Berita Wisata

Wisata alternatif, menikmati kicauan burung langka di Jatimulyo Kulonprogo

tanpa judul

Krjogja.com – Jika Anda lelah menikmati pergantian tahun baru 2023, menghadapi riuhnya suasana keramaian, musk dan kembang api, maka menikmati kesunyian alam dan kicauan burung di Jatimulyo Kulonprogo, adalah pilihan yang tepat.

Apalagi jika Anda adalah penggemar burung penyanyi. Karena kawasan perkampungan ornitologi ini kini menjadi rumah bagi ratusan spesies burung yang keberadaannya semakin langka.

“Setidaknya ada 106 spesies burung langka,” kata Andri, Kepala Desa Wisata Jatimulyo. Oleh karena itu wajar jika desa tersebut disebut sebagai desa ramah burung.

Jatimulyo terletak di kawasan Incised Hills, sebuah gunung kapur yang membentang dari Kabupaten Kulon Progo, Purworejo dan Magelang. Secara administratif desa ini masuk dalam wilayah Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo. Udara pegunungan yang selalu segar sepanjang hari, air yang melimpah, banyak destinasi wisata bahari yang ramah lingkungan.

Jarak pusat kota Yogyakarta dengan desa ini sekitar 30 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Jika ingin pergi ke lokasi syuting, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima saat melewati jalanan yang lanskap sekitarnya sangat menggoda untuk fotografi olahraga.

Sejauh mata memandang, pepohonan rindang. Ada banyak air terjun di tempat ini. jika ingin bermain air.

Menurut Kelik Suparno, salah seorang penggiat konservasi burung, tempat itu kerap menjadi tujuan para pecinta burung dari mancanegara. Di rumahnya yang dijadikan semacam kafe untuk berkumpul, Anda bisa menyewa teropong untuk mengamati. Di sejumlah tempat terdapat tempat khusus untuk melihat burung datang.

Di Jatimulyo banyak ditawarkan homestay, sehingga pagi-pagi sudah bisa masuk kawasan ramah burung. “Karena pagi hari lebih banyak burung yang muncul,” kata Andri.

Di tempat ini Anda bisa melihat burung-burung langka, seperti Cucak Delima (Rubigula dispar), Jawa Bondol (Lonchura leucogastroides), Coco Honeybirds (Anthreptes malacensis), Finch Madu sriganti (Cinnyris jugularis) dan Cabe rawit (Dicaeum trigonostigma) yang paling manjur. jenis.

Ada kuliner khas di Jatimulyo yaitu Dawet Sambel. Jatimulyo memang pilihan yang menarik. (IOC)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button