Tempat Wisata

Watu Amben Jogja 2022 Tiket Masuk, Restoran, Lokasi dan Atraksi

Watu Amben Jogja adalah wisata alam dimana anda bisa menikmati gemerlap lampu kota Yogyakarta di malam hari.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis
Nomor telepon:
Aktivitas: Menikmati pemandangan, foto-foto, wisata kuliner, nongkrong
Waktu terbaik: Di pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB dan sore menjelang matahari terbenam pukul 17.00 WIB
Membawa: kamera, makanan, minuman
Melarang: Jangan terlalu dekat dengan tebing
Alamat: Dlingo-Patuk, Areal Taman, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta
Fasilitas umum: Tempat parkir, gazebo, restoran, kamar mandi
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tampilkan peta

Jogja ternyata tak terhingga daya tariknya. Obyek wisata apa saja yang ditawarkan selalu menaklukan hati orang-orang yang mengunjunginya.

Banyak objek wisata baru yang mulai bermunculan. Tempat wisata yang populer di kalangan anak muda Jogja adalah Watu Amben Jogja. Tahukah Anda bahwa Gunung Kidul tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya tetapi juga pemandangan puncak bukitnya?

Sekilas tentang Watu Amben Jogja

Salah satu tempat wisata alam Jogja yang unik adalah Watu Amben Jogja. Objek wisata ini tidak hanya memiliki unsur alam tetapi juga unsur buatan manusia. Obyek wisata ini termasuk dalam kompleks pegunungan Bukit Bintang Gunung Kidul.

Dari atas bukit ini Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan pemandangan kota Jogja. Apalagi jika dinikmati pada malam hari bisa melihat kelap-kelip lampu kota jogja.

Tempat ini juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi masyarakat Jogja khususnya anak muda. Ya, karena selain pemandangan, kamu juga bisa menikmati kuliner khas Jogja yang enak.

asal

Apa arti dari kata Watu Amben? Kata ini berasal dari bahasa Jawa, kata watu artinya batu sedangkan kata amben artinya tempat tidur. Secara keseluruhan, kata-kata ini berarti hamparan batu.

Apakah Anda tahu nama panggilan ini? Hal ini dikarenakan batu tersebut berukuran sangat besar dan berbentuk seperti tempat tidur atau tempat tidur. Selain itu, struktur bebatuan di bukit ini memiliki jenis batuan vulkanik yang bertekstur keras dan berwarna hitam.

Ini mirip dengan jenis batuan yang ditemukan di Gunung Merapi Purba atau Gunung Api Nglanggeran Purba.

keunikan

Tempat wisata Watu Amben ini menghadap kota Jogja, sehingga Anda bisa mendapatkan pemandangan kota dari atas bukit ini. Selain itu, bukit ini juga memiliki pesona yang sangat eksotis:

tempat foto

Dari atas bukit ini Anda akan menemukan banyak spot foto dengan background yang indah. Di sebelah utara terlihat latar belakang Gunung Merapi, di sebelah barat terdapat pemandangan Gunung Merbabu.

Sedangkan di sebelah selatan, Anda bisa menemukan pemandangan perbukitan Gunung Kidul.

matahari terbenam

Dari atas bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang eksotik. Tempat ini berada di ketinggian sehingga Anda dapat memiliki pandangan yang luas dan menikmati matahari terbenam tanpa terhalang oleh apapun.

Baca juga: Bukit Lintang Sewu

mitos

Setiap tempat memiliki ceritanya sendiri, dan bukit ini tidak terkecuali. Selain itu, bukit ini masih asri dan hanya sedikit orang yang menyentuhnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa Bukit Watu Amben merupakan tempat peristirahatan pasukan Kerajaan Mataram. Bahkan hingga saat ini bukit tersebut sering dijadikan tempat peristirahatan oleh masyarakat sekitar bukit yang kelelahan mencari makan rumput untuk ternaknya.

alamat

Secara geografis bukit ini berada di Jl. Dlingo-Patuk, Areal Taman, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta. Datang dari Piyungan, Anda bisa menemukan objek wisata serupa seperti Bukit Bintang dan HEHA Sky View.

Biaya masuk

Harga tiket masuk tempat wisata di jogja cukup murah bahkan tempat wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis. Namun, Anda perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000,00/motor dan Rp5.000,00/mobil.

jam operasi

Hal yang baik tentang tempat wisata ini adalah Anda bisa datang kapan saja. Tempat wisata ini dapat melayani wisatawan selama 24 jam sehari.

perabot

Meski objek wisata ini tergolong baru, pengelola terus membenahi fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut antara lain:

  • area parkir
  • paviliun
  • restoran
  • kamar mandi

Untuk sembako, Anda bisa memesan sembako yang disediakan oleh pemilik warung. Banyak penjual makanan yang buka 24 jam sehari dan menawarkan beragam menu.

Harga makanan yang disediakan cukup terjangkau, hanya dengan Rp 13.000,00 sudah bisa kenyang. Dengan harga segitu sudah bisa makan sayur, kerupuk dan minum kopi.

Selain makan di warung makan yang ada di objek wisata, Anda juga bisa mampir ke warung makan yang ada di sekitar kawasan wisata. Warung makan tersebut antara lain Lesehan Cemplox, Wa 2 in 1, Angkringan Yu Karti Patuk dan masih banyak lagi.

Jadi jika ingin mencari penginapan, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak penginapan yang ada di kawasan ini. Pilihan akomodasinya adalah Bukit Indah, OYO 1159 Bukit Indah, Roemah Djogja Guest dan lain-lain.

pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini adalah daftar pertanyaan terkait objek wisata bukit:

Kesimpulan

Demikianlah laporan tentang objek wisata Watu Amben Jogja. Kota jogja memang dikenal sebagai kota yang romantis, apalagi jika dinikmati pada malam hari.

Ayo segera ke kawasan perbukitan Gunung Kidul karena banyak deretan properti wisata yang memukau. Anda bisa berfoto atau sekedar duduk menikmati pemandangan sambil berkumpul bersama teman-teman.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button