Tempat Wisata

Wisata Alam Sumedang Pangjugjugan: Lokasi, HTM dan Fasilitas

Kabupaten Sumedang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang indah yang dapat memukau mata Anda. Selain itu, kawasan wisata kota penghasil tahu yang enak ini juga dikenal murah. Salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan warga adalah wisata alam di Pangjugjugan.

Kawasan wisata bahari andalan Sumedang ini berada tepat di kaki Gunung Kareumbi, sehingga pesona alam yang ditawarkannya tak terbantahkan. Dikelilingi hutan pinus dan perkebunan hijau sejauh mata memandang, juga dibangun taman bermain di atas kawasan wisata untuk memanjakan pengunjung.

Tak heran jika destinasi yang mengusung konsep ekowisata, wisata alam, dan wisata edukasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik kota maupun luar kota, terutama keluarga. Karena Pangjugjugan dikenal sangat ramah anak dan bisa menghadirkan rasa aman bagi anak-anak segala usia.

Obyek wisata alam Pangjugjugan

Kehadiran kawasan wisata Pangjugjugan ini sebenarnya membawa keceriaan bagi masyarakat Sumedang dan sekitarnya. Pasalnya, saat ini sudah tidak sulit lagi menemukan pilihan liburan murah, namun di sini Anda juga memiliki panorama yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga.

Lantas, apa saja daya tarik Pangjugjugan yang terus membuat pengunjung ingin kembali? Jawabannya ada di bawah ini:

1. Memiliki panorama alam yang mempesona

Pangjugjugan memiliki luas tanah sekitar 30 hektar dimana terdapat perkebunan, hutan pinus dan taman bermain. Saat memasuki kawasan Pangjujugan, pohon-pohon besar akan menyapa Anda, seperti memasuki hutan rimba, namun aman dan nyaman.

Destinasi wisata alam dan edukasi ini menawarkan konsep yang cukup unik yang memungkinkan Anda melakukan berbagai aktivitas seru, termasuk bermain di taman air yang dikelilingi hutan hijau. Udara yang sejuk dan suasana yang menyenangkan dijamin membuat Anda betah dan enggan untuk pergi.

2. Ada flora dan fauna

Di sekitar kawasan wisata ini Anda bisa mengamati flora dan fauna yang berkeliaran dengan bebas. Karena tempat ini juga berfungsi sebagai perkebunan, Anda bisa menyaksikan dan belajar cara menanam dan merawat berbagai tanaman, termasuk pohon tanaman, buah-buahan, sayuran, dan bunga.

Selain itu, ada beberapa jenis hewan yang sengaja dipelihara dan dikembangbiakkan di Pangjujugan, antara lain sapi, kerbau, dan kelinci. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai jenis burung dan tupai berkeliaran di antara pepohonan tinggi.

3. Tersedia banyak spot foto Instagenic

Salah satu daya tarik Pangjugjugan yang membuat kawasan ini begitu digemari pengunjung adalah menawarkan berbagai spot foto yang keren dan Instagrammable. Tak jauh dari pintu masuk, Anda bisa melihat tugu garuda berukuran besar yang menjadi andalan Pangjugjugan.

Memasuki kawasan wisata, masih banyak lagi spot-spot menakjubkan yang pasti akan menggoda Anda untuk segera mengambil foto-foto menakjubkan. Mulai dari pemandangan indah hutan pinus, melintasi padang rumput mirip savana hingga kolam renang di atas bukit yang dikelilingi pepohonan rimbun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Wisata Alam Pangjugjugan terletak di Dusun Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang – Jawa Barat (45365). Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sumedang sehingga wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Sumedang.

Akses jalan menuju kawasan wisata juga sangat lengkap dan dapat digunakan dengan sepeda motor, mobil atau bus wisata. Jika Anda datang dari pusat kota jaraknya kurang lebih 12 mil atau 38 menit melalui Jl. Bandung – Palimanan.

