Berita Wisata

Wisata Gili Trawangan dan berbagai fasilitasnya, destinasi alam yang menarik dan mempesona

Merdeka.com – Pulau Bali dan Lombok masih memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kedua pulau ini terkenal dengan pantai alamnya yang indah dan eksotis. Ditambah dengan sajian budaya lokal yang khas, membuat kedua pulau ini semakin populer. Tidak hanya bagi wisatawan domestik tetapi juga bagi wisatawan mancanegara.

Selain Bali dan Lombok, masih ada destinasi pulau cantik lainnya yang tak kalah populer. Tak lain adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari tiga pulau di barat laut Pulau Lombok. Terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Gili Trawangan memiliki panorama alam yang sangat indah dan eksotis.

taboola di tengah artikel

Selain melihat pemandangan alam pantai yang indah, wisata Gili Trawangan juga menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda coba. Mulai dari aktivitas snorkeling, bersepeda menjelajahi pulau, hingga mencoba aktivitas kuliner atau bersantai di kafe atau bar di malam hari.

Jangan khawatir, Anda bisa memilih akomodasi yang nyaman dengan berbagai fasilitas yang bagus saat mengunjungi Gili Trawangan. Jika Anda berencana untuk mengunjungi pulau ini, beberapa informasi wisata Gili Trawangan berikut ini patut untuk disimak.

Dari berbagai sumber berikut kami rangkum wisata Gili Trawangan beserta berbagai fasilitasnya yang bisa menjadi rekomendasi destinasi liburan Anda.

2 dari 3 halaman

Wisata di Gili Trawangan

Sebelum mengetahui tentang berbagai fasilitas dan kegiatan yang bisa dilakukan, terlebih dahulu harus memahami seperti apa wisata di Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat. Itu dianggap yang terbesar dari dua pulau lain di provinsi NTB, yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Pulau Gili Trawangan memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km. Meski tidak begitu luas, Anda akan dibuat takjub dengan panorama alam pantai yang eksotis. Padahal, Gili Trawangan terkenal dengan wisata baharinya, seperti diving dan snorkeling. Bagi Anda yang memiliki dua hobi tersebut, Gili Trawangan menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Selain pemandangan dan aktivitas wisata airnya yang terkenal, di Gili Trawangan Anda pasti akan betah karena pulaunya sangat bersih dan bebas polusi. Dimana pemerintah setempat melarang penggunaan kendaraan bermotor di pulau ini. Sedemikian rupa sehingga sebagian besar aktivitas di pulau ini dilakukan dengan berjalan kaki atau bersepeda. Tentunya ini bisa menjadi pilihan liburan ramah lingkungan yang patut Anda coba.

3 dari 3 halaman

Fasilitas dan Aktivitas di Gili Trawangan

Setelah mengetahui gambaran umum pariwisata di Gili Trawangan, selanjutnya kami akan menjelaskan fasilitas dan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pulau ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gili Trawangan terkenal dengan wisata bahari. Tentunya Anda bisa mencoba berbagai wahana dan olahraga air dengan puas di pulau ini. Plus, ada beberapa fasilitas dan aktivitas lain yang tak kalah seru untuk dicoba. Berikut kami rangkum penjelasannya untuk Anda.

Snorkeling

Aktivitas wisata di Gili Trawangan yang bisa menjadi pilihan utama tentu saja snorkeling. Di sini Anda bisa melihat keindahan laut Gili Trawangan yang indah dan ramai. Warna airnya yang biru muda menunjukkan kandungan dasar laut yang terlihat jelas. Anda dapat menikmati terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil yang berenang bebas.

Selain snorkeling, Anda juga bisa mencoba wisata air yang lebih menantang, yaitu menyelam. Bagi Anda yang sudah memiliki lisensi menyelam, tentu saja Anda dapat menyelam gratis dan menjelajahi laut dalam Gili Trawangan. Namun jika ingin bersantai, Anda bisa melihat keindahan laut melalui perahu sambil bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.

Sepeda

Aktivitas wisata di Gili Trawangan selanjutnya adalah bersepeda. Dijelaskan, berdasarkan peraturan pemerintah daerah, penggunaan kendaraan bermotor dilarang di pulau ini. Namun, jika Anda ingin menjelajahi pulau Gili Trawangan, tersedia layanan penyewaan sepeda. Dengan cara ini, Anda bisa berkeliling pulau dengan cara yang lebih seru. Sambil berolahraga, Anda bisa menikmati pemandangan pulau yang bersih dan bebas polusi.

Saksikan matahari terbit dan terbenam

Aktivitas wisata Gili Trawangan yang wajib dicoba selanjutnya adalah melihat sunrise dan sunset. Saat mengunjungi pulau ini, awali hari Anda dengan melihat indahnya matahari terbit dan akhiri hari Anda dengan menikmati matahari terbenam di tepi pantai.

Ini bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin bersantai sambil menyejukkan mata dan pikiran. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan matahari terbit dan terbenam melalui kamera atau ponsel Anda sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

Akomodasi

Bagi Anda yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir dengan wisata di Gili Trawangan yang memiliki fasilitas akomodasi lebih lengkap. Anda dapat memilih akomodasi yang nyaman dengan berbagai fasilitas sesuai dengan selera Anda. Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran liburan Anda. Dengan cara ini, penting untuk merencanakan dana liburan Anda dengan matang sebelum Anda bepergian ke Gili Trawangan. Hal ini dilakukan agar liburan Anda berjalan lancar tanpa hambatan biaya.

Hiburan malam

Fasilitas dan aktivitas terakhir yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Wisata Gili Trawangan adalah hiburan malam. Di malam hari, Anda bisa keluar dari hostel untuk sekedar menyantap makanan malam yang lezat, atau Anda juga bisa nongkrong di kafe atau bar yang ada di pulau ini. Ini bisa menjadi kegiatan yang menarik, jika Anda bosan menghabiskan waktu di asrama.

(mdk/ayi)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button