Tempat Wisata

Wisata Batu Kuda : Lokasi, rute, objek wisata, jam buka dan tarif masuk

Apakah Anda termasuk pecinta alam dan menikmati “obat” tempat wisata alam? Artinya Anda pasti bisa merasa bahagia dan segar di tempat indah ini. Wisata Batu Kuda, tempat wisata keluarga di Bandung Timur, memang cocok bagi pecinta alam dan berbagai aktivitasnya. Pastinya bisa membuat pikiran Anda segar kembali.

Lokasinya juga unik karena sebenarnya terletak di punggung gunung dengan ketinggian 1.150 – 1.300 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata alam yang merupakan kekayaan Perum Perhutani ini tetap terjaga asrinya dengan suasana hutan pinus yang rindang. Cuacanya sejuk, tempatnya indah alami dan terdapat berbagai aktivitas alam yang memang bisa dilakukan. Ini memang ciri-ciri tempat indah ini.

Selain itu, tempat ini sebenarnya cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga di Bandung jika Anda berkunjung ke kawasan ini. Di bawah ini berbagai ulasan lengkap yang wajib Anda simak sebelum mengunjungi tempat indah dan alami ini:

Wawasan sejarah wisata Batu Kuda

Batu Kuda merupakan sebuah situs bersejarah di kawasan Gunung Manglayang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, batu berbentuk unik ini sebenarnya menyerupai badan kuda, konon merupakan batu peninggalan sebelum masuknya Islam di Indonesia.

Konon batu ini awalnya adalah kuda terbang bernama Semprani milik Prabu Layang Kusuma dan Ratu Layang Sari. Saat melintasi Gunung Manglayang, Semprani ambruk ke tanah hingga hanya terlihat tubuhnya. Bentuk inilah yang kemudian dinamakan Batu Kuda dan menjadi objek wisata.

Rute menuju lokasi

Lokasi tempat wisata alam ini berada di Desa Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Namun untuk mengunjungi tempat ini Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi. Sebab angkutan umum yang melewati tempat ini belum tersedia. Meski begitu, pengunjung yang datang masih ramai.

Jika dijadikan patokan jalur turun Alun-Alun Bandung, jaraknya sekitar 21,4 kilometer. Dapat dijangkau dalam waktu sekitar 53 menit dengan mobil. Kondisi jalan bagus, juga terdapat petunjuk arah untuk membantu pengunjung menemukan jalan keluar. Namun pastikan kondisi kendaraan baik karena kondisi jalan menanjak mengingat lokasi Gunung Manglayang yang berbukit.

Objek wisata Batu Kuda

Tempat wisata keluarga di bandung ini terlihat alami dan disinilah keunikannya terlihat. Apalagi bagi pengunjung yang sehari-harinya berdomisili di kota besar, keindahan penampakan Wisata Batu Kuda menawarkan sesuatu yang sangat istimewa. Tak heran jika pengunjung selalu ramai, apalagi di akhir pekan dan hari libur.

Alam yang indah

Karena sejatinya merupakan pengayaan Perum Perhutani, tentunya kawasan wisata alam ini akan tetap terjaga keindahannya. Hutan pinus, padang rumput, dan kawasan perbukitan memang menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta alam dan segala aktivitasnya.

Udaranya yang sejuk, lingkungan yang terawat dan bersih membuat pengunjung betah dan bersantai di tempat yang indah ini.

aktivitas alam

Di kawasan wisata Batu Kuda, pengunjung bisa menikmati banyak aktivitas alam yang menyenangkan. Mulai dari bersantai saat piknik keluarga, berfoto, atau melakukan aktivitas fisik seperti hiking, trekking, dan camping.

Biaya masuk dan jam buka

Anda tidak perlu khawatir untuk datang ke tempat indah ini karena biaya masuknya sangat terjangkau. Biaya per orangnya hanya Rp 10.000 di hari kerja dan Rp 12.000 per orang di akhir pekan dan hari libur. Biaya parkir mulai Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Berbeda dengan sebelum pandemi, jam operasional kini dimulai pada pukul 08.00 pagi dan baru berakhir pada pukul 18.00 sore setiap harinya.

