Tempat Wisata

Wisata Edukasi ke Jogja Student Park Penuh Makna!

Taman Siswa – Kebanyakan orang Indonesia mungkin mengenal tokoh bernama Ki Hajar Dewantara. Sosok Ki Hajar Dewantara sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan Indonesia.

Bahkan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara, 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Yogyakarta mungkin pernah mengunjungi Taman Siswa.

Padahal, Taman Siswa merupakan rumah pertama Ki Hajar Dewantara yang kini dijadikan Museum Taman Siswa. Rumah ini menjadi saksi perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Tanah Air. Tak heran jika wisata di Taman Siswa banyak diminati, terutama di kalangan pelajar.

Bagi Anda yang penasaran dengan sosok Ki Hajar Dewantara, bisa melihat sekilas perjuangannya di dunia pendidikan.

Perjuangan ini bermula dari kritik terhadap sistem pendidikan pada masa kolonialisme yang hanya memberikan hak bersekolah kepada anak-anak bangsawan, bangsawan, dan keturunan Belanda. Karena kritiknya tersebut, Ki Hajar Dewantara akhirnya diasingkan ke Belanda.

Sepulang dari pengasingan, Ki Hajar Dewantara akhirnya mendirikan perguruan tinggi nasional bernama Taman Siswa.

Sejak saat itu, pendidikan di Indonesia terus berkembang hingga saat ini. Pada tahun 1938, Ki Hajar Dewantara mengajukan permohonan untuk mengubah rumah pribadinya menjadi museum untuk menyimpan berbagai benda dan catatan sejarah.

Sehingga museum tersebut kini menjadi Museum Taman Siswa, salah satu destinasi wisata edukasi di Yogyakarta. Wisata di Taman Siswa sangat cocok bagi pelajar yang ingin memperluas pengetahuan tentang sejarah pendidikan Indonesia.

Balai Taman Wiswa di PsikologiustjogjaBalai Taman Wiswa di Psikologiustjogja

Tempat wisata di taman pelajar

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai peninggalan sejarah dunia pendidikan Indonesia, Anda bisa mengunjungi Taman Siswa yang terletak di Jalan Taman Siswa Nomor 31, Mergangsan, Yogyakarta.

Tempat wisata museum ini dulunya merupakan kediaman Ki Hajar Dewantara, yang diubah menjadi museum atas permintaan Ki Hajar Dewantara.

Mari kunjungi juga: Objek wisata alam Telaga Biru Jogja yang eksotik dan memikat

Rute Menuju Museum Taman Siswa

Untuk menuju Museum Taman Siswa, Anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Namun akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor karena lebih mudah dijangkau dan tidak perlu repot berganti kendaraan.

Untuk menuju lokasi Taman Siswa, Anda dapat memulai perjalanan di pertigaan Taman Siswa di Jalan Kusumanegara dan menuju ke arah selatan sekitar 200 meter.

Lokasi museum ini berada satu kompleks dengan gedung Taman Siswa, yaitu di sisi timur jalan atau di kiri jalan dari pertigaan. Selain kendaraan pribadi, taman ini juga bisa Anda capai dengan menaiki bus yang melewati Jalan Taman Siswa.

Aktivitas seru di taman

Setibanya di kawasan wisata, Anda akan disambut dengan bangunan museum di kompleks taman yang masih terlihat kokoh dan menampung berbagai benda bersejarah. Tentunya Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas seru di taman tersebut.

Taman SiswaTaman Siswa

Dimana kegiatan seru ini dijamin tidak hanya menghibur Anda tetapi juga menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Museum Taman Siswa antara lain:

  1. Selama di Museum Taman Siswa, Anda bisa melihat langsung karya-karya dan catatan perjuangan Ki Hajar Dewantara. Bahkan terdapat kronologi kisah hidup Ki Hajar Dewantara dari masa kecil hingga kematiannya diabadikan di museum ini. Anda dapat lebih memahami biografi Ki Hajar Dewantara melalui benda-benda dan foto-foto yang ada di museum.
  2. Terdapat juga perpustakaan di Museum Taman Siswa tempat Anda dapat membaca dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Ki Hajar Dewantara. Tentunya Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang buku-buku sejarah yang pernah menjadi koleksi Ki Hajar Dewantara dengan membaca berbagai buku yang tersimpan rapi di perpustakaan.
  3. Museum ini juga menyimpan berbagai koleksi yang menggambarkan keseharian Ki Hajar Dewantara. Koleksinya antara lain kamar pribadi Ki Hajar Dewantara, buku-buku berbahasa Belanda, dan perlengkapan pribadi. Total koleksi museum ini diketahui berjumlah sekitar 3.000 buah, antara lain manuskrip, foto, perabot rumah tangga, buku, majalah, dan surat. Bahkan ada kumpulan terbaru berupa puisi karya Koh Hwat, seorang keturunan Tionghoa tahun 2003.

Beberapa tempat usaha di kawasan Taman Siswa

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Yogyakarta, pihak pengelola taman nasional tentu berkomitmen untuk memberikan fasilitas terbaik kepada wisatawan. Fasilitas yang disediakan antara lain pendopo, tempat parkir, perpustakaan, toilet dan musala.

Bagi Anda yang ingin beristirahat lebih lama, terdapat beberapa restoran di sekitar taman yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Jangan lewatkan juga: Jalan Malioboro Jogja, tempat wisata paling legendaris dan mendunia

Biaya masuk untuk Tur Taman Siswa

Kabar baiknya bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini adalah tiket masuk bagi wisatawan ke kawasan objek wisata edukasi ini tidak dipungut biaya.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan terutama bagi para pelajar yang memang ingin berwisata sekaligus menambah wawasan tentang sejarah pendidikan Indonesia. Namun perlu Anda ketahui bahwa jam buka museum adalah pada hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu pukul 08.00 hingga 13.00 WIB serta hari Jumat pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dan tutup pada hari Minggu.

Akomodasi dekat dengan tempat wisata

Bagi Anda yang merupakan wisatawan dari luar daerah Yogyakarta mungkin ingin lebih lama menikmati suasana di kawasan taman.

Tak perlu khawatir karena di sekitar kawasan wisata ini banyak tersedia akomodasi mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Masing-masing akomodasi tersebut menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Tentunya harga yang ditawarkan juga bergantung pada fitur yang ditawarkan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan harga sewa akomodasi tersebut.

Tergantung fasilitas yang ditawarkan, harga sewanya antara 100.000 hingga 500.000 rupiah per malam. Bagi Anda yang ingin berwisata ke sana dan sekaligus bermalam, ini bisa menjadi pilihan tepat agar Anda bisa menikmati liburan seru di Jogja bersama keluarga tanpa menguras kantong.

Menutup

Demikianlah beberapa informasi Taman Cendekiawan Mengenang Sejarah Perjuangan Ki Hajar Dewantara yang dapat menambah wawasan Anda.

Bagi Anda yang ingin mengajak anak berlibur sambil belajar, berwisata ke Taman Siswa adalah pilihan yang tepat. Selain itu, banyaknya aktivitas seru yang didukung dengan fasilitas lengkap dan nyaman sehingga sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Mari kunjungi juga: Indahnya Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button