Berita Wisata

Wakil Bupati Barito Timur meresmikan objek wisata Luaw Banse di desa Jaweten

BORNEONEWS, Tamiang Layang – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh meresmikan Obyek Wisata Alam Luaw Banse di RT 03 Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur pada Senin, 5 November 2022.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat mendukung pergerakan perekonomian Indonesia, termasuk Kabupaten Barito Timur.

“Industri pariwisata merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi saat ini, mengingat industri pariwisata memiliki komponen yang memberikan multiplier effect yang mendukung penyelesaian beberapa permasalahan ekonomi,” ujarnya.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Barito Timur terus berupaya untuk mengembangkan objek-objek wisata yang ada di daerahnya antara lain wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan lain-lain, sebagaimana dirumuskan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur yaitu membangun dan meningkatkan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Sementara itu, pemilik obyek wisata alam Luaw Banse, Amonius menjelaskan, obyek wisata yang terletak di lahan seluas 7 hektar ini memanfaatkan keindahan alam yang masih asli dengan hutan, rawa dan udara segar yang dapat dinikmati masyarakat.

Hutan dan rawa, lanjutnya, awalnya tidak memiliki potensi ekonomi. “Kami kemudian terinspirasi untuk membuat objek wisata alam sebagai tempat rekreasi masyarakat Barito Timur yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Tuyum ini, fasilitas yang ada di Luaw Banse adalah 3 buah kolam pemancingan, jalan setapak ulin sepanjang 1.500 meter untuk mengelilingi rawa dan hutan, patung hewan, panggung hiburan, villa, pendopo, alat musik pendukung. orang yang ingin mengadakan acara di taman serta tempat penjualan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button