Tempat Wisata

Watu Mabur Mangunan, rasakan indahnya bumi perkemahan estetik di Bantul

harga tiket: Rp 2.500, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Apa yang ingin kamu lakukan saat mengunjungi tempat wisata alam? Pada umumnya orang menikmati pemandangan dan mengambil foto. Namun, di Watu Mabur Mangunan Anda juga bisa memilih untuk tetap bergaya tradisional atau tetap bergaya glamping yang trendi. Dengan latar belakang Pegunungan Seribu, tempat ini menawarkan pengalaman menarik yang sayang untuk dilewatkan. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Mari kita lihat informasinya.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Heha Sea View, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

Daya tarik Watu Mabur Mangunan

Daya tarik Watu Mabur MangunanFoto oleh Ming Onn Kong di Google Maps

✦ Keindahan pemandangan alam Pegunungan Seribu

Terletak di puncak dan di atas tebing, pemandangan alam terlihat begitu jernih. Tak heran jika namanya juga dikenal dengan nama Tebing Watu Mabur. Nilai plusnya adalah tampilan alam dengan pemandangan mempesona di atas awan.

Wisata alam Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang lebih indah di pagi hari karena pemandangan Pegunungan Seribu yang masih tertutup awan. Sebaliknya, saat matahari terbit, Anda akan melihat hamparan sawah hijau dan aliran Sungai Oyo yang berkelok-kelok di kejauhan. Semua itu terlihat begitu jelas di puncak tebing Watu Mabur Mangunan.

✦ Pemandangan matahari terbit dan langit malam

Salah satu pesona tempat Watu Mabur yang paling indah adalah pemandangan matahari terbitnya. Pagi harinya matahari muncul di ufuk timur di balik pegunungan dan awan tebal. Inilah pemandangan yang selalu dicari para pendaki.

Di malam hari wisata alam ini memberikan nuansa alam yang masih asri dan alami. Menghilang dari hiruk pikuk kota menawarkan kesempatan bagi pendaki untuk menikmati langit berbintang dan suasana tenang di malam hari.

Cek hotel murah di Bantul

✦ Perkemahan estetika

Apakah Anda ingin tempat tidur yang nyaman di bawah bintang yang indah? Pilih saja glamping. Ingin suasana camping seperti para pendaki? Siapkan tenda dan perlengkapan untuk bermalam di area camping!

Untuk memenuhi fasilitas dan kebutuhan pendaki, Watu Mabur Mangunan juga dilengkapi dengan tempat berkemah. Perkemahan ini sering disukai karena fasilitasnya yang bagus dan lokasinya yang indah. Namun, jika Anda mencari tempat wisata yang luar biasa, Anda bisa memilih opsi glamping.

Glamping menjadi salah satu fasilitas modern utama yang sering dicari anak muda. Tempat camping sendiri dibedakan berdasarkan lokasi dan perlengkapan campingnya yang lebih mewah, nyaman dan lengkap. Bahkan kualitasnya mirip hotel yang keren dan estetik.

✦ Tempat foto keren Instagram siap pakai

Ini salah satu sajian terbaik dari Watu Mabur Jogja. Pengelola tempat wisata alam keren ini telah menyediakan beberapa spot foto modern dengan tema dan bentuk yang unik. Terdapat viewpoint yang asyik untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Seribu.

Kalau mau lebih kece, ada juga spot foto seperti kastil yang terbuat dari batu dan dahan. Beberapa panggung pengambilan foto juga memiliki bentuk yang unik, seperti bintang, benteng, bahkan sayap bidadari. Selain keren, beberapa lokasi foto ini juga terletak di atas tebing yang memacu adrenalin.

Jeep Offroad: Pantai Parangtritis dan Taman Gumuk Pasir

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Watu Mabur MangunanFoto oleh Toni Hermanto di Google Maps

Nama Watu Mabur Mangunan diambil dari lokasinya yang berada di Desa Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sendiri cukup jauh dari pusat kota namun dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam (sekitar 30-45 menit) dari pusat kota. Untungnya jalur menuju lokasi cukup baik dan bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil.

