Tempat Wisata

Wisata Cipaniis, sebuah tempat wisata alam di Kuningan yang eksotik dan menawan

Menikmati eksotisme alam Wisata Cipaniis di Kuningan dengan pemandangan matahari terbenam yang mempesona, menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Singkup, Kec. Pasawahan, Kab.Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Waktu liburan adalah hari untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan, baik dalam bentuk istirahat maupun bersenang-senang.

Rekomendasi yang bisa digunakan untuk musim liburan adalah destinasi wisata Cipaniis Kuningan. Destinasi wisata yang sangat terkenal dengan panorama alamnya yang indah.

Nama tempat wisata di Kuningan ini memiliki arti yang sama dengan pesona alam yang ditawarkannya. Kata “cipaniis” berarti air pendingin. Wisata ini menyuguhkan aliran sungai yang jernih, segar dan sejuk. Perpaduannya dengan banyaknya hutan pinus memberikan kesan sejuk dan menenangkan pikiran.

Wisata di Cipaniis memberikan perasaan menyenangkan kepada wisatawan yang datang. Pengunjung terbanyak adalah lansia, dewasa, remaja, bayi, dan anak kecil.

Objek wisata ini ramai dikunjungi pada hari libur. Itu sebabnya banyak orang berenang dan piknik di bawah pohon pinus bersama keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tempat Wisata Cipaniis

Objek wisata CipaniisFoto oleh Anton Salehhidayat di Google Maps

Kota Cirebon tidak berhenti menjadi pusat tempat wisata alam, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Cirebon hanya sekedar untuk menikmati waktu liburannya. Salah satu yang menarik pengunjung adalah wisata ke Cipaniis. Tempat ini menjadi tujuan populer untuk liburan keluarga. Inilah daya tariknya:

Pemandangan alam yang mempesona

Wisata ini memancarkan panorama alam yang sangat indah. Pemandangan khas pegunungan yang ditumbuhi pohon pinus turut menambah kesejukan udara di sini. Keindahan pemandangan yang disuguhkan kaki Gunung Ciremai menambah keindahan alamnya.

Tempat ini memiliki aliran air seperti sungai yang tidak terlalu deras. Airnya sangat jernih sehingga pengunjung tidak sabar untuk berenang dan bermain air di wisata ini. Selain itu, air ini juga merupakan sumber mata air milik warga sekitar.

Memiliki sumber mata air yang jernih

Air yang berasal dari Gunung Ciremai menjamin kejernihan asli dan kemurnian kualitas air di Wisata Cipaniis. Bahkan, banyak warga yang meminum langsung air dari sumber tersebut.

Pengunjung biasanya hanya menikmati berenang dan bermain air di area aliran air. Aliran air ini hanya sedalam setengah meter hingga dua meter.

Pemandangan matahari terbenam yang indah

Pengunjung yang ingin berkemah di Gunung Ciremai pasti akan merasakan indahnya matahari terbenam di puncak gunung. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam dari tur ini. Kebanyakan hutan pinus tidak terlalu lebat, sehingga Anda dapat menikmati pemandangan di luar pegunungan.

Memiliki banyak perjalanan bermain

Wisata Cipaniis juga menawarkan berbagai wahana untuk anak-anak hingga dewasa. Wahana tersebut antara lain Flying Fox, Panjat Tali, Jembatan Ayun dan lain sebagainya. Game ini dirancang untuk mengajarkan anak-anak agar berani di alam liar.

Tempat yang cocok untuk berlibur

Tur ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkumpul bersama teman, keluarga atau pasangan untuk bersenang-senang. Tempat ini ibarat taman alam di pegunungan dengan keindahan yang mampu membuat banyak orang terpesona.

Selain itu, para pecinta alam juga bisa datang ke tempat ini untuk menikmati petualangan Gunung Ciremai sambil berkemah di kawasan tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata CipaniiFoto oleh Sobayari di Google Maps

Wisata ini menyuguhkan keindahan alam kepada pengunjungnya. Pengunjung yang ingin datang ke Wisata Cipaniis Kuningan bisa datang ke Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan transportasi roda dua atau empat.

Selama perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan alam pegunungan. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit, hanya banyak jalan yang berkelok-kelok dan sedikit berlubang.

Namun pengunjung harus berhati-hati. Untuk menuju kesana, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 km dari Kota Cirebon dengan waktu tempuh 1 jam.

Karena kawasan wisata Cipaniis sudah cukup terkenal, maka untuk menemukannya pun sangat mudah. Pengunjung yang ingin datang kesini bisa melalui jalur yang sudah dipasang rambu-rambu jalan dimana-mana. Di pinggir jalan terdapat penanda pohon pinus yang menjadi petunjuk arah pengunjung ke objek wisata ini.

Jika masih bingung, pengunjung bisa menemukannya di Goggle Maps atau bertanya kepada warga sekitar. Pastinya perjalanan anda akan mudah dan menyenangkan. Perlu kehati-hatian agar pengunjung tempat ini tidak membicarakan hal-hal kotor dan membuang sampah sembarangan.

