Tempat Wisata

Wisata Air Terjun Telunjuk Dewa Raung : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang membahagiakan karena di sini kita bisa menemukan banyak tempat wisata alam dengan keindahan pemandangan yang mempesona. Berwisata ke kota yang terkenal dengan tarian Gandrung ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis pantai, teluk, dan air terjun. Sebelumnya kita sudah membicarakan beberapa pantai di banyuwangi yang sangat Instagrammable dan mengundang kita untuk datang kesana. Objek wisata yang akan kita bahas kali ini adalah Air Terjun Dewa Raung yang terletak di kaki Gunung Raung.

Air terjun yang baru ditemukan oleh warga sekitar ini rupanya semakin menarik minat masyarakat yang gemar berwisata dan berfoto untuk mengagumi keindahannya, terutama saat musim liburan baik akhir pekan maupun hari libur. Pasti akan banyak pengunjung.

Sesampainya di sana, Anda bisa melihat sendiri keistimewaan air terjun Telunyuk Dewa Raung yang di bawahnya terdapat sebuah gua. Sejauh ini tidak ada yang tahu seberapa dalam gua itu.

Anda bisa menikmati air terjun di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon ini dengan mengikuti jalan setapak yang mengarah ke tepi jurang. Kedengarannya cukup menakutkan namun jangan khawatir karena jalan yang dibangun oleh penduduk setempat cukup lebar untuk dilalui namun Anda tetap harus berhati-hati dalam melangkah.

Dalam perjalanan turun juga terdapat beberapa area dimana anda bisa duduk-duduk jika merasa sedikit lelah, namun semua rasa lelah tersebut akan terbayar ketika sudah sampai di sungai dan air terjun dan anda akan mendengar segarnya gemericik suara Telunjuk Dewa. Air Terjun Raung dari dekat. Apalagi tempat ini dikelilingi pepohonan asri dan rindang yang membuat mata Anda terasa lebih segar.

Nama Air Terjun Telunjuk Dewa Raung sendiri diberikan oleh warga karena jika dilihat dari bentuk air terjun ini terlihat seperti jari telunjuk. Selain itu, aliran air terjun ini tidak terlalu deras sehingga Anda tetap bisa menikmati airnya dari dekat.

Selama pendakian menuju air terjun, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang bisa membuat Anda lupa akan susah payahnya jalan yang Anda lalui, seperti pepohonan di kedua sisinya, hamparan sawah luas yang jernih sejauh mata memandang. , saksikan keindahan alam yang tidak ditemukan di kota besar.

Fasilitas di Air Terjun Teljuk Dewa Raung

Meski objek wisata ini tergolong baru karena baru ditemukan oleh warga Desa Sumber Arum, Air Terjun Telunjuk Dewa Raung sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung yang dibangun di sekitar air terjun oleh warga agar semakin menarik minat wisatawan. Tersedia tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang membawa sepeda motor atau mobil pribadi, dan tarif parkirnya sangat murah.

Selain itu, sebelum menyusuri jalan setapak menuju perairan Telunjuk Dewa Raung, Anda bisa menjumpai beberapa warung warga sekitar yang juga menjual makanan dan minuman sehingga pengunjung yang merasa lelah atau haus dapat mampir sejenak sebelum pulang pergi. Sayangnya di tempat ini tidak terdapat toilet umum sehingga rupanya harus menginap bersama warga.

Berburu foto di air terjun Teljuk Deva Raung

Pemandangan yang ditawarkan tempat ini tidak hanya cocok bagi mereka yang suka berwisata saja, tapi juga sangat bagus bagi mereka yang suka berfoto. Sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati banyak pemandangan pepohonan yang menghiasi jalan menuju air terjun. Ada juga pohon beringin besar yang akan Anda temui di tengah jalan.

Untuk berjalan di jalan setapak Anda tidak perlu terburu-buru. Jalan saja dengan santai dan arahkan lensa kameramu ke sekeliling. Alternatifnya, Anda juga bisa mengambil foto selfie. Kemudian sesampainya di air terjun, Anda bisa berfoto bersama keluarga dan teman dengan latar belakang air terjun setinggi kurang lebih 40 meter. Namun hati-hati, jangan jatuhkan kamera Anda ke sungai.

Baca Juga: Wisata Religi Makam Aer Mata Ebu, Kaji Salah Satu Legenda Tanah Madura

Akses jalan menuju air terjun Telunjuk Dewa Raung

Bagi pengunjung untuk menuju Air Terjun Telunjuk Dewa Raung dapat berkendara langsung menuju Kecamatan Songgon dari Genteng (sekitar 20 km), namun juga harus sering mengecek agar tidak tersesat walaupun juga mengandalkan GPS sebagai banyak jalan pedesaan yang bercabang dan ada beberapa batu nisan.

Namun jika berada di jalur kanan menuju Desa Songgon, jalur aslinya adalah aspal mulus yang bahkan bisa dilalui oleh mobil sedan. Kemudian masuk ke desa Mangaran menuju kawasan air terjun dan kemudian menemukan jalan berkerikil beberapa kilometer, mungkin sekitar 2-3 km. Terdapat dua jalur terpisah melalui ladang jagung yang dapat diakses oleh mobil dan melalui hutan yang hanya dapat diakses oleh sepeda motor. Memang benar perjalanan menuju air terjun ini melelahkan, namun jangan khawatir sesampainya di tempat tujuan, Anda tidak akan menyesalinya.

Biaya masuk Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore

Tips Liburan ke Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

  • Kenakan sepatu yang nyaman. Sepatu disarankan agar Anda tidak mengalami kendala saat turun
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya
  • Anda harus berhati-hati saat masuk
  • Jika Anda membawa anak-anak, harap awasi mereka dengan hati-hati
  • Jangan membuang sampah dan jangan mencemari lingkungan

Galeri foto air terjun Teljuk Deva Raung

Air Terjun Telunyuk Dewa Raung

Keindahan Air Terjun Teljuk Dewa Raung
Berburu foto di bebatuan
Spot foto air terjun Telunjuk Dewa RaungSpot Foto Air Terjun Telunjuk Dewa Raung (sumber Google Maps)Air Terjun Teljuk Deva RaungAir Terjun Teljuk Dewa Raung (Sumber Google Maps)

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button