Tempat Wisata

Watu Langit, tempat terbaik untuk bersantai menikmati keindahan alam Kota Jogja

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 11.00 – 21.00 WIB, Alamat: Mlakon, Sambirejo, Kec. Prambanan, Cab.Sleman, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Watu Langit Jogja saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh para traveller khususnya kaum milenial. Bagaimana tidak, di tempat ini para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati hidangan yang tersedia. Selain itu pemandangan alam khas kota jogja terlihat jelas dari ketinggian situs. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang mengusung konsep restoran dan kafe dengan pemandangan alam di sekitarnya. Konsep wisata seperti ini lebih mudah ditemukan dan selalu ramai pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan dan kesejukan alam Sleman Yogyakarta, restoran dan kafe yang mengusung konsep alam bisa menjadi pilihan pertama. Ada dua bagian kafe yang cocok untuk nongkrong bareng rombongan. Yang pertama adalah kedai kopi di lantai dasar yang bergaya tradisional dan sangat sederhana. Namun, bagian ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sedangkan yang kedua adalah kafe bagian atas yang dibangun dengan konsep modern. Dibandingkan keduanya, Upper Café justru lebih ramai karena pengunjung bisa menikmati keindahan alam di sekitar tempat itu secara bersamaan. Selain itu di bagian atas kafe terdapat sesuatu yang unik, dibangun di atas batu besar dengan ukiran karakter wayang Jawa. Tepat di sebelah pahatan batu terdapat tangga untuk akses ke lokasi kafe.

Daya tarik yang dimiliki oleh Watu Langit Jogja

Tarikan Skystone JogjaKredit Foto: Aplikasi Sewa Instagram Yoyaku

Ada alasan lain mengapa banyak pengunjung datang ke Watu Langit setiap harinya. Tentunya tidak hanya menikmati hidangan yang ditawarkan disana, namun lebih dari berbagai atraksi yang ditawarkan. Selain konsep bangunannya yang unik dengan perpaduan antara tradisi dan modernitas, berikut beberapa objek wisata yang mungkin ingin segera Anda kunjungi!

1. Pemandangan Jogja yang indah

Jika Anda memilih area kafe papan atas, Anda akan melihat dengan jelas panorama indah kota Jogja dari atas. Kafe ini dibangun di atas bukit sehingga ketinggiannya sangat memungkinkan untuk melestarikan keindahan alam. Jika Anda datang pada pagi hari, pancaran sinar matahari perlahan akan menghangatkan tubuh Anda yang saat itu terasa dingin akibat cuaca di Jogja. Padahal, pesona alam menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar wisatawan.

Padahal, pemandangannya tak kalah menarik tidak hanya di pagi hari, tapi juga di sore hari. Matahari perlahan mundur, terlihat jelas dalam cuaca cerah. Cahaya hangat yang menemani saat berada di Watu Langit Jogja perlahan berubah menjadi dingin. Di malam hari, berbagai lampu hias menjadi daya tarik lain yang mampu memikat hati semua orang. Apalagi jika melihat kota Jogja, lampu jalan dan penduduk desa merupakan pemandangan unik yang jarang ditemui di tempat lain.

2. Suasana yang menyenangkan

Selain keindahan alam yang menjadi daya tarik utama, suasana tempat wisata ini juga patut diperhatikan. Letaknya yang cukup jauh dari kota membuat cuaca sejuk dan bebas polusi. Pepohonan rindang di lokasi dan saat menuju lokasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang dari kota tersebut. Tidak ada ruginya berkunjung ke Watu Langit, apalagi suasana asri dari pagi hingga sore akan romantis di malam hari.

3. Menu Sky Stone yang terjangkau

Meski mengusung konsep bangunan café modern, bukan berarti menu yang ditawarkan mahal. Sebaliknya, makanan dan minuman yang tersedia di kafe ini cukup murah. Ini menjadi daya tarik tambahan bagi banyak wisatawan. Menu minuman utama di kafe dan restoran adalah kopi. Bagi Anda yang tidak menyukai kopi, jangan khawatir, masih banyak jenis minuman lain yang bisa Anda nikmati. Beberapa di antaranya adalah Wedang Jahe, Teh, Es Krim Blender dan masih banyak lagi.

Jika kebetulan sedang lapar, ada menu makan khas Jogja dengan rasa yang nikmat yaitu nasi hangat. Tentunya masih banyak makanan lain yang bisa Anda nikmati selain yang hangat-hangat. Untuk melengkapi aktivitas santai Anda, ada juga gorengan dan makanan ringan yang biasa ditemukan di kafe. Sederhananya, Watu Langit Jogja sebenarnya bisa digambarkan sebagai sebuah kafe dengan segala kelebihannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu LangitKredit foto: Google Maps Taufik A. Yudanto

Lokasinya yang masih berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya membuat kafe dan restoran Watu Langit mudah ditemukan. Alamat lengkapnya Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan yang cukup baik. Mungkin agak sulit bagi yang belum pernah ke Jogja. Oleh karena itu, silakan ambil titik acuan utama dari pusat kota Jogja dengan jarak sekitar 22 km yang dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota Jogja, menuju ke arah Wonosari. Sesampainya di pertigaan, silahkan belok kiri yang mengarah ke Candi Prambanan. Sebelum Anda mencapai Prambanan Anda akan menemukan pertigaan lagi. Ambil jalan menuju Tebing Breksi dan Candi Ijo. Beberapa menit setelah Anda melewati Candi Ijo, ada papan nama dengan nama kafe dan restoran Watu Langit. Harap ikuti rambu-rambu sampai Anda tiba di lokasi.

