Berita Wisata

Wajah baru situs bersejarah Cartier

Di peta saga Cartier, 13 rue de la Paix, yang terletak di jantung ibu kota mode Paris, adalah tempat kelahiran couturier. merek dan juga bagian dari trio “kuil” dengan New Bond Street di London dan 5th Avenue di New York. Bangunan mistis ini telah menandai sejarah mode dan perhiasan sejak Louis Cartier bergabung dengan ayahnya, Alfred, untuk menciptakan citra Cartier tentang Paris abad ke-20.


Terletak di hotspot untuk masyarakat kelas atas, fasad kerajaan dalam marmer hitam ini masih mempertahankan identitas gaya yang khas hingga saat ini. Apalagi kehadiran sosok legendaris Jeanne Toussaint di tahun 1920-an menandai sejarah kreativitas Cartier dengan kesan yang luar biasa. Jadi tidak asing lagi, jika Rumah sering muncul sebagai sumber inspirasi bagi para seniman sekaligus sebagai backdrop megah bagi film-film terkenal dunia.

Pada akhir tahun 2022, Cartier akhirnya memperkenalkan pemandangan yang lebih tinggi untuk butik 13 Rue de la Paix dengan renovasi besar-besaran dengan tiga arsitektur favorit Moinard/Bétaille, Studioparisien, dan Laura Gonzalez. Ketiga tim mengusulkan transformasi yang harmonis dari enam tingkat bangunan dengan menangkap gaya dekoratif Cartier dalam suasana yang kontemporer dan tak lekang oleh waktu. Setiap elemen juga mempertahankan elemen penting yang mencerminkan identitas dan warisan sambil dirancang dengan kriteria standar bangunan ramah lingkungan BREEAM.



Tiga lantai pertama merupakan usulan dari Moinard/Bétaille yang telah mengelola butik Cartier selama lebih dari dua puluh tahun, yaitu untuk membangun kembali interior kamar dalam suasana modern dan menggunakan daya pikat cahaya alami untuk memperbesar bentuk interior. ruang untuk tamu sambil memberikan pengalaman menarik dari karya seni Cartier. Temui aula jam berpanel dan kreasi antik yaitu menjadi harta karun sejarah Cartier yang dihiasi pagar akademik penyair Jean Cocteau atau koleksi buku dan arsip langka perpustakaan Salon Louis Cartier.

Di lantai tiga dan empat, Studioparisien memberi penghormatan kepada arsip Cartier sambil menciptakan suasana khusus untuk penyajian koleksi. perhiasan bagus. Ada juga arsitektur yang fungsional dan presisi untuk memberikan kondisi kerja yang optimal bagi 18 pengrajin yang bekerja di sana.


Tingkat atas hingga atas diperhatikan oleh Laura Gonzalez yang menyimpan arsip dengan adanya taman musim dingin dan salon khusus Cartier. Arsitek mengeksplorasi berbagai motif bunga dan kosmik, warna eksentrik, tekstur material mewah, karya ahli mosaik Pierre Mesguich, hingga furnitur yang dibuat khusus untuk Rumah. Semuanya mampu menafsirkan ulang citra Cartier sepenuhnya.

Foto: Milik Cartier

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button