Berita Wisata

Wisata gunung di Indonesia yang menjadi tempat favorit

Tribratanews.polri.go.id – Pemandangan alam di Indonesia tidak hanya dari pantai, pegunungan Indonesia juga memiliki pesona yang luar biasa. Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya menjadi tempat wisata, bahkan menjadi favorit.

Baca Juga: Inilah Keunikan Rumah Adat Khas Kalimantan Selatan

Berikut 5 gunung di Indonesia yang menjadi tempat favorit dan indah, seperti dilansir idntimes.com, Senin (19/12/22).

1. Gunung Semeru, Jawa Timur
Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang sangat menawan. Tak heran jika gunung ini menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia.

Untuk menikmati keindahan matahari terbit dari atas, dibutuhkan perjuangan yang berat. Namun, hasilnya sangat memuaskan. Karena kita akan terkagum-kagum dengan pemandangan alam sekitarnya, seperti Danau Ranukumbolo.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit.

3. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Pulau Lombok merupakan salah satu tujuan wisata favorit kedua di Indonesia setelah Bali. Bukan hanya pantainya yang keren. Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang sangat eksotik.

Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini sering dijadikan sebagai jalur trekking terbaik di Asia Tenggara. Salah satu tempat favorit para pemanjat tebing adalah Danau Segara Anak.

4. Gunung Prau, Jawa Tengah
Gunung yang berdiri di ketinggian 2.565 mdpl ini terletak di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Dari puncak gunung ini kita akan melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing.

5. Gunung Ijen, Jawa Timur
Jawa Timur punya satu lagi gunung cantik, yaitu Gunung Ijen. Gunung cantik ini terletak di antara 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Situs paling populer bagi wisatawan adalah kawah dan fenomena api biru. Untuk menikmatinya, Anda harus mendaki Gunung Ijen pada malam hari.

(ek/hn/um)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button