Berita Wisata

Wagub NTB ingatkan warga jaga flora dan fauna kawasan Rinjani – ANTARA News Mataram

Lombok Timur, NTB (ANTARA) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengingatkan masyarakat, khususnya yang berada di kawasan Gunung Rinjani untuk menjaga panorama alam, flora dan fauna.

“Jagalah kekayaan alam Rinjani karena Gunung Rinjani merupakan mata air bagi masyarakat Pulau Lombok khususnya. Jangan menebang pohon sembarangan yang akan merusak mata air tersebut,” ujarnya di hadapan warga Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur , Kamis.

Selain itu, ia juga mengimbau perlunya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di Kawasan Cagar Alam Nasional Gunung Rinjani. “Ini cara sederhana untuk melestarikan alam,” katanya.

Dikatakannya, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memiliki daya tarik wisata dengan pesona alamnya, mulai dari flora, fauna hingga pemandangan alam yang dijamin memanjakan mata.

“Karena daya tarik Gunung Rinjani, kami mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di kawasan Gunung Rinjani untuk terus menjaga kelestarian alam dengan tidak sembarangan menebang pohon yang akan merusak kelestarian alam Rinjani”, ujar Wakil Gubernur NTB.

Menurutnya, persoalan Gunung Rinjani dan kelestarian alamnya harus menjadi perhatian semua pihak. Karena menurut Wagub NTB, Rinjani telah ditetapkan sebagai kawasan geopark karena Rinjani merupakan kawasan konservasi, pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Mandalika Masuk Kawasan Rinjani Global Geopark
Baca juga: Dunia ingin potensi geodiversitas kawasan Gunung Rinjani tetap terjaga

“Geopark Rinjani telah diakui sebagai Geopark Global sejak tahun 2018. Pada tahun yang sama juga ditetapkan sebagai kawasan inti Cagar Biosfer Lombok. Geopark Rinjani juga masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan NTB Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN),” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button