Tempat Wisata

Watu Gajah Park, taman wisata keluarga dengan alam yang hits di Semarang

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 07.30-22.00 WIB, Alamat: Dusun Watugajah, Ngobo, Wringin Putih, Kec. Bergas, Kab.Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Watu Gajah Park merupakan tempat wisata yang mengusung konsep wisata keluarga bernuansa alam. Lokasinya berada di Kabupaten Semarang tepatnya di Kecamatan Bergas, Desa Ngobo. Karena tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota, sangat mudah bagi kita untuk menemukannya.

Meskipun terdapat banyak tempat wisata di kawasan Semarang, namun tempat wisata ini memiliki pesona tersendiri yang tidak akan kita temukan di tempat lain. Selain banyak spot foto yang disediakan, bahkan ada spot foto 3D.

Berbagai jenis fasilitas dan koleksi disediakan di sana. Koleksi burung cinta, berbagai spesies kupu-kupu dan kunang-kunang yang indah. Bahkan Watu Gajah Park memiliki rekor MURI sebagai tempat wisata dengan suaka burung terbesar dengan jumlah burung terbanyak. Jadi tidak perlu diragukan lagi tempat wisata ini.

Atraksi Watu Gajah Park

Daya Tarik Watu Gajah ParkKredit foto: Nenek Google Maps Cipto Husodo

Tempat wisata kekinian bermunculan bak jamur di berbagai daerah. Tidak hanya di pusat kota, tetapi juga di pinggiran kota. Sama seperti Taman Watu Gajah di Kabupaten Semarang. Meskipun demikian, tempat wisata ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dapat kita temukan di tempat wisata lainnya.

1. Penangkaran Burung Cinta

Daya tarik pertama di tempat wisata ini adalah koleksi Love Bird yang dimilikinya. Bagaimana tidak, disini terdapat lebih dari 200 koleksi burung jenis Love Bird yang cantik untuk kita lihat. Tempat wisata ini bahkan telah mendapat rekor MURI sebagai tempat wisata dengan suaka burung terbesar dengan jumlah Love Birds terbanyak.

2. Sangkar kupu-kupu dan kunang-kunang

Tempat wisata ini tidak hanya dimiliki oleh Love Bird tetapi juga memiliki koleksi berbagai jenis kupu-kupu dan kunang-kunang di sini. Kita tidak hanya bisa menikmati keindahan kupu-kupu, tapi kita juga bisa belajar tentang proses metamorfosis kupu-kupu.

Dan saat malam tiba kita bisa melihat indahnya kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang, yang mulai jarang kita temukan.

3. Taman bunga vertikal

Di Taman Watu Gajah banyak kita jumpai taman bunga disana. Namun, ada taman bunga yang menjadi daya tarik utama di tempat wisata ini. Namanya taman bunga vertikal dimana bunga di taman ini tidak berada di taman horizontal melainkan vertikal sehingga terlihat seperti tanaman ini berdiri.

Tanaman hias di sini ditanam dalam pot kecil, kemudian ditempatkan di jaring besi dan diletakkan di tangga vertikal. Jadi seolah-olah tanaman ini membentuk dinding tanaman. Sangat cocok untuk spot foto, pengunjung bisa berdiri di pinggir tanaman karena ada tangga disana.

4. Spot foto menarik

Objek wisata yang dimiliki oleh Watu Gajah ParkKredit foto: Google Maps Daniel Rahardjo

Ada banyak spot foto menarik disini yang bisa kita manfaatkan untuk berfoto. Seperti di taman bunga vertikal, kita bisa berfoto di antara bunga-bunga indah berwarna-warni. Berfoto bersama kumpulan Love Birds, kupu-kupu cantik berwarna-warni dan kunang-kunang yang jarang kita temukan saat ini.

Untuk kunang-kunang, sebaiknya kita datang pada malam hari agar kilauan cahayanya bisa terlihat lebih indah. Selain itu, terdapat juga spot foto 3D yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Jika kita memotret di sana, dijamin foto kita akan terlihat lebih instaged.

5. Jalan-jalan bertema cinta

Daya tarik selanjutnya dari taman rekreasi ini adalah Lorong Cinta Tematik. Banyak anak muda yang tertarik untuk berfoto di sini. Jalan setapak bertema cinta itu sendiri adalah jalan setapak yang didesain sedemikian rupa dengan atap besi berbentuk hati. Jalan cinta ditumbuhi tanaman merambat yang tersebar di besi memberikan keteduhan di siang hari. Sangat instagic saat digunakan untuk spot foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Watu GajahSumber gambar: Google Maps Naida

Taman Watu Gajah terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Watugajah, Desa Ngobo, Wringin Putih. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang, kita dengan mudah menemukannya.

Berjarak 25 km dari pusat Kota Semarang, kita hanya perlu berkendara menuju Ungaran melalui Jalan Raya Semarang menuju Surakarta. Ikuti jalan utama hingga sampai di kawasan Karangjati. Belok kanan di pertigaan setelah Indomaret Karangjati 3 ke kiri. Kita tinggal mengikuti jalan utama sampai kita melihat petunjuk arah menuju lokasi objek wisata.

