Berita Wisata

Wisata alam di Wae Escape mulai ditata

BERITA KEMENANGAN MANGGARAI BARAT- Pemerintah Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat mulai menyelenggarakan wisata alam di daerahnya untuk menyambut new normal di awal tahun 2023. Desa Wisata Wae Lolos yang memiliki banyak objek wisata ditata dengan baik untuk menggairahkan perekonomian masyarakat. penduduk wilayah ini.

Kepala Desa Wae Lolos, Gervinus Toni menjelaskan, Rabu (30/11/2022), Pemerintah Desa Wae Lolos di masa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 fokus pada penataan destinasi wisata. Hal ini dilakukan agar pada tahun 2023 destinasi wisata di Desa Wae Lolos ini sangat cocok untuk dikunjungi wisatawan.

Penetapan Wae Lolos sebagai desa wisata mendorongnya untuk berinovasi dan mengembangkan potensi wisata desanya.

Baca Juga: Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemdes Siru Bagikan Ribuan Stek Vanili

Ia menjelaskan, Desa Wae Lolos merupakan desa wisata yang dikenal dengan sebutan Desa Seribu Air Terjun. Desa ini juga memiliki kolam termal yang memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk kesehatan.

Kelebihan dan keunikan objek wisata di desa Wae Lolos harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat agar Labuan Bajo bukan hanya wisata di jantung kota saja.

Keberadaan objek wisata di Desa Wae Lolos menurutnya pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain menikmati tiket masuk, pemberdayaan masyarakat juga didapat dari lahan parkir dan warung makan khas manggarai.

Masyarakat Wae Lolos juga akan memproduksi kerajinan tangan seperti topi adat Manggarai Barat yaitu topi Re’a dan kain tenun serta selendang.

Baca Juga: Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Gervinus menjelaskan, sumber air panas alami di Desa Wae Lolos semakin banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pemandian ini dinamai oleh masyarakat setempat berdasarkan sejarah adat masa lalu.Desa Wae Lolos semakin ditata dengan indah menuju desa wisata terbaik.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button