Berita Wisata

Weekend di Pangalengan Jawa Barat? Coba Kunjungi 5 Destinasi Ini

TAGAR.id, Bandung – Memiliki sejuta panorama yang indah dan menakjubkan. Wisata alam terdapat di Kota Bandung, seperti di Ciwidey dan Lembang. Namun ada kawasan wisata yang wajib traveler kunjungi yaitu Pangalengan.

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di selatan kota Bandung. Kawasan ini dikelilingi pegunungan dan ditumbuhi hamparan kebun teh dan tanaman hijau yang sangat luas.

Udaranya dingin dan segar. Pangalengan memiliki beragam wisata alam seperti gunung, danau, air terjun dan hutan yang akan membuat betah traveler berada disini.

Tidak hanya memiliki wisata alam yang melimpah. Pangalengan juga dikenal sebagai daerah produksi susu sapi. Jika Anda mengenal Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS), di sinilah letak kantor pusatnya.

KPBS ini mengumpulkan susu sapi dari warga. Kemudian susu tersebut diolah dan dipasarkan di berbagai kota di Indonesia.

Banyak juga industri kecil yang mengolah sendiri susunya. Produk tersebut dijual sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Pangalengan.

Liburan adalah waktu yang tepat untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga atau orang tersayang. Tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur, Pangalengan bisa menjadi destinasi wisata yang asyik untuk menghabiskan akhir pekan dari berbagai sumber. Apa saja tempatnya? Ayo lihat.

1. Pemandian Air Panas Cibolang

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Pangalengan, tentu sudah tidak asing lagi dengan hal ini Pemandian Air Panas Cibolang atau pemandian air panas Cibolang.

Pemandian Air Panas CibolangPemandian Air Panas Cibolang di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. (Foto: sfidntfits.com)

Pemandian air panas ini terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan. Pertama kali ditemukan pada tahun 1985, kemudian dikembangkan sebagai tempat wisata oleh pemerintah.

Pemandian air panas ini selalu alami dan indah. Air menyala Pemandian Air Panas Cibolang dari mata air di Gunung Windu. Mata air tersebut mengandung belerang yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati sumber air panas alami.

Untuk masuk ke pemandian air panas ini, Anda perlu merogoh kocek Rp 20.000 untuk tiket normal dan Rp 35.000 VIP per orang.

Fasilitas yang disediakan lengkap. Ada dua kolam besar, kolam dayung, toilet, gubuk jerami, parkir, ruang makan, dan musala. Untuk wisatawan yang ingin menginap, jangan khawatir karena Pemandian Air Panas Cibolang menyediakan akomodasi.

2. Taman Bunga Wayang Windu Panenjoan 1800

Tempat wisata yang sempat viral beberapa bulan lalu ini masih menjadi favorit wisatawan. Wayang Windu Panenjoan 1800 atau WWP 1800 menawarkan pemandangan kebun teh yang luas dan hijau. Pemandangan menjadi daya tarik utama tempat ini.

Wayang Windu PanenjoanWayang Windu Panenjoan 1800 di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/firman_akoeng)

Tak hanya menyuguhkan pemandangan teh, traveler juga bisa menikmati sunset di sini. Beberapa sumber menyebutkan bahwa WWP 1800 merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset.

Selain itu, ada juga spot foto instagramable yang disediakan pengelola. Tempat wisata ini beroperasi sepanjang waktu, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk berlama-lama di sini.

WWP 1800 terletak di Banjarsari, kecamatan Pangalengan. Tiket masuknya hanya Rp 10.000, dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, toilet, gazebo, mushola, pos pengamatan dan warung makan. Murah dan lengkap kan?

3. Sungai Palayana

Menyukai arung jeram atau arung jeram? Tempat ini sangat cocok untuk dicoba. Destinasi wisata ini berada di kawasan wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Arung jeramRafting Sungai Palayangan, Kawasan Situ Cileunca, Pangalengan (Foto: elhaqiadventure.com)

Berbeda dengan arung jeram lainnya, traveler harus terlebih dahulu melintasi genangan air Situ Cileunca dengan perahu karet, sebelum menuju ke Sungai Palayangan.

Sungai Palayangan memiliki tiga jenis jeram berbeda yang akan memberikan sensasi luar biasa bagi traveler.

Selain arung jeram, ada juga paket aktivitas arung jeram seperti paintball, rubah terbang dan off road dengan harga dan durasi yang berbeda untuk setiap paketnya.

4. Situ Cisanti

Tempat selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Situ Cisanti. Telaga ini merupakan telaga buatan yang digunakan untuk menampung air dari tujuh mata air Sungai Citarum.

Situ CisatuSitu Cisanti di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/masjoko_aerial)

Bisa dikatakan danau ini merupakan hulu dari Sungai Citarum. Lokasinya berada di Desa Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari.

Dengan harga tiket Rp 12.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan Situ Cisanti, dengan spot foto, untuk mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga.

5. Gunung Puntang

Tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi selanjutnya adalah Gunung Puntang. Pesona alam yang terletak di Desa Campaka Mulya ini masih asri dan terawat.

Gunung PuntangMega Peak, Gunung Puntang di desa Campaka Mulya, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/mountravaddict)

Gunung Puntang termasuk kawasan bersejarah karena banyak ditemukan reruntuhan pada masa pembangunan stasiun radio Malabar pada zaman Belanda.

Gunung Puntang memiliki berbagai tempat wisata yang dapat dijelajahi, seperti berkemah, mengunjungi Gua Belanda, menemukan lima jenis air terjun (air terjun), dan mendaki Puncak Mega.

Selain itu, di sekitar tempat wisata ini terdapat perkebunan kopi dan tempat pengolahan Puntang Wangi. Kopi ini bisa menjadi kenang-kenangan bagi keluarga di kampung halaman. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button