Berita Wisata

Wisata Belitung : Keindahan pantai desa Suak Gu, terdapat pelabuhan indah warna warni

POSBELITUNG.CO – Suak Gu adalah sebuah desa di Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Desa Suak Gu memiliki luas 36 Km⊃2; dan memiliki populasi 933 jiwa.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, nama Suak Guo berasal dari kisah bajak laut yang berkeliaran di pantai.

Menggu adalah alat penerangan mirip obor yang terbuat dari mayang kelapa yang dipasang di pinggir pantai oleh nelayan untuk digunakan sebagai tanda saat nelayan kembali melaut pada malam hari.

Para lanoun bertepuk tangan ketika melihat gual di pantai, mereka sering berteriak “gual…gual…”, sehingga lama kelamaan para lanoun hanya mengucapkan “gual…gual…gual”.

Dari situlah mereka kemudian menyebut tempat itu Gual. Sedangkan Suak adalah sebuah teluk dalam bahasa lokal masyarakat Pulau Mendanau, Belitung.

Di pesisir desa Suak Gu, terdapat pelabuhan Warna-Warni, destinasi wisata yang akhir-akhir ini populer di kalangan wisatawan.

Di pelabuhan Warna-Warni banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti rumah adat Melayu Belitung, taman dengan icon ikan yang melambangkan desa Suak Gual sebagai desa nelayan, dan masih banyak lagi lainnya.

Desa Suak Gu merupakan desa pertama yang ditetapkan sebagai desa nelayan maju berdasarkan surat keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Tronggono.

Seperti yang dikatakan Robert, Sekretaris Pokdarwis Pagal Piling beberapa waktu lalu dalam perbincangan dengan Posbelitung.co.

“Bahkan, kami di desa Pelabuhan Berwarna-warni bekerja sama atau mendapatkan Dukung dari kementerian untuk memperindah atau memperindah kampung nelayan Maju,” kata Robert.

“Karena mayoritas masyarakat di Desa Suak Gu adalah nelayan, maka kami ditetapkan sebagai desa nelayan maju, dimana ada bekal fasilitas dan tempat lainnya,” jelas Robert.

Tidak hanya bertujuan untuk merubah desa Suak Gu menjadi lebih bersih, sehat dan nyaman, dengan tampilannya yang sekarang, tetapi diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat pesisir desa Suak. Gual.

Berwisata ke tempat ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan laut, tapi juga menikmati aneka kuliner seafood yang nikmat, serta berinteraksi dengan warga setempat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button