Berita Wisata

Wali Kota Ternate mengimbau pelestarian kawasan Geopark Tubo, jangan sampai perambahan

Ternate, Maluku (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga dan merawat kelestarian kawasan tujuan Geopark Tubo, khususnya kebersihannya.

“Pemerintah Kota Ternate terus menjaga kelestarian Geowisata Batu Angus dan kami mempromosikan situs Geopark ini sebagai Warisan Dunia dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan wisata Geopark Tubo sebagai salah satu destinasi wisata yang perlu diwaspadai. dipelihara dan dibina,” ujarnya di Ternate, Maluku Utara, Jumat.

Selain itu, kata walikota, pihaknya juga telah mengimbau lurah dan camat untuk memastikan perambahan permukiman tidak mengancam keindahan dan kelestarian geopark sebagai salah satu potensi wisata utama Kota Ternate.

Baca juga: Mendorong Batu Angus di Kaki Gunung Gamalama Jadi Menara Geopark Ternate

Menurutnya, Pemkot Ternate akan memasang kamera CCTV di kawasan geopark, agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan, karena merupakan kawasan wisata yang harus dilestarikan. .

Pemerintah Kota Ternate saat ini sedang menjaga kawasan Geopark Batu Angus Kulaba dan Tubo yang memenuhi syarat untuk menjadi destinasi Geopark Nasional karena terdapat fenomena alam berupa letusan gunung api purba yang berumur lebih dari 200 tahun dan selalu terjaga.

Fenomena alam serupa tidak ditemukan di gunung berapi lain di Indonesia.

Selain itu, Pemerintah Kota Ternate telah mengembangkan kawasan Geopark Batu Angus sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Ternate yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Oleh karena itu, jika pengembangan kawasan Geopark Batu Angus membuahkan hasil, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi sektor pariwisata di wilayah tempat lahirnya pahlawan nasional Sultan Baabullah itu.

Baca Juga: Pemkab Halmahera Barat Kembangkan Potensi Wisata Geopark Di Tobaru, Itu Uniknya

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate telah meminta aparatur di tingkat desa dan kecamatan untuk secara intensif membantu melakukan pemantauan, menyusul banyaknya sampah yang berserakan di kawasan Geopark Tubo.

Saat dihubungi, Kepala DLH Ternate Tony Pontoh mengatakan pihaknya menurunkan staf bersama aparat pemerintah di tingkat kecamatan dan kecamatan untuk membersihkan kawasan Geopark Tubo dan sekitarnya.

Menurutnya, DLH meminta warga untuk tidak membuang sampah di tempat kosong seperti kawasan Geopark Tubo karena sering dijadikan tempat pembuangan sampah dan terlihat kumuh dan kumuh.

Baca Juga: Menparekraf Kunjungi Geopark Batu Angus Ternate, Ini Strategi Sandiaga Uno Bantu Promosikan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button