Berita Wisata

Wisata alam di Temanggung berpotensi untuk diangkat ke level internasional

Temanggung, Mitrapost.com – Wisata alam di Kabupaten Temanggung berpotensi diangkat hingga taraf internasional.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) akan fokus pada pengembangan wisata alam.

“Selama ini wisata alam masih dominan di Temanggung, dan wisata buatan hanya taman air Pikatan dan beberapa kolam renang lokal. Karena wisata alam masih dominan, tahun 2023 kita masih mengembangkan wisata alam, kata Ketua Dinbudpar Temanggung Saltiyono Atmaji saat ditemui. konfirmasi pada Rabu (4/1/2023).

Dikatakannya, ada lima kecamatan yang potensi alamnya bisa tinggi secara nasional dan internasional, yakni Kecamatan Kledung, Ngadirejo, Tretep, Bejen dan Wonoboyo.

“Di Kabupaten Kledung saat ini sudah ada Wisata Alam Posong, Pemandangan Sigandul dan Embung Kledung yang mampu menarik wisatawan dari luar daerah, sedangkan di Kecamatan Ngadirejo ada wisata kolam renang, Wisata Umbul Jumprit dan Situs Liyangan, sedangkan di Bejen, Di Kabupaten Tretep dan Wonoboyo sudah ada wisata alam Kembang Arum dan pendakian Gunung Prahu,” imbuhnya.

Pemkab juga terus meningkatkan infrastruktur pendukung untuk mengembangkan destinasi wisata di lima kecamatan tersebut.

Ia menjelaskan, untuk mengembangkan destinasi di lima kecamatan tersebut, Pemkab terus meningkatkan infrastruktur pendukung berupa pelebaran dan pembangunan akses jalan menuju tempat wisata tersebut.

Selain itu, pemkab juga gencar melakukan promosi melalui media sosial.

“Tahun 2022 nanti dibangun akses jalan menuju lokasi wisata dari kecamatan Ngadirejo sampai Sibajag. Sekarang sudah ada akses untuk turis mancanegara yang ke Dieng. Jadi kita gunakan untuk turis tidak hanya berkunjung ke Dieng, tapi juga singgah dan singgah. nikmati destinasi yang kita miliki, seperti Green Canyon Sibajag, Wisata Umbul Jumprit, dan juga Rest Area Jumprit yang baru dibangun,” ujarnya.

Saltiyono mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023, kunjungan wisatawan ke beberapa destinasi wisata di Temanggung mencapai 35.000 orang. Jumlah kunjungan wisata View Sigandul dan Wisata Alam Posong terbanyak di Kecamatan Kledung yang mencapai lebih dari 20.000 orang.

“Awalnya kami perkirakan 20.000 orang untuk musim liburan 2023, namun kenyataannya mencapai 35.000 orang. Dari jumlah tersebut, kunjungan terbanyak adalah ke Wisata Alam Pandang Sigandul dan Posong yang mencapai lebih dari 20.000, selebihnya tersebar di beberapa destinasi seperti Pikatan Water Park, Kolam Renang Simpleng, Wisata Botorono dan Situs Liyangan,” pungkasnya.

Dapatkan pembaruan pilihan harian dan berita terbaru dari mitrapost.comdi Google Berita. silahkan klik linknya dan jangan lupa tekan tombol “

Mengikuti”

Jangan lupa untuk mengunjungi jejaring sosial kami

Video viral

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button