Berita Wisata

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau UMKM di sepanjang pantai Jokowi-Iriana

Kaimana (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau gerai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di food court Pantai Jokowi-Iriana, Jalan Trikora, Kota Kaimana, Papua Barat.

Kios-kios di food court tersebut menjual berbagai masakan khas Kaimana, Manado, hingga “masakan Cina”.

“Saya jual ‘Chinese food’ dan ‘Papua food’. Ada kembang pisang, talas, nasi goreng, mie gorong,” kata Dewi, pemilik Dapoer Amoeria di Kaimana, Rabu.

“Pisang jantung apa?” tanya Wakil Presiden.

“Tumis dengan bawang merah, bawang putih dan merica, kemudian jantung pisang dipotong tipis-tipis dicampur dengan bunga pepaya khas Kaimana. Ini juga disebut talas PNG, jadi talasnya dikerok, lalu ditambah santan rebus, namanya itu talas PNG talas karena talasnya banyak banget,” kata Dewi menjelaskan menunya kepada wapres.

Baca juga: Bupati Kaimana minta dukungan Wakil Presiden untuk kembangkan pariwisata

“Buka jam berapa?” tanya Wakil Presiden.

“Buka jam 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB. Alhamdulillah lumayan, kita juga ada ‘online’ sebagai perkenalan,” tambah Dewi.

“Ya, semoga bisa berlanjut,” kata Wapres.

Selain mampir ke berbagai warung makan, VP juga melakukan vlog (video blogging) dengan pemilik warung bernama Dapoer DWP bernama Sonya dan pemilik Warung Wagit’nu Geida Sirfefa.

“Bagaimana dengan wakil presiden tentang kota ini?” tanya Sonya yang merekam adegannya bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Geida di pantai Jokowi-Iriana.
Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Bupati Kaimana Freddy Thie menggelar “vlog” bersama pengusaha UMKM di Pantai Iriana Jokowi, Kota Kaimana, Papua Barat, Kamis (12/1/2022) (ANTARA/BPMI Setwapres)

“Kota ini indah. Sudah ada lagu yang terkenal. Ngomong-ngomong, saya datang saat senja, jadi seperti lagu ini, Senja di Kaimana,” ujar VP.

Waprs juga mengatakan masyarakat Kaimana sangat ramah.

Baca Juga: Pesan Natal Wakil Presiden Ma’ruf Amin imbau warga Biak jaga toleransi

“Dan ramah. Sepanjang jalan, saya mendapat sambutan yang luar biasa dan juga melihat orang-orang sangat kreatif. Saya melihat ada pengusaha UMKM, mereka berjualan di pantai ini, Jokowi -Pantai Iriana. Kami berharap ini terus berkembang lagi. ,” tambah VP.

“Dan ibu Geida?” kata Sonya.

“Kami di Kabupaten Kaimana memiliki beberapa majelis taklim yang berada di beberapa kecamatan dan desa. Kami mohon perhatian wapres,” kata Geida.

Wakil Presiden Ma’ruf juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu komunitas yaitu majelis taklim selain mengaji juga dapat mengembangkan usaha ekonomi.

“Saya mohon kepada pemerintah daerah khususnya dinas koperasi untuk memberikan pendampingan, pembinaan dan kurasi agar terus berkembang agar masyarakat kita juga bisa berkreasi karena banyak potensi ekonomi disekitar saya lihat disini ada ikan, lalu pala, maka mungkin dengan berbagai potensi bisa dikembangkan,” kata Ma’ruf.

Apalagi sebagai komunitas yang beranggotakan perempuan, kata Wapres, majelis taklim tidak bisa ketinggalan.

“Biasanya ibu-ibu memanfaatkan anggota tubuhnya untuk menjadi pengusaha perempuan, perempuan juga tidak boleh ketinggalan bersaing dengan laki-laki, perempuan kita harus menjadi perempuan yang kreatif,” ujar Wapres.

Reporter: Desca Lidya Natalia
Editor: Adi Blueardi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button