Kegiatan yang menarik

Meski merupakan tempat wisata alam, namun sebenarnya banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Seperti yang dibahas di bawah ini:

1. Piknik keluarga

Tempat wisata keluarga di bandung yang nyaman, asri dan sejuk ini memang sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Menggelar tikar sambil bersantai dan menikmati hidangan bersama seluruh keluarga pasti nikmat. Jika Anda tidak membawa apa pun, jangan khawatir. Di sekitar lokasi terdapat banyak gerai makanan dan minuman yang bisa dimanfaatkan.

2. Bersantai di tempat tidur gantung

Masih soal bersantai di tengah alam, kali ini di hammock yang populer dengan sebutan “hammock”. Bersantai sambil berbaring dan menikmati alam tentu memberikan sensasi yang berbeda. Hammock ini bisa disewa dengan harga terjangkau. Ada berbagai warna yang dapat Anda pilih sendiri. Nantinya hammock digantung di antara dua pohon pinus.

3. Ambil foto lucu

Kegiatan ini tentunya menjadi kegiatan yang wajib dilakukan dalam setiap kunjungan ke suatu tempat yang indah. Kondisi alam di sini akan menjadi momen foto Instagram untuk diunggah ke media sosial. Ada banyak tempat yang bisa diabadikan. Jangan khawatir kehabisan kesempatan berfoto.

4. Lintas alam, trekking, dan outbond

Bagi Anda yang menyukai aktivitas fisik dikelilingi alam, tempat ini pasti sangat menyenangkan dan memenuhi hasrat Anda. Pengelola telah menyediakan jalur hiking dan trekking khusus untuk dinikmati seluruh keluarga. Jalurnya jelas dan terawat sehingga tidak sulit untuk diikuti. Bahkan jika Anda ingin ke luar negeri, hal ini juga bisa dilakukan di tempat ini.

Puncak Gunung Manglayang dapat dicapai pada ketinggian 1.818 meter di atas permukaan laut. Begitu sampai di puncak, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan luar biasa yang ada disana. Melihat Kota Bandung dari atas dengan hamparan hijau yang mengelilinginya pasti menjadi kenangan yang tak akan segera Anda lupakan.

5. Berkemah

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh seluruh keluarga. Oleh karena itu, tak heran jika banyak keluarga yang berkemah di tempat ini. Banyak juga club untuk pecinta alam atau sekedar nongkrong bersama teman. Anda dapat membawa perlengkapan Anda sendiri. Namun, jika Anda tidak memiliki perlengkapan dan perbekalan sendiri, ada beberapa pedagang di dekat lokasi yang menyewakannya.

6. Wisata Kuliner

Terdapat banyak tempat makan dan minum di sekitar lokasi. Termasuk kafe dengan cita rasa yang tidak diragukan lagi. Semuanya layak untuk dicoba karena harganya juga terjangkau. Bahkan bisa dikemas untuk dinikmati di tempat piknik atau sebagai perlengkapan berkemah. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memasak jika memang ingin bersantai dan menikmati alam.

Fasilitas tersedia

Wisata Horse Hill sebenarnya adalah wisata alam. Namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Juga bagi mereka yang pergi berkemah atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Mushola dan toilet menjadi fasilitas wajib di sini. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir dengan kebersihan diri. Fasilitas parkir juga luas dan aman serta dijaga oleh petugas Perum Perhutani. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir dan bisa berwisata ke sini dengan nyaman.

Fasilitas pendukung juga banyak terdapat di sekitar lokasi. Misalnya saja warung makan dan minum, kafe, tempat penyewaan tenda dan perlengkapannya, serta toko oleh-oleh. Bahkan mereka terbiasa menyiapkan makanan khas yang dibawa pengunjung yang ingin bersantap santai di objek wisata. Termasuk berkemah.

Menutup

Wisata Bukti Kuda memang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga di Bandung yang masih menawarkan keindahan alam yang masih alami. Namun fasilitasnya cukup lengkap untuk menunjang berbagai aktivitas outdoor. Meski sekedar bersantai bersama keluarga.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button