Tempat Wisata

Waduk Selorejo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Malang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Waduk Selorejo.

Waduk Selorejo merupakan tempat wisata di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Mungkin Anda akan setengah percaya ketika mendengar kata “waduk” digunakan sebagai objek wisata. Namun tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja, terdapat banyak waduk yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata yang menggiurkan karena lingkungan dan pemandangannya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi waduk Selorejo ini. Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga anda akan merasakan sejuknya udara disekitarnya. Pemandangan Waduk Selorejo juga indah karena dikelilingi oleh pegunungan seperti Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kawi. Berdiri di pinggir waduk dan menikmati panorama waduk serta pemandangan pegunungan yang diselimuti awan sebagai latar belakang menjadi suguhan tersendiri bagi pengunjung objek wisata Selorejo.

Pemandangan alam yang bisa Anda lihat di tempat ini sangat menarik, karena selain waduk, Anda juga bisa melihat keindahan alam yang mungkin tidak dimiliki waduk lain. Kegiatan seru seperti menjelajahi waduk dengan perahu yang bisa disewa dengan harga murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menyelenggarakan rapat, acara perusahaan, dan lainnya. Ada juga outbond yang bisa Anda gunakan.

Waduk Selorejo seharusnya menampung Sungai Konto, anak sungai Brantas, dan Sungai Kwayangan untuk mencegah banjir. Selain fungsi di atas, Selorejo juga berfungsi untuk Pariwisata, Budidaya Perairan, Irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pembangunan waduk dimulai pada tahun 1963, pembangunannya baru selesai pada tahun 1970 dan langsung diresmikan pada tanggal 22 Desember 1970 oleh Presiden Soeharto. Waduk Selorejo kini dikelola oleh Perum Jasa Tirta. salah satu BUMN yang berkedudukan di Malang. Jadi, tunggu apa lagi? Anda yang menginginkan sesuatu yang baru bisa datang ke Waduk Selorejo di Malang bersama keluarga.

Fasilitas di Waduk Selorejo

Karena sudah dikelola dengan baik sebagai waduk dan objek wisata, Waduk Selorejo sudah memiliki fasilitas pendukung yang bisa Anda gunakan seperti:

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut sudah ada di waduk Selorejo. Jadi jika Anda perlu ke toilet tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa bilik toilet umum yang bisa Anda gunakan.

– Area parkir

Datanglah ke Waduk Selorejo. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Bagi anda yang membawa sepeda motor atau mobil sendiri, sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas yang mampu menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya sendiri juga murah.

– Sewa perahu wisata

Anda bisa menikmati air waduk sambil menyusuri waduk dengan menyewa perahu wisata di sana. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menikmati pemandangan sekitar sambil bersantai di atas kapal.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda tidak membawa bekal makanan atau minuman dari rumah, Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Sudah ada beberapa warung atau kantin yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Ada beberapa paviliun di sana yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai. Duduk-duduk sambil menikmati pemandangan pegunungan di kejauhan sambil menikmati bekal yang dibawa pasti bisa menjadi kegiatan yang asik dan santai.

Berburu foto di Waduk Selorejo

Berkunjung ke destinasi wisata manapun memang rasanya gagal jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang dialami saat berlibur. Di Waduk Selorejo, Anda bisa memanjakan hasrat fotografi, karena banyak spot menarik yang bisa Anda manfaatkan, seperti menyusuri waduk dengan perahu. Di sana Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang waduk dan pemandangan alam yang indah. Selain itu, kamu juga bisa meminta temanmu untuk mengambil fotomu saat melakukan kegiatan outbond yang seru. Selain itu, di waduk Selorejo Anda memiliki pemandangan pegunungan yang indah dari jauh dan merupakan target bidikan kamera yang sangat bagus.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Puncak Gunung Lawu dengan Suasana Mistis

Akses jalan menuju waduk Selorejo

Ada dua cara menuju Waduk Selorejo: dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

kendaraan pribadi

Perjalanan yang dapat dilakukan dari Kota Kabupaten Malang adalah jalur Malang – Batu – Kabupaten Selorejo (sekitar 60 km) dan dari Kota Surabaya dapat ditempuh dengan jalur Surabaya – Krian – Mojo Agung – Ngoro – Ngantang – Pujon – naik Selorejo.

transportasi umum

Jika Anda naik bus jurusan Kediri – Malang atau Jombang – Malang dan sebaliknya, Anda pasti bisa melewati pinggiran bendungan ini.

Biaya masuk ke Waduk Selorejo

  • Biaya masuk: Rp 7.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000
  • Biaya naik perahu: Rp 10.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional waduk Selorejo

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke waduk Selorejo

Jadikan liburan Anda dan keluarga di waduk Selorejo semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Selorejo adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Waduk Selorejo bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Waduk Selorejo.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima selama berlibur di Waduk Selorejo.

Galeri foto Waduk Selorejo

Selamat datang di Waduk Selorejo
Waduk Selorejo
Fasilitas spot foto
Pesona bukit dekat waduk
Berkemah di tepi waduk
Matahari terbenam di Waduk Selorejo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button