Biaya masuk dan jam buka

Objek wisata ini sudah mempunyai sertifikat resmi dari pemerintah setempat sebagai objek wisata dan layak untuk dilestarikan. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Wisata Cipaniis dapat membayar Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Untuk biaya tambahan, pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir berdasarkan kendaraan yang digunakan. Tempat ini juga menyediakan tempat penyimpanan helm dengan harga Rp 1.000.

Jadi pengunjung tidak perlu khawatir helmnya dicuri. Dengan sedikit biaya, keluarga Anda dapat menikmati liburan di lokasi yang indah ini.

Jam buka objek wisata ini adalah pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Namun jika pengunjung hendak berkemah atau berpetualang dapat melaporkannya kepada petugas pariwisata.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di wisata CipaniisFoto oleh Ummu Fadli di Google Maps

Wisata ini dirancang khusus bagi keluarga yang ingin menikmati liburan dengan menyenangkan dan damai. Oleh karena itu, banyak sekali peralatan yang memenuhi tempat ini. Demikianlah pengunjung dapat menghabiskan waktu liburannya di Wisata Cipaniis Kuningan. Berikut kegiatan yang biasa dilakukan:

1. Berenang dan bermain air

Pengunjung mulai dari dewasa hingga anak-anak bisa merasakan sensasi berenang di air yang jernih dan sejuk. Kedalaman airnya hanya 2 meter dan arusnya tidak terlalu deras, sehingga anak-anak bisa mencobanya sambil bermain air. Pasti akan membuat hatimu bahagia.

2. Piknik bersama orang-orang terdekat

Wisata alam yang sejuk dan tenang disertai banyak pohon pinus sehingga tidak terkena sinar matahari menjadi tempat yang cocok untuk piknik. Pengunjung bisa menikmati kuliner dari rumah di Wisata Cipaniis. Selain itu, tempat ini juga seru banget untuk bercerita bersama teman-teman.

3. Bermain dengan wahana berbeda di Wisata Cipaniis

Tempat ini menawarkan wahana bagi pengunjung yang ingin menguji keberanian anak-anak. Anak-anak akan merasa senang karena dapat bermain di alam dengan cara yang menyenangkan dan menambah pengalamannya.

4. Ambil foto

Ada banyak lokasi yang bisa dijadikan spot foto bagi pengunjung, antara lain pemandangan pohon pinus, sumber mata air jernih, wahana alam liar, dan disediakan spot foto yang bisa menambah keindahan foto kamera Anda. Pastinya foto Anda sangat layak untuk ditampilkan di akun media sosial.

5. Berkemah

Wisata Cipaniis dapat dijadikan tempat perkemahan bagi pengunjung yang suka menjelajah pegunungan. Gunung Ciremai bisa menjadi salah satu tempat untuk mencoba.

Pemandangan malam dari pegunungan sangat indah, dari atas terlihat lampu-lampu yang memancar dari pemukiman penduduk. Saat langit cerah, kerlap-kerlip bintang bisa terlihat jelas.

6. Bertualang

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa berpetualang, anak-anak pramuka juga bisa berpetualang di tempat ini. Namun tetap perlu diawasi oleh para pelatih. Tempat ini juga biasa digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler oleh sekolah-sekolah di Kuningan.

7. Temukan pariwisata dengan sepeda

Pengunjung dan warga bisa menikmati bersepeda gunung di lokasi ini. Jalurnya tidak terlalu sulit dan pemandangannya yang indah bisa menyehatkan tubuh melalui olahraga ringan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas wisata CipanisFoto oleh Teti Lisnawati di Google Maps

Wisata di Cipaniis menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan domestik. Oleh karena itu tidak heran jika fasilitas yang ditawarkan cukup banyak, apalagi tempat ini sangat terawat dan bersih.

Fasilitas tambahan tersebut turut memberikan kenyamanan dan rasa keindahan kepada pengunjung tempat ini.

Sarana penunjang wisata ini antara lain wahana seperti Flying Fox, jembatan ayun, tali panjat, perosotan, ayunan, dan lain-lain.

Tersedia juga tempat parkir, toilet dan ruang ganti, musala dan warung makan. Banyak pengunjung yang puas dengan fasilitas pendukung yang disediakan petugas pariwisata setempat.

Selain itu juga terdapat fasilitas pelengkap lainnya seperti persewaan pelampung ban, tempat duduk, persewaan matras, persewaan tenda camping, persewaan sepeda dan photo point yang didesain dengan indah.

Hal ini menambah kenikmatan pengunjung karena semua yang dibutuhkan tersedia di wisata ini.

Itulah beberapa hal menarik dari wisata Cipaniis di Kuningan. Wisata ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda sebagai tempat liburan keluarga atau pun bersama orang tercinta. Selain itu, kegiatan yang dilakukan juga banyak dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan memadai. Semoga dapat membawa manfaat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button