Biaya masuk dan jam buka

Ada biaya Rp 10.000/orang bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan keunikan Pangjujugan. Anak-anak di bawah 3 tahun dapat masuk gratis. Dengan modal sepuluh ribu penduduk, Anda bebas menjelajahi setiap sudut kawasan ini.

Hanya jika ingin menggunakan kendaraan untuk bermain, Anda harus mengeluarkan uang lebih. Manajemen kini juga mengenakan biaya parkir nominal Rp5.000/motor dan Rp10,00/mobil. Jam operasional destinasi populer warga Sumedang ini mulai pukul 09:00 WIB hingga 16:00 WIB.

aktivitas yang menyenangkan

Pangjugjugan menawarkan banyak hal menarik untuk dinikmati pengunjung sambil menyegarkan diri di kawasan wisata bahari ini. Selain itu, ada juga berbagai aktivitas seru yang pastinya bisa membuat momen liburan menjadi lebih seru, menyenangkan dan berkesan.

Berikut daftar aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan di Pangjujugan:

1. Berenang

Nikmati sensasi berenang di tengah alam, ditemani angin sepoi-sepoi dan suara binatang liar dari hutan yang membuat sesi sauna semakin damai. Selain itu, lokasi kolam renang Wisata Alam Pangjugjugan sangat strategis karena berada tepat di atas bukit.

2. Jelajahi hutan pinus

Hutan pinus memiliki keeksotisan yang tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Tentunya jika keberadaannya selalu menjadi tujuan utama para pengunjung Pangjugjugan. Anda bisa berjalan-jalan melewati hutan pinus, menghirup udara segar dan menikmati suasana damai.

3. Mencoba wahana permainan

Panjugjugan menawarkan pilihan permainan lengkap yang bisa dipilih sesuai keinginan pengunjung. Namun, tarif wahana ini belum termasuk dalam tiket masuk. Jadi, Anda harus membayar lebih jika ingin mencobanya. Namun, tidak perlu khawatir karena harganya murah.

Di bawah ini adalah daftar game drive di Pangjugjugan beserta harganya:

  • Naik perahu: Rp 7.000 (2 putaran)
  • Kolam terapi ikan : Rp 10.000
  • Becak mini : Rp 5.000 (2 putaran)
  • Flying Fox: Rp 15.000/orang

4. Piknik yang menyenangkan

Keindahan kawasan Pangjugjugan tidak perlu diragukan lagi. Selama kunjungan Anda, Anda juga dapat berpiknik bersama keluarga untuk bersenang-senang dan bersosialisasi. Bagi sebagian orang, momen seperti itu terbilang langka. Selain itu, Anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja sepanjang waktu.

5. Bermalam di Pangjugjugan

Ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda? Kalau begitu, tidak ada salahnya bermalam di kawasan Pangjugjugan. Anda bisa mendirikan tenda di tempat perkemahan atau memilih cara yang lebih praktis yaitu menyewa penginapan yang tersedia.

Di malam hari Anda dapat melakukan pemanasan di pondok api unggun dan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai. Harga penginapan bervariasi dan mulai dari Rp200.000 – Rp1.000 per malam.

Perabot

Meski berada di tengah kawasan perkebunan dan hutan, Pangjugjugan memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • tempat beribadah
  • area parkir
  • Toilet
  • restoran
  • Akomodasi
  • perkemahan
  • aula panggung
  • Kolam renang dan taman air
  • tempat bermain
  • taman

Jika Anda mendambakan ketenangan atau mencari destinasi terbaik untuk dikunjungi bersama keluarga atau pasangan, Pangjugjugan Sumedang layak dipertimbangkan.

Di Wisata Alam Pangjugjugan, Anda bisa bersinggungan dengan alam yang masih asri dan dimanjakan sambil melihat panorama yang indah. Agar liburan Anda semakin tak terlupakan, Anda juga bisa menginap di salah satu penginapan Pangjugjugan dan mencoba berbagai permainan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button