Berita Wisata

Warga Kungkai Seluma mengeluhkan jalan yang rusak dan ruang yang masih asli

Festival Pesona Pantai Cemoru Sewu 2023, Desa Kungkai Baru, Seluma, Foto: Dok

Berita Interaktif – Hampir puluhan tahun jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Sukasari hingga Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma belum juga diperbaiki.

Padahal Desa Kungkai Baru merupakan salah satu desa yang memiliki potensi budaya dan wisata yang memukau di Pantai Cemoru Sewu. Desa ini sering disebut sebagai miniatur Bali Indonesia di Seluma.

Alfath, salah satu warga Desa Kungkai Baru mengatakan, pesona desanya mirip dengan Bali di Indonesia karena selain pantainya yang bersih, desanya juga kaya akan keragaman budaya. Di desa Kungkai juga terdapat beberapa suku Serawai, dari suku Jawa hingga Bali yang hingga saat ini selalu menjalani kehidupan sosial yang damai dan tenteram.

Toleransi warga setempat sangat tinggi, terutama saat hari raya keagamaan. Masyarakat Bali selalu merayakan “Ngaben” yang merupakan budaya lokal Bali yang biasanya dibawakan oleh suku lain.

“Keanekaragaman budaya yang membuat Kungkai sering disebut sebagai miniatur Bali Indonesia dan juga pesona pantai yang bersih dikelilingi pohon pinus dan bakau sehingga suasananya selalu nyentrik dan asri,” ujar Alfath.

Namun sangat disayangkan akses menuju desa Kungkai masih belum memungkinkan karena kondisi jaring yang masih rusak dan banyak berlubang.

Tak hanya jalan, kata Alfath, jaringan komunikasi, terutama sinyal, juga kerap mengalami kekosongan. Bahkan untuk berkomunikasi lewat Wa atau ponsel pun masih sulit mendapatkan jaringan.

Ia berharap kedatangan Bupati Seluma Erwin Octavian pada acara Pesona Cemoru Sewu dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Terutama ketika datang ke jalan dan jaringan komunikasi.

“Semoga kehadiran Bupati Seluma Erwin Octavian pada acara Pesona Cemoru Sewu dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat di sini, terutama jalan dan jaringan sinyal komunikasi yang sering sepi,” kata Alfath.

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button