Tempat Wisata

WARUNG KOPI KLOTOK Jogja: Menu Harga & Review

Harus diakui bahwa masakan rumahan atau makanan khas desa memiliki cita rasa tersendiri yang dirindukan masyarakat. Meski banyak makanan baru yang tampil modern, cita rasa masakan rumahan yang khas masih bisa ditemukan di sejumlah restoran, seperti Warung Kopi Klotok Jogja.

Warung Kopi Klotok adalah tempat makan di bawah Gunung Merapi. Jaraknya hanya beberapa kilometer. Warung Kopi Klotok menawarkan berbagai hidangan khas rumahan atau desa untuk dinikmati pelanggan.

Daya Tarik Kafe Oleh Jogja Klotok

Daya Tarik Kafe Oleh Jogja KlotokDaya tarik kafe jogja klotok gambar by @makandisemarang

Sebagai salah satu warung makan terkenal di Yogyakarta, Warung Kopi Klotok tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Berikut atraksi-atraksi yang dirangkum oleh Suwatu:

1. Desain bangunan yang unik

Salah satu hal yang menarik dari Warung Kopi Klotok adalah bangunannya. Bangunan Warung Kopi Klotok merupakan bangunan joglo dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu halaman belakang, teras depan dan rumah. Tentu saja, semua bagian tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

Di bagian depan, Anda bisa langsung melihat tikar yang disediakan untuk pengunjung menikmati hidangan di lantai dan melihat pemandangan sawah. Kemudian sebagian rumah sengaja didesain dengan ornamen-ornamen yang memiliki nilai tinggi.

Begitu memasuki halaman belakang, pengunjung langsung disambut oleh meja dan kursi kayu khas. Dari kursi ini, pengunjung dapat menikmati hidangan dan melihat semua pemandangan yang ada di area tersebut.

2. Menyajikan menu spesial

Warung Kopi Klotok memang menjadi pilihan yang tepat jika ingin menikmati sajian kuliner khas Jogja. Pasalnya Warung Kopi Klotok tidak hanya menyajikan sejumlah minuman kopi, tapi juga hidangan yang nikmat.

Hidangan utama Klotok Coffee Shop adalah Sego Megono. Menu ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan sayur rebus dan kuah santan. Jika Anda memiliki masalah selera, Anda tidak perlu ragu lagi.

Semua masakan di Warung Kopi Klotok masih mempertahankan cita rasa asli masakan Jawa. Menu lainnya adalah Sego Don’t atau Nasi Sayur. Berbagai jenis sayuran seperti lodeh tempe, lodeh kluwih dan lainnya ditawarkan sebagai pelengkap.

Untuk lebih menambah kenikmatan sajiannya, berbagai lauk pauk seperti telur orak-arik, sambal dadak, garit tempe, dan lain-lain juga ditawarkan. Juga bumbu yang digunakan di Warung Kopi Klotok memiliki cita rasa khas Jogja, manis dan gurih.

3. Lokasi tidak jauh dari tempat wisata

Setelah kenyang di Warung Kopi Klotok, tak perlu bingung memilih tujuan wisata. Ada beberapa destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi di sekitar Kedai Kopi Klotok.

Setelah Kedai Kopi Klotok, Anda bisa mengunjungi Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu dan Tlogo Putri.

4. Memiliki perpaduan kopi dan gorengan yang sangat khas

Bagi pecinta kopi, Warung Kopi Klotok memang menjadi tempat yang recommended dan wajib dikunjungi. Sajian kopi spesial yang disajikan kedai ini adalah kopi Klotok yang memiliki rasa pahit dan asam.

Nama kopi tersebut berasal dari proses pembuatan kopi dengan cara diseduh dengan air mendidih di dalam teko dan akan terdengar suara Klotok. Namun, jika Anda tidak menyukai kopi, Warung Kopi Klotok juga menawarkan berbagai donat andalannya.

Salah satu gorengan andalan di Warung Kopi Klotok adalah pisang goreng dengan rasa yang nikmat. Pisang goreng menjadi makanan favorit di sini, juga karena peminatnya banyak, pelanggan hanya bisa memesan 2 porsi.

5. Memiliki harga yang terjangkau

Anda tidak perlu khawatir dengan harga mahal untuk menyantap semua hidangan yang ditawarkan Warung Kopi Klotok. Pasalnya, seluruh menu di Warung Kopi Klotok ditawarkan dengan harga terjangkau.

Misalnya, Anda hanya perlu membayar Rp 11.000 untuk nasi dan sayur. Tentunya mengingat lokasi dengan pemandangan yang indah, harga ini sangat terjangkau.

