Berita Wisata

Walikota Abdullah Abu Bakar meresmikan objek wisata Desa Sumber Soyo Sejuk di kota Kediri

TRIBUNMATARAMAN.COM – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar meresmikan Desa Wisata Keren Sumber Soyo di Desa Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri pada Sabtu (31/12/2022).

Peresmian Sumber Soyo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Kediri.

Diharapkan setelah peresmian Sumber Soyo, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pihak manajemen.

Salah satunya menyangkut kebersihan sumbernya. Karena daya tarik Sumber Soyo adalah keindahan dan orisinalitasnya. Jika kebersihan Sumber Soyo tidak terjaga, maka tidak akan ada pengunjung.

“Kalau tidak bersih dan banyak sampah plastik, masyarakat akan enggan datang. Sumber ini perlu dijaga agar ekosistem tetap berjalan,” harapnya.

Selain kebersihan, Sumber Soyo juga perlu ditata dan dikelola dengan baik karena memiliki potensi wisata yang besar bagi masyarakat.

Pasti ada beberapa kegiatan yang ditawarkan kepada masyarakat untuk membuat Sumber Soyo semakin ramai. “Masih perlu ditata. Tempat parkir, tempat makan ikan, berenang dan menyelam perlu ditambah, kemudian foto bawah air,” katanya.

Ketua Pokdarwis Desa Bawang Nugroho menambahkan, pembangunan Sumber Soyo akan menggunakan anggaran Prodamas pada 2022.

Keberadaan Prodamas di Desa Bawang sangat bermanfaat salah satunya untuk memperindah Sumber Soyo yang memiliki luas 4.570 meter persegi.

“Dulu mata air ini seperti alam liar yang terkadang membuat orang mabuk. Kemudian kami membersihkannya karena kami melihat potensi yang baik dari Sumber Soyo. Nantinya, sumber ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” harapnya.

Nugroho menjelaskan Sumber Soyo akan menyediakan tempat kuliner dengan melibatkan UMKM di Desa Bawang. Selain itu, beberapa wahana akan ditambahkan seperti flying fox.

“Kami akan terus membahas bagaimana Sumber Soyo berkembang. Prodamas telah berhasil menyelesaikan permasalahan yang ada,” jelasnya.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button