Berita Wisata

Wisata Air Sungai Musi Tempat Favorit Peserta Rakernas JKPI

Palembang (ANTARA) – Wisata Air Sungai Musi di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) menjadi primadona bagi peserta dan tamu yang menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Warisan Budaya Indonesia (JKPI) di Palembang, Sumatera Selatan. pada 2-5 November 2022. .

Sejumlah peserta dan tamu rakernas JKPI IX di kawasan BKB Palembang, Kamis mengatakan, tempat wisata ini terletak di tengah-tengah rakernas, mudah diakses dari tempat menginap dan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya. objek terdekat, seperti Museum UKM II, Masjid Agung dan Tugu Perjuangan.

Misnawati, salah satu pendamping peserta Rakernas IX JKPI di Bogor, Jawa Barat, mengaku saat Rakernas membawa rombongan ke Sungai Musi sebanyak dua kali.

Baca Juga: Ribuan Peserta Rakernas JKPI Tiba di Palembang

Wisata air selama dua jam, ia dan rombongan menikmati perjalanan dengan perahu motor kayu tradisional (jukung) di Sungai Musi dari kawasan BKB menuju Pulau Kemaro.

“Teman-teman memanfaatkan jeda rakernas untuk meminta wahana air menyusuri Sungai Musi hingga Pulau Kemaro. Khusus di Pulau Kemaro, para peserta rakernas dari JKPI berfoto selfie dengan klenteng sembilan lantai bersama seorang pemeluk agama Buddha. candi dan bangunan peribadatan di latar belakang yang bagus dan cukup keren untuk diposting di media sosial, ”katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Harnojoyo pada pembukaan Rakernas IX JKPI mengatakan pihaknya telah mengajak para peserta dan rombongan untuk menyempatkan diri berwisata ke Kota Pempek.

“Kami mengajak seluruh peserta rakernas 44 kabupaten/kota bersama keluarga dan pendampingnya untuk mengunjungi berbagai objek wisata dan mencicipi makanan khas daerah seperti pempek dan lainnya,” ujarnya.

Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi selain yang ada di sekitar kawasan BKB, ada wisata religi Museum Al-Qur’an Al-Akbar Gandus, Masjid Agung SMB Jayo Wikramo, Masjid Kiai Muara Ogan (Ki Marogan), dan Masjid Al Masjid Islam Muhammad Cheng Hoo.

Direktur Eksekutif JKPI Asfarinal menjelaskan bahwa JKPI adalah organisasi yang terdiri dari pemerintah kota dan kabupaten dengan keragaman warisan alam atau budaya (nyata dan tidak berwujud).

Baca juga: Palembang Kembangkan Wisata Bahari di Anak Sungai Musi

Baca Juga: Pemkot Palembang Siapkan Paket Wisata Religi di Sungai Musi

Kota Palembang telah terdaftar sebagai anggota JKPI sejak tahun 2013 dan telah memiliki Rencana Pembangunan Kota dan Lingkungan (RTBL).

Tujuan organisasi ini adalah untuk melestarikan cagar alam, benda cagar budaya (BCB) sebagai modal dasar yang akan dibangun di masa depan.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh para peserta, selain inti acara rakernas yaitu seminar nasional, karnaval budaya, pentas seni, permainan tradisional dan pameran.

Selain itu, ada bazar di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang dihadiri perwakilan UMKM dari 44 kabupaten/kota dari rencana awal 73 kabupaten dan kota, kata Asfarinal.

Wartawan : Yudi Abdallah
Penerbit : Endang Sukarelawati
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button