Berita Wisata

Wisata Kalimantan Selatan di Sungai Alut Mantewe Tanbu mulai populer, river tubing menjadi berkah tersendiri bagi warga

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN – Fenomena wisata Sungai Alut di Kalimantan Selatan, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanahbumbu yang akhir-akhir ini populer sebagai tempat wisata alternatif, telah memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat setempat.

Tempat ini memang masih asing, namun hampir setiap akhir pekan dan hari libur, tempat ini menjadi ramai pengunjung untuk bermain river tubing.

Lokasinya di KM 60 desa Gunung Raya di jalan Batulicin-Kandangan.

Kabupaten Tanahbumbu tidak pernah kekurangan destinasi wisata. Karena selain kaya akan objek pantai, Bumi Bersujud diberkahi dengan berbagai macam panorama dan tempat petualangan yang seru.

Baca Juga: Obyek Wisata Sungai Meranting di Kabupaten Balangan Semakin Diminati Masyarakat

Baca Juga:Majukan Wisata Sungai di Banjarmasin, Kalteng PLN Bangun Dermaga Wisata Green Village Sungai Bilu

Baca Juga: Serunya Wisata Tabung Sungai Meratus di Desa Alat HST Kalsel, Saat Hujan Riam Semakin Menantang

Banyak warga di berbagai wilayah Banua yang memiliki hobi dan bermain seluncuran sungai dan petualangan sungai menggunakan kantung udara atau jaket pelampung untuk menikmati wisata petualangan.

Sambil menikmati panorama alam dan menjadi tujuan wisata alternatif.

Kehadirannya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat setempat karena banyak wisatawan yang berduyun-duyun ke tempat ini.

Mereka menggunakannya untuk mendapatkan rupiah. Misalnya, jasa persewaan bantal tiup atau pelampung untuk seluncuran sungai.

Kemudian jajanan, minuman dan jajanan juga laris manis memberikan keuntungan bagi warga sekitar. Namun, kebanyakan dari mereka adalah warga luar kota yang bekerja di sana.

Hasan pemilik persewaan pelampung jenis ini mengaku wisata sungai Alut sangat membantunya mendapatkan penghasilan, terutama saat liburan.

“Dengan adanya wisata ini, kami sangat terbantu karena ada peluang bisnis yang kami garap di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanahbumbu Hamaluddin Tahir mengatakan potensi pengembangan Sungai Alut cukup besar.

Baca Juga: Genjot Eksplorasi Potensi Wisata, Pokdarwis di Daerah Terpencil Tanahlaut Ajak Bupati Jajal River Tubing

Kendati demikian, ia berpesan kepada pemerintah desa setempat untuk bisa mengelola potensi destinasi wisata bahari ini.

Namun, mereka tetap perlu berkoordinasi dengan perusahaan pemilik konsesi lahan.

“Karena masih lingkungan perusahaan, kami belum bisa masuk. Tapi desalah yang harus berinisiatif mengelolanya, dan kami akan memberikan rekomendasi pembentukan desa wisata”, ujarnya, Rabu (11/11). /1/2023). (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button