Cara terbaik untuk memasuki kawasan wisata ini adalah melalui Terminal Giwangan. Anda dapat berkendara ke Dlingo ke Hutan Pinus Mangunan dari persimpangan terminal dan ikuti petunjuk di papan informasi wisata. Selain itu, Anda juga bisa berkendara melewati Bukit Penguk Kediwung lalu mengikuti petunjuk arah menuju kawasan wisata. Semua rute ini dapat dilihat di peta online.

Biaya masuk dan jam buka

Saat ini harga tiket masuk kawasan wisata alam sejuk ini berkisar Rp 2.500. Tentunya harga tersebut hanya berlaku untuk tiket masuk saja. Biaya lain seperti parkir, sumbangan tempat atau spot foto, dan sewa berkemah ditampilkan secara terpisah.

Misalnya saja biaya sewa glamping room sekitar Rp400.000 hingga 500.000 per unit. Tiket camping dengan tenda juga dikenakan biaya antara Rp 15.000 hingga Rp 50.000 (dengan tenda) per orang.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Watu Mabur MangunanFoto oleh D10N di Google Maps

1. Berfoto di tempat khusus

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil foto di spot yang telah disediakan! Untungnya Watu Mabur Mangunan tidak memungut biaya untuk setiap spot fotonya. Anda juga bebas mengambil foto selama keamanan dan ketertiban tetap terjaga untuk menghindari kecelakaan.

Anda bisa mengambil foto saat matahari sedang bersinar dan pemandangan pegunungan, hijaunya hutan, dan persawahan terlihat jelas. Atau ambil foto di pagi hari saat awan dan kabut masih menutupi pemandangan agar serasa berada di atas awan. Anda juga bisa berfoto bersama teman perjalanan di area camping atau glamping.

2. Rasakan bermalam di atas awan di Watu Mabur Mangunan

Jika anda mampir ke Watu Mabur Jogja, luangkan waktu anda dan persiapkan untuk bermalam. Bagi Anda yang sudah siap dan senang berkemah di tenda, tempat ini sudah memiliki area khusus berkemah dengan segala fasilitasnya.

Namun jika ingin tempat menginap yang lebih nyaman, Anda juga bisa menyewa unit glamping! Anda bisa menyewanya mulai dari Rp 450.000 per unit dan menempati minimal 4 orang. Dengan begitu Anda bisa menikmati indahnya malam di Gunung Kidul, merasakan momen matahari terbit, dan serasa berkemah nyaman di atas awan.

3. Mendaki di jalur alami

Rute menuju lokasi masih kurang nyaman? Jangan salah sangka! Mendaki sepanjang jalur hutan yang penuh dengan pendakian alam dapat menarik pengunjung, terutama mereka yang menyukai pendakian gunung. Jalan ini mungkin tidak menyenangkan, namun bisa menjadi pengalaman seru untuk berpetualang di belantara Gunung Kidul.

Namun ingatlah untuk memperhatikan etiket Anda dan berhati-hati saat bepergian. Dan pastikan Anda siap secara fisik dan menggunakan kendaraan dengan performa maksimal!

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Watu Mabur MangunanFoto oleh Toni Hermanto di Google Maps

Untuk sebuah kawasan wisata alam yang sedang berkembang, Watu Mabur Mangunan bisa dikatakan terlengkap di kelasnya. Kenapa ini? Pasalnya, lokasinya cukup tinggi dan perlu berjalan kaki. Namun semua fasilitas dasar untuk istirahat dan mengisi perut tersedia bagi wisatawan.

Fasilitas dasar penunjang aktivitas seperti toilet, musala, warung, dan papan informasi mudah ditemukan. Bahkan, telah disediakan area camping khusus bagi pengunjung yang ingin berkemah dan kebutuhan terkait lainnya.

Area glamping yang sangat menarik berupa beberapa kamar bermalam berkualitas dengan konsep glamorous camping. Properti ini memungkinkan Anda menginap dengan fasilitas seperti hotel seperti kasur, tempat tidur, selimut, kipas angin, dan listrik. Seluruh fasilitas glamping Watu Mabur Mangunan tersedia untuk disewa dengan harga mulai dari Rp 450.000 per unit.

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menginap di atas awan atau bersenang-senang berkemah, tempat wisata Watu Mabur Jogja ini bisa menjadi pilihan. Kawasan ini dilengkapi dengan banyak fasilitas serta spot foto modern dan pemandangan alam yang sayang untuk dilewatkan. Jadi jangan lupa mampir kalau ke Yogyakarta.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button