Kita juga bisa mengambil rute dari Mranggen, lalu ke Banyumeneng, dilanjutkan dengan Girikusumo dan terakhir Kawengen. Namun, jika Anda lewat di sini, harap berhati-hati karena tanjakannya sangat curam.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Watu GajahSumber Gambar: Google Maps Alvin Ilyas

Biaya masuk Watu Gajah Park cukup murah, tidak menguras kantong kita. Namun, harga berbeda antara hari kerja dan hari libur. Disarankan datang pada hari biasa, selain harga lebih murah, jumlah pengunjung tidak sebanyak pada hari libur.

Jika kami hanya membayar Rp 20.000 per orang pada hari biasa, kami harus membayar Rp 25.000 per orang pada hari libur.

Aktivitas menarik di Watu Gajah Park

Aktivitas di Watu Gajah ParkKredit Foto: Google Maps Ammar Shofianang

1. Ambil foto Ria

Salah satu kegiatan yang menarik di sana adalah mengabadikan setiap momen dengan kamera. Bagaimana tidak, selain pemandangannya yang indah juga banyak terdapat spot foto. Terdapat spot foto 3D, taman bunga, foto dengan koleksi love bird, kupu-kupu, kunang-kunang dan lainnya.

2. Skateboard

Selain taman rekreasi, Watu Gajah Park juga menawarkan skate park. Jadi, para pecinta game skateboard bisa merasakan bagaimana rasanya bermain skateboard di taman wisata.

3. Berenang

Tidak hanya yang bisa kita lakukan di sana, kita juga bisa berenang di kolam renang yang telah disediakan. Terdapat service pool berstandar internasional yang dapat digunakan oleh pengunjung dewasa. Ada juga kolam ganti anak kecil, yang tentunya lebih dangkal. Dilengkapi juga dengan water boom yang menambah keseruan kita saat berenang.

4. Joging

Selain tempat wisata, ada juga jogging track. Dengan demikian, pengunjung bisa berolahraga di sana sambil melihat keindahan taman wisata Watu Gajah Park. Selain untuk kesehatan, kita juga bisa memanjakan mata kita.

5. Mainkan Flying Fox dan Space Bike

Banyak permainan tersedia di sana untuk pengunjung, termasuk Flying Fox dan Space Bikes. Jadi setelah melihat-lihat koleksi dan mengambil foto, kita bisa langsung mulai bermain.

6. Memancing

Aktivitas menarik di Watu Gajah ParkKredit Foto: Google Maps Yenny Rias Studio

Watu Gajah Park juga menawarkan area memancing. Setelah lelah berjalan-jalan, kita bisa istirahat sambil memancing. Pengunjung yang hobi memancing bisa menyalurkan hobinya di sana. Di sana kita bisa menangkap banyak jenis ikan. Ikan hasil tangkapan juga bisa dibawa pulang. Ini benar-benar menyenangkan, bukan?

7. Lihat kunang-kunang

Mencari keberadaan kunang-kunang kini sudah sulit, apalagi sekarang persawahan sudah diganti dengan bangunan. Tapi jangan khawatir, kita bisa melihat keindahan kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang di tempat wisata populer ini. Jika ingin melihatnya, usahakan datang pada malam hari agar bisa melihat kerlap-kerlip cahaya.

8. Lihat burung cinta dan kupu-kupu

Selain kunang-kunang, kita juga bisa melihat berbagai jenis sejoli di sana dan juga berbagai jenis kupu-kupu. Kita dapat mengajar anak-anak tidak hanya untuk melihat, tetapi juga untuk mengajarkan berbagai spesies burung dan proses transformasi kupu-kupu. Jadi Anda bisa belajar semua sambil bermain.

9. Makan di restoran

Setelah puas berkeliling tempat wisata, melihat koleksi, berfoto dan bermain game, kita bisa istirahat sejenak sambil menyantap makanan yang disediakan disana. Banyak sekali makanan enak yang bisa memanjakan lidah kita, harganya juga ramah di kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir perut Anda keroncongan karena semua ada di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Watu Gajah ParkSumber gambar: Google Maps peepaholic world

Tentunya sebagai tempat wisata yang terkenal di Kabupaten Semarang, keberadaan fasilitas umum sangatlah penting. Di Watu Gajah Park sendiri fasilitasnya terbilang lengkap. Seperti mushola, WC umum, rumah makan, saat lapar kita tidak perlu jauh-jauh mencari tempat makan dan tempat parkir yang cukup luas sehingga bus pun bisa masuk.

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat menunjang kegiatan wisata, seperti taman, spot foto untuk berfoto, area jogging bagi pengunjung yang ingin berolahraga, skate park bagi pengunjung yang gemar bermain skateboard.

Ada juga kolam pemancingan yang didedikasikan untuk pengunjung yang ingin memancing di sana. Kolam renang, bagi pengunjung yang ingin berenang. Ada juga Flying Fox dan Space Bikes serta banyak fasilitas lainnya.

Demikian ulasan tentang Watu Gajah Park di Semarang yang wajib anda ketahui. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda bisa menikmati liburan seru bersama keluarga dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button