Berita Wisata

Watungkal Edupark, hidden gem di Lamongan yang menawarkan wisata edukasi

lamongan

Lamongan kaya akan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui masyarakat. Salah satu hidden gem yang bisa menjadi tujuan berwisata sambil menuntut ilmu adalah Watungkal Edupark di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran. Ada apa di tempat ini?

Berlokasi di Desa Sendangagung, Paciran, Watungkal Edupark memang bisa menjadi pilihan untuk berwisata sambil belajar bersama keluarga atau teman. Akses jalan sangat mudah baik dengan sepeda motor maupun mobil pribadi dengan jarak kurang lebih 38 km dari kota Lamongan.

Di tempat ini selain bisa berwisata sambil menikmati pemandangan dari atas, juga bisa ikut pulang pergi sambil belajar membatik di tempat yang dikenal dengan batik sendang ini.

“Watungkal Edupark Sendangagung (WES) merupakan wujud desa mandiri, tempat belajar dan pelatihan, serta tempat berkumpulnya para pelaku UMKM di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) Dinas Lamongan Mohammad Zamroni dalam perbincangan dengan detikJatim, Kamis (5/1/2023).

Selain pemandangan indah dari ketinggian dan angin sepoi-sepoi dari Laut Jawa, di Watungkal kita juga bisa mendapatkan taman bermain, kolam renang dan juga berbagai produk UMKM di desa ini antara lain Batik Sendang dan Sego Muduk. Watungkal sendiri berasal dari 2 kata dalam bahasa Jawa yaitu Watu dan Ungkal (Batu dan asah) yang banyak terdapat di desa ini.

“Watungkal merupakan gabungan dari Watu dan Ungkal atau batu dan batu asahan yang artinya batu asah,” ujarnya.

Selain berwisata, di Watungkal kita juga bisa belajar sambil. Pengelola tempat wisata ini juga menawarkan outbond sebagai wahana belajar sambil bermain bagi para pengunjungnya. Jadi jika kita ingin belajar membatik, kita bisa mendapatkannya di Watungkal. Semua proses batik bisa kita dapatkan mulai dari proses awal pengolahan bahan, pewarnaan, hingga menjadi kain batik jadi.

“Jadi selain jalan-jalan, di Watungkal juga bisa belajar sambil bermain, ada outing dan juga belajar membatik yang disediakan pengelola,” jelasnya.

Watungkal juga bisa menjadi pilihan bagi pecinta burung kicau. Di tempat ini juga direncanakan sekeranjang burung atau tempat para pecinta burung berkicau untuk memperdebatkan kicauan burung. Puas menikmati taman dan bermain di luar atau membatik, pengunjung juga bisa singgah di Qilen Watungkal yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung.

“Watungkal Edupark Sendangagung merupakan wadah sekaligus wadah kegiatan edukasi masyarakat dengan memperkenalkan kearifan lokal menjadi kerajinan di desa Sendangagung kecamatan Paciran,” tambah Zamroni.

Hal senada disampaikan Kepala Disparbud Lamongan, Siti Rubikah yang juga mengunjungi tempat wisata ini bersama anggota Persatuan Wanita (DWP) Lamongan. Selain pemandangan indah dan angin sepoi-sepoi, mereka bisa belajar membatik langsung di tempat dan dengan ahlinya yaitu pengrajin batik sendang.
“Batik sendang memang memiliki ciri yang sangat berbeda dengan batik daerah lain. Goresan gambar batik sendang memiliki detail yang rumit, ciri-cirinya adalah pola burung slempang, pola kodok gapuro tanjung, pola paten, pola pathetan, ceplik bandeng. pola lele, dan sebagainya,” tambahnya.

Nah, jika Anda sedang berada di Lamongan atau Anda warga Lamongan yang ingin menikmati hidden gem Sendangagung ini, langsung saja menuju Watungkal bersama keluarga atau teman Anda. Jangan lupa untuk menikmati nasi muduk dan membawa oleh-oleh dari Batik Sendang yang terkenal itu.

Simak Video “Surga Bak Tersembunyi, Air Terjun Situmurun Menarik Wisatawan”
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button