Harga menu Kedai Kopi Klotok Jogja

Harga menu Kedai Kopi Klotok JogjaHarga menu Warung Kopi Klotok, image by @wisataistimewa

Jika Anda datang ke Warung Kopi Klotok untuk menikmati makanan rumahan, berikut beberapa menu yang bisa dipilih:

makanan Harga
Nasi Putih (Tidak Terbatas) Rp3.500
Lodeh Tempe Lombok Ijo Rp6.500
Lode Kluwih
Terong lodeh
Sayur asem
Sambal Dadak Rp 6500
Sego Megano Rp6.500
hiasan Harga
Bacem tahu Rp3.500
Tempe garit Rp 2.000
Telur Renyah Rp6.500
Ayam goreng Rp 7.500
Pintang goreng Rp 2.500
makanan ringan Harga
Jadah Goreng (Penuh 3) 6.500
Pisang Goreng (isi 2) 6.500
minum Harga
teh segar Rp 1.000
Panas yang manis Rp3.000
Es teh manis Rp4.000
Jeruk Panas/Es Jeruk Rp4.900
Wedang Jahe Gepuk Rp6.500
Teh Batu Gulo Tubruk / Jawa Rp6.500
Kopi klotok Rp5.000
Paket makanan puas Harga
Lodeh Tempe Lombok Ijo Rp 11.500
Lode Kluwih
Terong lodeh
Sambal Dadak
nasi putih
Sego Megano

Jam buka Kedai Kopi Klotok

Jam buka Kedai Kopi KlotokJam buka Kedai Kopi Klotok, gambar oleh @makandisemarang

Jika Anda tertarik mengunjungi Kedai Kopi Klotok, Kedai Kopi Klotok ini buka dari hari Senin hingga Minggu. Buka dari jam 6 pagi, disini kamu bisa langsung sarapan.

Baca juga: Kopi Pasir Jogja

Fasilitas Klotok Jogja Cafe

Fasilitas Klotok Jogja CafeFasilitas di Jogja Klotok cafe, picture by @makandisemarang

Kalaupun ada nama tokonya, jangan salah paham. Ternyata Warung Kopi Klotok memiliki fasilitas yang lengkap diantaranya sebagai berikut :

1. Ruang Makan Semi Outdoor dan Outdoor

Warung Kopi Klotok menawarkan 2 pilihan kamar, semi alfresco dan alfresco. Saat masih pagi biasanya banyak diambil resto outdoor sebagai pilihan karena pemandangannya yang indah dan matahari yang masih memberikan keteduhan.

2. Tempat parkir yang luas

Warung Kopi Klotok kerap menjadi rujukan tujuan wisata, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Oleh karena itu, Warung Kopi Klotok memiliki tempat parkir yang sangat luas dan cukup untuk sepeda motor, mobil, dan bus berukuran sedang.

3. Masjid

Tak perlu khawatir, mampirlah ke Warung Kopi Klotok saat waktu sholat tiba karena Warung Kopi Klotok juga menyediakan mushola sebagai tempat ibadah. Mushola di Warung Kopi Klotok juga memiliki sejumlah alat ibadah yang sesuai.

4. Toilet

Layaknya warung makan pada umumnya, Warung Kopi Klotok memiliki fasilitas toilet. Sekali lagi, toiletnya cukup bersih.

5. Beragam spot foto

Tentunya dengan lokasi yang berada di bawah Gunung Merapi, Anda sudah bisa membayangkan betapa indahnya Warung Kopi Klotok. Kedai Kopi Klotok memiliki sejumlah spot foto yang menarik.

Baca juga: Kopi Ibaia Jogja

Lokasi Warung Kopi Klotok Jogja

Lokasi Warung Kopi Klotok JogjaLokasi kafe Jogja Klotok, gambar oleh @wisataistimewa

Dengan segala pesona yang dimilikinya, apakah Anda semakin tertarik mengunjungi Warung Kopi Klotok? Alamat Kopi Klotok Jogja Jalan Kaliurang KM 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Kaliurang Km 16. Sedangkan jika Anda berasal dari UGM, Anda bisa mengarahkannya ke Jalan Kaliurang. Begitu sampai di Jalan Kaliurang, lanjutkan perjalanan menuju Km 16.

Sesampainya di kilometer 16 lihatlah posisi di sisi kanan jalan. Warung Kopi Klotok ada di kanan jalan dan di ujung gang. Tak perlu khawatir, karena sudah ada plang penunjuk jalan di sana.

Jika Anda berkunjung ke Jogja dan rindu masakan rumahan, Warung Kopi Klotok Jogja bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Anda bisa datang ke stand ini pada pagi hari sehingga tidak perlu antre panjang.

  • KOPI KLOTOK MENOREH Jogja: harga menu, fitur & review
  • Lokasi & Harga Menu Warung Watoe Gadjah Jogja
  • Harga Menu Warung Cucimulut Jogja, Daya Tarik & Lokasi
  • SATE RATU Jogja: review, harga menu, dan jam buka
  • Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo Menu Harga, Atraksi, Fasilitas &…
  • Suwatu by Mil & Bay Review Menu Harga, atraksi, fasilitas dan lokasi
  • Ripah Coffee Yogyakarta Review Menu Harga, Atraksi, Fasilitas &…

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button