Mengenai biaya masuk ke kafe yang akan Anda kunjungi, gratis dan gratis hingga saat ini. Namun, Anda tetap harus membayar biaya parkir sesuai peraturan yang berlaku. Kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan bea masuk sebesar 2.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil atau roda empat harus membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah.

Meski tiket masuknya gratis, namun menu makanan dan minuman yang ditawarkan tidak gratis. Misalnya kopi dengan susu berbumbu harganya 18.000 rupiah, kopi pisang 24.000 rupiah, dan teh manis 5.000 rupiah. Harga menunya cukup murah dan masih bisa dijangkau di tempat-tempat wisata untuk kelas makanannya.

Aktivitas menarik di Watu Langit

Tempat Wisata di Watu LangitKredit Foto: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu objek wisata tanpa harus melakukan aktivitas seru. Mungkin ada yang masih bingung apa yang harus dilakukan ketika berada di restoran dan kafe. Perlu diingat bahwa Watu Langit Jogja bukan hanya sebuah resto dan kafe yang menawarkan aneka makanan dan minuman, tetapi juga pemandangan alam yang indah yang tidak kalah dengan objek wisata alam lainnya.

1. Nikmati menu makanan dan minuman

Saat pengunjung datang ke lokasi, hampir pasti tujuannya untuk menikmati makanan yang ditawarkan. Selain kopi dan makanan berat, ada juga snack yang cocok sebagai pendamping kopi. Jajanan yang dimaksud sebagian besar digoreng dan disajikan hangat untuk mencairkan suasana dingin khas perbukitan.

Selain teh manis, minuman tradisional tentunya juga tersedia. Ada Susu Jahe Lemon, Wedang Secan, Wedang Klepon dan aneka jus buah. Lebih dari puluhan menu makanan dan minuman untuk Anda nikmati. Sekadar informasi, harap langsung melakukan pembayaran terlebih dahulu setelah memesan makanan dan minuman yang diinginkan.

2. Bersantai sambil menikmati keindahan alam Jogja

Selain kuliner yang beragam, sebagian besar pengunjung yang datang ke Watu Langit juga ingin menikmati suasana atau panorama alam perbukitan. Pemandangan kota Jogja yang menawan bisa dilihat terutama dari jauh. Ada titik dimana meja dan kursi restoran menghadap langsung ke pemandangan alam berupa persawahan dari atas, warna hijau yang indah dengan kontur khas sawah terlihat jelas.

Tentu saja Anda bisa melihat itu ketika mereka datang dari pagi hingga malam. Bagi yang datang pada malam hari, jangan kecewa karena tidak bisa menikmati panorama alam. Lampu hias di lokasi kafe juga terlihat sangat bagus. Apalagi jika melihat ke arah kota Jogja yang dari jauh terlihat lampu-lampu yang seolah berubah menjadi lilin-lilin kecil dengan cahaya redup yang mempesona.

3. Saksikan matahari terbenam

Hal menarik yang bisa dilakukan di Watu LangitKredit Foto: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati keindahan sunset. Posisi Watu Langit Jogja yang cukup tinggi memungkinkan wisatawan untuk merasakan keindahan matahari setelah selesai bertugas selama satu hari. Kalaupun tidak bisa membawanya ke titik fatamorgana seperti di pantai, keindahannya cukup memuaskan.

Gradasi warna yang dihasilkan sangat indah dan sulit digambarkan dalam kalimat. Cahaya di dekat matahari tentunya berwarna jingga terang, yang seakan menyuruh kita untuk selalu ceria. Sedangkan pantulan dari benda langit lain menghasilkan warna yang berbeda. Agar tidak ketinggalan fenomena menakjubkan ini, harap datang sebelum jam lima sore. Kali ini juga menjadi favorit wisatawan lain dengan tujuan yang sama.

4. Foto selfie

Sayang sekali jika semua keindahan di Watu Langit dibiarkan berlalu begitu saja tanpa sempat diabadikan momennya. Apalagi hampir semua titik lokasi sangat cocok sebagai spot foto ascending, dengan view utama landscape. Meski hanya ada beberapa spot khusus yang dibangun untuk kegiatan foto, namun pengunjung bebas menentukan spotnya sendiri.

Contohnya ada di sudut kafe yang berbatasan langsung dengan setting alam khas Jogja. Pengunjung bebas memilih posenya sendiri, baik duduk di kursi atau bersandar di pagar demi keamanan. Tempat yang tak kalah unik untuk karya fotografi estetik adalah penggunaan ukiran tokoh wayang sebelum menaiki tangga menuju lokasi restoran dan kafe.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Watu Langit YogyakartaKredit Foto: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Fasilitas merupakan salah satu hak yang harus dimiliki pengunjung di tempat wisata menarik ini. Oleh karena itu, manajemen Watu Langit tidak pernah mengabaikannya. Tersedia toilet yang bisa Anda gunakan secara gratis dalam kondisi yang rapi dan bersih. Tempat parkir mobil yang luas melengkapi fasilitas yang ada. Meski berada di pinggir jalan, keamanan cukup terjamin.

Selain dua fasilitas wajib tersebut, ada juga mushola yang bisa digunakan kapan saja. Ada juga permainan ringan bagi yang menginginkannya, terutama permainan kartu dan catur yang bisa dipinjam dari pemilik kios. Ketiga fasilitas ini sudah lebih dari cukup untuk dijadikan sebagai objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Dari sekian atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Langit Jogja, kemungkinan besar ada keinginan untuk segera mengunjungi tempat tersebut. Pastikan sebelumnya bahwa Anda fit dan memiliki banyak waktu luang. Sayang sekali ketika sampai di lokasi hanya dalam hitungan menit dengan segala keindahan yang ditawarkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button