Berita Wisata

Waspada Gunung Ijen, waktu tempuh terbatas – pendakian kembali jam 4 pagi

Banyuwangi

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur tetap membuka pendakian Kawah Ijen TWA meski status aktivitas gunung tersebut berubah dari Normal (Level 1) menjadi Waspada (Level 2). Baru-baru ini, pengelola membatasi waktu kunjungan wisatawan.

Aturan ini tertuang dalam surat edaran nomor SE.54/K.2/BIDTEK.1/KSA/1/2023 tentang pembatasan waktu kunjungan selama peningkatan aktivitas gunung berapi di Kawasan Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

“Betul (surat edaran pembatasan waktu kunjungan),” kata Purwantono, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Banyuwangi Wilayah V. Jawa TimurSabtu (7/1/2023).

Pembatasan kunjungan wisatawan dilakukan dengan menunda waktu eskalasi yang semula bisa dimulai pukul 02.00 WIB menjadi 04.00 WIB.

“Pendakian kami mulai jam 4 pagi,” katanya.

Tak hanya membatasi waktu berkunjung, Purwantono mengatakan pengunjung juga dilarang turun di sekitar kawah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengumuman pembatasan waktu kunjungan ke kawah IjenPengumuman pembatasan waktu kunjungan ke kawah Ijen Foto: Istimewa/dok. TWA Kawah Ijen

“Pengunjung wisata juga wajib memakai masker,” tambahnya.

Menurut Purwantono, waktu kunjungan dan larangan turun ke kawah akan berlaku mulai Minggu (01/08/2023) pagi hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Mulai besok (Minggu) selama pendakian biasanya wisatawan akan melihat cahaya biru dan putus asa untuk turun. Makanya kami membatasi waktu kunjungan dengan menunda pembukaan pendakian,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, status Gunung Ijen berubah dari normal (level I) menjadi awas (level II). Peningkatan status itu ditunjukkan dalam surat yang dikeluarkan PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM nomor 1.Lap/GL.03/BGL./2023.

Kenaikan status Gunung Ijen sejak Sabtu (7/1/2023) pukul 14.00 WIB, ini tercapai menyusul peningkatan aktivitas vulkanik yang terjadi pada Januari 2023.

Salah satu indikator yang mempengaruhi kenaikan keadaan Gunung Ijen adalah kenaikan suhu air danau kawah dari 16 derajat Celcius pada Desember 2022 menjadi 45,6 derajat Celcius pada awal Januari 2023. Kenaikan suhu kawah juga mengalami perubahan. warna dari hijau tua ke hijau pucat ke keputihan.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Tonton video “Jelajahi Gunung Ijen, Situbondo”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button