kita sendiri. Kawasan ini bisa kita lalui sekitar 7 km dari pusat kota Purwakarta. Stasiun satelit bumi ini berperan sebagai alat komunikasi internasional. Layanan yang ditawarkan antara lain International Toll Free Service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), International Direct, dan lain-lain.

Area hunting foto Waduk Jati Luhur

Rasanya kurang pas jika kita mengunjungi suatu tempat wisata tanpa mengabadikan aktivitas kita disana. Waduk Jatiluhur tidak kalah bersaing dengan tempat wisata lainnya. Dengan jalur hijau yang dilalui oleh Sungai Citarum, sangat menarik bila tempat ini dijadikan sebagai obyek fotografi atau fotografi.

Selain itu, “Morning Glory” juga akan dihadirkan di sana. Morning Glory adalah sejenis bunga berwarna ungu yang tumbuh liar di sana. Di sana kamu bisa berfoto manja bersama keluarga besar maupun bersama pasangan. Sangat romantis.

Akses lokasi waduk Jati Luhur

Bisa dibilang sangat mudah untuk mencapai Waduk Jatiluhur. Jika Anda datang dari arah Jakarta dengan kendaraan pribadi, waktunya akan lebih singkat jika menggunakan Tol Cikampek. Ambil jalan keluar di Pintu Tol Jatiluhur kemudian ikuti saja rambu-rambu jalan menuju kawasan wisata Jatiluhur yang berjarak 8 km, di pinggir jalan raya penghubung Jakarta-Bandung.

Namun bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, cukup menggunakan bus yang menghubungkan kota-kota yang melintasi jalur Purwakarta hingga Bandung. Lalu berhenti di depan pintu masuk Bendungan Jatiluhur. Perjalanan dilanjutkan melalui angkutan umum jalur 011.

Tiket masuk Waduk Jati Luhur

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Waduk Jati Luhur

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di waduk Jati Luhur

Langkah pertama sebelum liburan tentunya menyiapkan rencana liburan di lokasi. Mengapa? Karena Waduk Jatiluhur memiliki sejuta wahana dan wisata yang ditawarkan kepada wisatawan.

Jika Anda merencanakan perjalanan panjang ke sana, menghabiskan satu hari saja di sana tidaklah cukup, tetapi juga menyiapkan pakaian yang cukup selama berada di sana. Bagi Anda yang senang memancing, disarankan untuk membawa sendiri alat pancing dan umpan pancing dalam jumlah yang cukup. Kesabaran memancing yang terkadang bisa bertahan sepanjang hari dan malam, teruji saat berburu aneka ikan segar.

Jika Anda punya banyak waktu (istirahat dari stres kerja), Anda bisa menghabiskan waktu di sana hingga malam hari atau bahkan menginap di penginapan yang tidak jauh dari Waduk Jatiluhur.

Pemandangan sore hari saat matahari terbenam akan sangat memanjakan mata dan sayang untuk dilewatkan. Air danau yang jernih berkilau indah saat cahaya jingga mengintip dari balik perbukitan berbatu. Langit berwarna kemerahan, matahari mulai terbenam, yang membuat waduk ini sangat indah.

Maka nikmat Allah yang manakah yang harus kita dustakan?

Jika Anda tidak memiliki pilihan tempat wisata untuk liburan minggu ini, Waduk Jatiluhur Purwakarta layak masuk dalam daftar destinasi wisata terpopuler. Semoga liburanmu menyenangkan.

Galeri foto Waduk Jatiluhur

Potret Waduk Jatiluhur di Purwakarta
Wisata Keluarga ke Waduk Jatiluhur
Bersepeda ke Waduk Jatiluhur
fasilitas di waduk
Keindahan Waduk Jatiluhur
Sunset di Waduk Jatiluhur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button