Berita Wisata

Warga Gotong Royong membersihkan sampah di Pantai Masalima, Sumenep

Sumenep

Warga Desa Pesisir Masalima, Kecamatan Masalembu, Sumenep, bergotong royong membersihkan sampah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan setelah adanya tumpukan sampah di Pantai Dermaga Masalima, setelah kondisi cuaca ekstrim.

Memang, aktivitas berperahu terganggu dan membuat warga tidak nyaman. Selain itu, tumpukan sampah memenuhi bibir pantai dermaga setempat.

“Saat cuaca ekstrem Desember lalu, seperti laut membuang sampah di sepanjang pantai. Sampah menumpuk di sepanjang dermaga,” kata Kepala Desa Masalima, Darussalam, Jumat (30/1/2023). .

Kegiatan ini merupakan upaya desa menjaga kebersihan lingkungan. Terutama kebersihan pantai sebagai upaya menjaga ekosistem yang menjadi sumber penghidupan masyarakat pulau.

“Dengan semangat gotong royong, kami melaksanakan kegiatan pembersihan sampah ini, komitmen kami untuk bersama-sama menjaga lingkungan yang sehat,” jelasnya.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan Pemdes Masalima, Masalembu ini melibatkan sejumlah pihak. Seperti Babinsa Koramil, Dishub Sumenep dan Warga. Ini harus bisa menyadarkan masyarakat, agar tidak membuang sampahnya ke laut.

Desa Babinsa Masalima Serka Yohanes Gapo mengatakan kerja bakti merupakan tradisi masyarakat bergotong royong merawat lingkungan. Untuk itu, pihaknya sangat antusias menyambut inisiatif Masalima Pemdes.

“Kita harus jaga kebersihan desa sebagai tradisi gotong royong. Kita dukung upaya pemerintah desa dan masyarakat untuk menghormati keluhuran budi pelihara pesisir dan ekosistemnya,” kata Sersan Yohanes Gapo.

Simak video “Sulap Sampah di Yogyakarta Menjadi Wayang Uwuh”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button