Tempat Wisata

Wayang Windu Panenjohan, Harga Tiket dan Perjalanan 2023

Taman Langit Wayang Windu Panenjohan
Tiket masuk: Rp.15.000,-
Jam buka: 05.30 – 18.15 WIB
Nomor telepon: 085321803691
Alamat: Kecamatan Banjarsari. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378

Taman Sepeda Wayang Windu di Pangalengan merupakan destinasi yang dipenuhi wisatawan. Hal ini bermula dari meningkatnya tren bersepeda di beberapa daerah antara lain Pangalengan dan Bandung. Padahal sebenarnya tempat ini sudah ada sejak lama dan terkenal di kalangan pengendara sepeda gunung.

Menariknya, tidak hanya jalur sepeda saja, namun juga terdapat Wayang Windu Panenjoan atau sering disingkat WWP, tempat menikmati Pangalengan dari ketinggian. Tempatnya Instagrammable, sejuk dan enak dipandang! Apakah kamu yakin tidak ingin datang ke sini?

Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan memiliki jalur sepeda di tengah perkebunan teh hijau. Dengan membayar biaya/tiket masuk, kita bisa berolahraga sepanjang perjalanan dan menikmati indahnya kebun teh. Tempatnya memang istimewa, jarang ditemukan tempat serupa di daerah lain. Kejuaraan bersepeda juga sering diadakan disini, dengan peserta dari bekasi, bogor, jakarta, bandung, dll.

Biaya masuk ke Wayang Windu Panenjohan

Soal tarif masuknya bisa dikatakan cukup terjangkau. Namun tentunya jika ingin menikmati wahana seperti ATV akan dikenakan biaya tersendiri. Berikut kami sajikan daftar harga lengkapnya:

jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk tur Rp 15.000
Parkir sepeda motor saja Rp5.000
area parkir Rp 10.000
Penyewaan paviliun (6 orang)/jam Rp.30.000
Paviliun menjahit (20 orang)/jam Rp 50.000
kendaraan off-road 70.000 – Rp 250.000
Paket berkemah (4 orang) Rp 550.000

Aktivitas seru di Wayang Windu Panenjohan

Banyak hal seru yang bisa kamu temukan saat berlibur di sini antara lain:

Nikmati keindahan alam

Pangalengan terkenal dengan alam pegunungannya yang indah. Kawasan pegunungan khususnya didominasi oleh kawasan kebun teh. Lingkungan sekitar juga penuh dengan perbukitan hijau yang menyegarkan mata dan pikiran.

Menikmati keindahan alam Kebun Teh PangalenganMenikmati keindahan alam Kebun Teh Pangalengan

Anda bisa duduk santai sambil menikmati hamparan kebun teh bagai karpet. Segarnya udara Pangalengan akan membuat liburan Anda kali ini sempurna. Jangan lewatkan momen matahari terbenam yang luar biasa di sore hari.

Carilah foto-foto yang layak untuk Instagram

Siapa yang tidak suka mengambil foto saat liburan? Kerennya lagi, ada jembatan kayu yang melintasi kebun teh. Anda bisa menjelajah dan mengambil foto di jembatan sepanjang kurang lebih 100 meter ini.

Jembatan Kayu Wayang Windu PanenjoanJembatan kayu WWP

Meski terbuat dari kayu, namun cukup kokoh sehingga tidak perlu khawatir. Jembatan ini didesain sangat estetik dan Instagrammable. Cocok untuk siapa saja yang suka memotret. Apalagi saat kabut tipis menyelimuti, hasil foto pasti akan semakin keren.

mengendarai sepeda

Melacak atau berjalan kaki di Taman Sepeda Wayang WinduIkuti atau jalan kaki ke Wayang Windu Bike Park melalui IG @w2mbikepark

Terdapat berbagai jenis jalur di Taman Sepeda Gunung Wayang Windu. Dari jalur yang mudah hingga jalur yang memacu adrenalin seperti jalur Cross Country (XC), All Mountain (AM) atau Mini Down Hill (DH). Dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda, Anda dapat menguji dan melatih keterampilan mengemudi Anda. Panjang jalurnya sendiri kurang dari 15 km. Buat saja alias Sunmori Perjalanan Minggu pagi.

Seusai latihan, Anda bisa menuju lokasi pembuatan boneka Windu Panenjoan atau dikenal dengan nama WWP. Nikmati sejuknya udara Pangalengan sambil beristirahat atau bahkan berburu foto. Ada beberapa tempat untuk mengambil foto, seperti viewpoint atau jembatan kayu di antara pepohonan teh yang hijau.

berkemah

Berkemah di Wayang Windu Harvestjohan

Berkemah di tengah kebun teh bisa menjadi pengalaman baru dan mengasyikkan. Jika tidak ingin membawa segala perlengkapan camping yang “rumit”, Anda bisa membawa paket camping yang disediakan pihak pengelola. Nantinya akan disediakan berbagai pilihan camping mulai dari tenda, bantal, selimut, lampu, dan lain-lain

Lokasi Taman Sepeda Wayang Windu

Alamat tepatnya di Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung, Anda harus menempuh jarak sekitar 65 km. Lokasinya berada di ketinggian 1.600 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan kota Pangalengan dari atas. Dan jika waktunya tepat, rasanya seperti berada di atas awan karena banyak kabut.

Wayang Windu Pangalengan juga merupakan tempat populer untuk berburu matahari terbenam. Pancaran sinar kuning kemerahan yang mulai memudar berpadu dengan hijaunya kebun teh dan pemandangan alam pegunungan. Sayang sekali jika dilewatkan begitu saja tanpa jepretan kamera.

Rute dari kota Bandung menuju Wayang Windu Pangalengan

Sebenarnya lokasi Taman Sepeda Wayang Windu sudah tersedia di Google Maps. Bagi yang berasal dari luar kota atau baru mengenal jalan bandung bisa membukanya melalui aplikasi. Namun jika kebetulan tidak ada masalah kuota atau sinyal, silakan ikuti cara berikut ini.

Rute menuju WWP Pangalengan dari Kota Bandung bisa melalui Dayeuh Kolot – Banjaran. Ikuti saja jalan berkelok-kelok tersebut dan Anda akan bertemu di persimpangan jalan (menuju Perkebunan Teh PTPN VIII Kertamanah). Belok kiri saja. Patokannya adalah toko oleh-oleh Pia Kawitan. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Taman Sepeda Wayang Windu. Kondisi jalannya sendiri cukup baik, bisa dilalui dengan roda dua atau empat.

Jika anda ingin menggunakan angkutan umum, anda bisa naik angkutan Elf dari Tegal Lega menuju Pangalengan. Silakan turun lebih awal nanti di pertigaan Perkebunan Teh Kertasari. Dari sini bisa dilanjutkan dengan ojek.

Perabot

Fasilitasnya sendiri sudah cukup memadai, antara lain tempat parkir yang luas untuk toilet, spot foto, pendopo untuk istirahat, tempat ibadah, gardu pandang dan beberapa fasilitas lain yang menunjang kenyamanan pengunjung.

Setelah menyimak ulasan di atas, pastinya kalian sudah tidak sabar menunggu kehadiran Sunmori di sini bukan? Kalau iya, terapkan selalu protokol kesehatan! Nah, mumpung masih di Pangalengan, tempat ini kaya akan wisata alam lho? Ada beberapa tempat wisata yang juga berada tidak jauh dari Taman Sepeda Wayang Windu. Dua diantaranya adalah Glampng Cilenca dan Situ Celuanca. Kedua tempat ini tak kalah seru karena menawarkan atraksi wisata yang berbeda.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button