Berita Wisata

Wisata Agro Edu Ragunan di Jakarta Selatan menjadi inspirasi bagi Ciamis untuk mengembangkan potensi wisata alam

Jakarta (ANTARA) – Wisata edukasi agro Ragunan di Jakarta Selatan menjadi inspirasi bagi Kabupaten Ciamis untuk mengembangkan potensi wisata alam di wilayahnya.

“Kegiatan Famtrip yang berkesan di Agro Edukasi Ragunan menjadi inspirasi bagi Ciamis untuk mengembangkan wisata alam,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis Tino Armianto di Jakarta, Kamis.

Tino mengatakan di tengah keagungan DKI Jakarta sebagai kota metropolitan, nyatanya tetap memperhatikan lingkungan alam dengan adanya Agro Education Wisata Ragunan.

Ia banyak belajar tentang potensi wisata yang juga memanfaatkan teknologi untuk memajukan suatu daerah.

Baca juga: Kemenparekraf dukung wisata edukasi kreatif virtual untuk anak-anak di Indonesia

Dalam kemajuan ini, kata dia, tentu dibutuhkan dukungan anak muda yang paham teknologi untuk menyebarkan informasi, terutama di jejaring sosial. “Bukan teknologi yang mengendalikan kita, tapi kita yang mengendalikan teknologi,” katanya.

Menurut Tino, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia membawa hingga 50 anak muda yang terdiri dari social media influencer (influencer), mahasiswa dan duta pariwisata daerah.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Administrasi Jakarta Selatan ini, pihaknya berkesempatan melakukan penanaman pohon di Agro Education Ragunan.

“Kami diajak ke Ragunan untuk menanam pohon khas Ciamis yaitu pohon aren, manggis dan pohon ciri khas Ciamis lainnya,” kata Budi.

Baca Juga: Wisata Edukasi Online Kebun Raya Bogor Pikat 10.000 Siswa Dari 124 Sekolah

Budi berharap kegiatan ini dapat menjadi hubungan kerjasama yang langgeng antara DKI, khususnya Jakarta Selatan, dan Kabupaten Ciamis.

“Dari Jakarta Selatan kita bisa melihat kota-kota besar, sedangkan di Ciamis menawarkan seni alam, budaya dan tradisional seperti Bebegig,” ujarnya.

Familiarization Trip (Famtrip) merupakan acara yang diselenggarakan untuk memperkenalkan destinasi kota (urban) di Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 2-3 November 2022 untuk Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sedangkan 7 dan 8 November dari Kabupaten Garut dan 16 dan 17 November 2022 untuk peserta Kota Cirebon.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button