Berita Wisata

Wisata 9 Dieng dengan panorama yang indah, cocok untuk liburan panjang

Jakarta, CNNIIndonesia

Dieng merupakan dataran tinggi yang terletak di antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Wisata Dieng wajib Anda kunjungi karena menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Apalagi buat kamu yang suka suasana gunung dan udara yang segar, dataran tinggi Dieng akan memanjakan Anda dengan pemandangan alam dan udaranya.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Pilihan sirkuitnya pun sangat beragam, ada air terjun, pemandian, candi, kawah, danau, dan tentunya pegunungan yang menyajikan panorama indah.

Tak heran jika Dieng menjadi tujuan wisata incaran para pelancong yang menginginkan liburan panjang dan berkesan. Lihat rekomendasinya.

1. Air Terjun Sikarim

Salah satu wisata Dieng yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Sikarim. Lokasinya di Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Wisata ini dikelilingi perbukitan dan ditumbuhi pepohonan yang rindang dan asri. Aliran airnya jernih sehingga memberikan kesegaran dan ketenangan bagi pengunjung.

2. Bukit Sikunir





Bukit Sikunir, DiengWisata Dieng dengan panorama yang indah, salah satunya Bukit Sikunir (Wikimedia Commons)

Belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Bukti Sikunir dalam perjalanan Anda ke kawasan Dieng. Terletak di Desa Sembungan, Bukit Sikunir merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa.

Di tempat ini Anda bisa melihat matahari terbit yang indah. Untuk menikmati keindahan Matahari terbit, Anda harus mendaki bukit saat fajar dan menghadapi angin. Namun perjuangan akan terbayar setelah melihat pemandangan matahari terbit yang indah.

3. Candi Arjuna

Kunjungan selanjutnya dari Dieng yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah Candi Arjuna. Wisata sejarah ini bertempat di Dieng Kulon, Banjarnegara.

Candi Arjuna merupakan peninggalan kuno Kerajaan Mataram. Ada lima candi di kompleks candi Warjuna yang dikelilingi oleh halaman rumput dan taman yang indah.

4. Kawah Candradimuka





Jalan menuju Kawah Candradimuka dan Danau DringoWisata Dieng dengan pemandangan yang indah, antara lain Kawah Candradimuka (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratna Sari)

Kawah Candradimuka merupakan tempat wisata yang terbentuk dari munculnya solfatara dari rekahan tanah di Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya di Desa Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara.

Terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif melepaskan solfatara secara terus menerus dan juga berselang-seling. Wisata ini menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan rindang.

5. Kawah Sikidang

Selain Candradimuka, ada juga kawah lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan Dieng, yaitu Kawah Sikidang. Objek wisata ini menampilkan eksotisme kawah belerang.

Namun, kehati-hatian harus dilakukan karena ada gas beracun yang dihasilkan oleh belerang. Sebaiknya gunakan masker saat berkunjung ke kawasan ini.

Adapun lokasinya, Kawah Sikidang berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

6. Sudut Pandang Tieng

Terletak di Siderejo, Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Gardu Induk Tieng Pandang merupakan tempat wisata yang ideal untuk menikmati keindahan Desa Tieng yang terletak di ketinggian 1.800 mdpl.

Tempat ini menampilkan pemandangan perkebunan sayur yang indah dan menyegarkan dengan tangga. Jangan lupa kenakan pakaian hangat, karena tempat ini berhawa dingin bahkan terkadang diselimuti kabut.

7. Gunung Prau





Gunung Prau di Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.  (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)Wisata Dieng dengan pemandangan yang indah, termasuk Gunung Prau (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Di kawasan Dieng juga terdapat Mont Prau yang cocok bagi anda yang hobi mendaki. Gunung ini memiliki puncak di ketinggian 2.565 mdpl.

Tak hanya udaranya yang segar, tempat ini juga menyuguhkan keindahan panorama alam dari ketinggian. Anda bisa bermalam sehingga bisa melihat momen sunset yang indah dari tempat ini.

8. Pemandian Bira Bitingan

Hangatkan tubuh dari dinginnya Dieng dengan berendam di pemandian air panas Bira Bitingan. Lokasinya berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Air panas untuk pemandian ini berasal dari sumber air panas alami di kaki Gunung Sipandu yang tidak hanya menghangatkan dan merilekskan, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh.

9. Telaga Warna

Wisata Dieng selanjutnya adalah Telaga Warna yang berlokasi di Kejajar, Wonosobo. Keunikan tempat wisata ini adalah warna airnya yang bisa berubah karena kandungan belerangnya.

Telaga Warna juga menyuguhkan pemandangan indah nan asri yang tidak boleh dilewatkan jika ke Dieng.

Itulah beberapa rangkaian Dieng dengan panorama yang indah. Selamat berlibur!

(uh)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button